Inilah 3 Negara yang Mendukung Kemerdekaan Papua Barat, Amati Ada Siapa di Belakang Mereka


Apa yang selama ini dipercaya masyarakat sebagai penyebab munculnya gerakan OPM, yang konon berasal dari “ketidakadilan ekonomi” di Papua tidaklah sepenuhnya benar. Seberapa banyakpun pemerintah membangun Papua, semua itu tak akan ada artinya. Sebab yang mereka inginkan hanyalah sebuah kemerdekaan. Kemerdekaan yang tentu saja telah ditunggangi oleh kontrak-kontrak politik dengan “mereka” (negara-negara) yang mendukung kemerdekaan OPM.

Campur tangan negara sekitar terhadap masalah Papua ini sudah terlalu gawat dan mengkhawatirkan. Bagaimana tidak? Seperti dikutip dari tirto.id (06/12/2018), negara-negara pro OPM ini bahkan ada yang secara terbuka tampil di mimbar PBB dan menyatakan dukungan atas kemerdekaan Papua Barat. Mayoritas memang negara kecil, tetapi lambat laun gagasan mereka juga mulai diterima oleh tokoh-tokoh politik dari negara maju. Hal ini tentu sangat membahayakan bagi keutuhan NKRI.

Lalu negara mana sajakah yang dengan lancang menganggu kedaulatan dan terorial NKRI ini, dan yang dengan tega bersekongkol dengan para pemberontak. Mari kita ulas satu per satu.

1) Kepulauan Solomon



Peta Kepulauan Solomon | retau.com
Terletak di sebelah timur Papua Nugini, warga negara Kepulauan Solomon memiliki ikatan rasial yang erat dengan Papua. Keduanya sama-sama dari ras melanesia. Kedekatan hubungan ini membuat mereka merasakan adanya kesamaan rasa dan nasib, terlebih adanya ideologi sosialisme Papua yang terbangun secara alamiah di dalam jiwa-jiwa ras melanesia. Kepulauan Solomon termasuk negara miskin dengan PDB di bawah $ 600.


Kendati miskin, Kepulauan Solomon cukup berani menyatakan pembelaannya kepada Papua Barat dan menuntut PBB mengusut pelanggaran HAM yang dilakukan Indonesia kepada warga Papua Barat. Menurut Kepulauan Solomon, Indonesia tak bisa lepas dari tindakan kesewenang-wenangan terhadap warga Papua, kolonialisme, dan kejahatan di masa lalu. Oleh karenanya, kepulauan Solomon mendukung kemerdekaan Papua dan penuntasan hukum pelanggaran HAM yang konon dilakukan Indonesia di Papua Barat.

2) Vanuatu


Vanuatu negara kecil yang terdiri dari pulau-pulau kecil di Samudera Pasifik. Negara yang diprediksi akan hilang jika es di kutub bumi mencair ini tampak paling vokal dalam mencampuri kemerdekaan Papua Barat. Dikutip dari kompas.com (06/12/2018), langkah Vanuatu dalam mencampuri problem Papua Barat telah membuat Wapres Jusuf Kalla geram.



“Sudah terlalu lama Indonesia memilih membangun hubungan persahabatan dengan Vanuatu, termasuk dalam menunjukkan solidaritas dan simpati dari masa-masa sulit. Namun ketika tindakan bermusuhan ini terus berlanjut (membela kemerdekaan Papua Barat), kami tak akan tinggal diam,” tegas Wapres di hadapan Sidang Majelis Umum PBB ke-73 di New York.

Vanuatu merupakan negara miskin menurut Bank Dunia, dan hampir merasakan kebangkrutan. Namun ekonomi mereka kemudian dibantu oleh Australia. Secara tidak langsung, peran Australia sangat besar bagi negara ini.

3) *Selandia Baru (*tidak mewakili negara, tetapi banyak suara dari tokoh politiknya yang Pro-Papua Barat)


Para tokoh politik Selandia Baru berdemonstrasi di depan gedung Parlemen Selandia Baru menuntut pemerintahannya mendukung Papua Barat Merdeka | www.tirto.id
Dikutip dari sindonews.com (06/12/2018), Khusus Selandia Baru, negara ini tidak secara terang-terangan mendukung kemerdekaan Papua Barat. Presidennya bahkan dengan tegas mengakui bahwa Papua Barat merupakan wilayah yang sah dalam kedaulatan NKRI. Akan tetapi sudah banyak tokoh politik di Selandia Baru yang mulai mendukung kemerdekaan Papua Barat (ada 11 anggota parlemen dari 4 partai politik), hal ini diikuti dengan gerakan-gerakan LSM yang secara terbuka menuntut Pemerintah Selandia Baru untuk mendukung kemerdekaan Papua Barat. Sepertinya tinggal menunggu waktu saja, jika para tokoh politik itu menguasai parlemen Selandia Baru, mungkin negara ini pun akan mengikuti jejak Vanuatu dan Kepulauan Solomon.


Warga Kepulauan Solomon menggelar aksi membela LSM yang mendukung kemerdekaan Papua Barat | www.kbr.id
Negara kecil seperti Kepulauan Solomon dan Vanuatu tampak paling garang mendukung kemerdekaan Papua Barat. Dalam video youtube.com/Nesta S.Gimbal, salah satu tokoh pendukung Papua Barat merdeka, Fileb Karma, menjanjikan Papua Barat sebagai tempat bernaung bagi negara-negara kepualaun di Pasifik, seandainya kelak es di dua kutub bumi mencair dan menenggelamkan negara mereka. Sesungguhnya dukungan mereka yang menggebu, tak lepas dari kepentingan-kepentingan yang ada di dalamnya. Menurut Anda bagaimana?

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel