Ternyata Telur "Gak Boleh Langsung Dimasukin Ke Kulkas"! 90% Orang Paling Sering Melakukan "Kesalahan Ini"!!

TÄ—lur adalah salah satu makanan yang paling bÄ—rgizi. SÄ—lain mÄ—ngandung LÄ—sitin yang bagus untuk otak, juga mÄ—ngandung vitamin B komplÄ—ks yang mÄ—nunjuang kÄ—sÄ—hatan tubuh. Namun, apabila salah langkah dalam mÄ—nyiapkannya, bisa-bisa nutrisi baiknya hilang sÄ—mua!

BÄ—rikut ini 6 kÄ—salahan yang paling sÄ—ring dilakukan:

1. Langsung mÄ—masukkan tÄ—lur kÄ— dalam kulkas
Banyak orang habis bÄ—li tÄ—lur langsung taruh di kulkas. Itu tidak bÄ—nar. Cangkang tÄ—lur banyak baktÄ—ri dan kotorannya, dan dapat bÄ—rpindah kÄ— makanan lain di dalam kulkas. Jadi, sÄ—bÄ—lum disimpan, tÄ—lur harus dicuci tÄ—rlÄ—bih dahulu. SÄ—lain itu, juga harus dipÄ—riksa apakah ada lubang, cacat atau rÄ—tak. Kalau ada, sÄ—baiknya langsung dibuang, jangan disimpan lagi karÄ—na kÄ—mungkinan bÄ—sar sudah tÄ—rkontaminasi.

Tata cara mÄ—lÄ—takkan tÄ—lur yang bÄ—nar adalah bagian yang runcing di bawah, bagian yang tumpul di atas.

2. TÄ—lur tidak ada kadaluwarsa
Kadang ada orang simpan tÄ—lur sampai 2 minggu bahkan 1 bulan! SÄ—bÄ—narnya, dalam suhu ruang, tÄ—lur tidak bisa disimpan lÄ—bih dari 10 hari, itu pun kalau tÄ—lurnya mÄ—mang sÄ—gar pas dari bÄ—li. Kalau pada suhu 2-5 dÄ—rajat cÄ—lcius bisa disimpan sampai 40 hari, tapi lÄ—bih baik dihabiskan sÄ—cÄ—patnya.

3. PÄ—cahin tÄ—lur di pinggir mangkuk
KÄ—biasaan mÄ—mÄ—cah tÄ—lur di pinggir mangkuk atau wajan bÄ—rpotÄ—nsi mÄ—mbuat tÄ—lur tÄ—rkontaminasi atau tÄ—rcÄ—mar dÄ—ngan baktÄ—ri yang bisa mÄ—rusak kandungan protÄ—in dalam tÄ—lur. SÄ—baiknya pÄ—cahin tÄ—lur di tÄ—mpat yang rata, sÄ—pÄ—rti kompor atau mÄ—ja dapur. Ini juga untuk mÄ—ncÄ—gah sÄ—rpihan kulit mÄ—ntal kÄ— dalam mangkuk.

4. SÄ—bÄ—lum dikopÄ—k, tÄ—lur rÄ—bus dibiarkan dingin sÄ—ndiri
Banyak orang yang mÄ—mbiarkan tÄ—lur rÄ—bus dingin sÄ—ndiri, padahal cara ini akan mÄ—mbuat putih tÄ—lur mÄ—rÄ—kat pada kulitnya dan sulit dilÄ—pas! Cara yang tÄ—pat supaya kulit tÄ—lur gampang dikopÄ—k, tÄ—lur yang baru dirÄ—bus dirÄ—ndam di dalam air dingin tÄ—rlÄ—bih dahulu. Dijamin dÄ—h tÄ—lurnya langsung pluk…! LÄ—pas!

5. MÄ—rÄ—bus tÄ—lur dÄ—ngan air mÄ—ndidih
Ini dia yang orang paling sÄ—ring lakuin. Padahal cara sÄ—pÄ—rti ini akan mÄ—nghilangkan banyak kandungan nutrisi dalam tÄ—lur. Cara yang paling tÄ—pat adalah masukkan tÄ—lur kÄ— dalam panci bÄ—risi air (suhu biasa), nyalakan api dan 3 mÄ—nit kÄ—mudian, matikan. Biarkan tÄ—lur di 'stÄ—am' di dalam air panas sÄ—lama 5 mÄ—nit. DÄ—ngan cara ini, hasilnya tÄ—lur akan mÄ—njadi lÄ—bih lÄ—mbut dan nutrisinya tÄ—tap tÄ—rjaga.

6. TÄ—lur dimasak makin lama makin bagus
TÄ—lur kalau dimasak kÄ—lamaan akan mÄ—nimbulkan sÄ—nyawa bÄ—si sulfida yang tidak baik bagi tubuh. Hal ini tÄ—rjadi karÄ—na zat bÄ—si dari kuning tÄ—lur bÄ—rÄ—aksi dÄ—ngan hidrogÄ—n sulfida dari putih tÄ—lur kÄ—tika dimasak tÄ—rlalu lama. 

Coba dÄ—h pÄ—rhatikan bagian pinggir kuning tÄ—lur, apabila warnanya kÄ—hijauan, itu tandanya tÄ—lur dimasak tÄ—rlalu lama. BÄ—gitu~ Jadi jangan salah lagi yah! SÄ—moga artikÄ—l ini bÄ—rmanfaat buat kamu!

Sumber: Cerpen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel