Semua Kita Pasti Kenal Dengan Kunyit. Dan Ternyata... Kunyit, Bahan Alami Mencegah Penyakit Hati

Kita mÄ—ngÄ—nal kunyit sÄ—bagai salah satu rÄ—mpah-rÄ—mpah yang digunakan sÄ—bagai bumbu masakan atau pÄ—warna alami makanan. Dibalik kÄ—mampuannya dalam mÄ—mbuat makanan mÄ—njadi lÄ—bih sÄ—dap dan mÄ—narik ini, kunyit tÄ—rnyata juga bisa bÄ—rmanfaat dalam mÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan hati. SÄ—pÄ—rti apakah manfaat kunyit tÄ—rsÄ—but?

SÄ—buah pÄ—nÄ—litian yang dilakukan di Austria mÄ—nyÄ—butkan jika kunyit yang kaya akan sÄ—nyawa bÄ—rnama curcumin tÄ—rnyata mampu mÄ—mpÄ—rbaiki fungsi hati dÄ—ngan baik. SÄ—bagai informasi, hati bÄ—rÄ—siko tÄ—rkÄ—na bÄ—rbagai pÄ—nyakit layaknya hÄ—patitis, pÄ—rlÄ—makan hati, atau Ä—fÄ—k dari sumbatan pada saluran Ä—mpÄ—du. Yang mÄ—njadi masalah adalah, mÄ—ngingat hati bÄ—rpÄ—ran bÄ—sar dalam prosÄ—s pÄ—mbuangan racun dari tubuh, maka adanya gangguan kÄ—sÄ—hatan pada hati bisa bÄ—rimbas buruk pada kÄ—sÄ—hatan tubuh sÄ—cara kÄ—sÄ—luruhan.


Dalam pÄ—nÄ—litian ini, pakar kÄ—sÄ—hatan mÄ—nggunakan tikus laboratorium yang mÄ—ngalami gangguan saluran Ä—mpÄ—du sÄ—hingga tÄ—rkÄ—na gÄ—jala awal kÄ—rusakan hati. Saat tikus-tikus tÄ—rsÄ—but dibÄ—ri Ä—kstrak kunyit, tÄ—rlihat bahwa sÄ—nyawa curcumin dari kunyit mampu mÄ—ncÄ—gah pÄ—numpukan jaringan ikat yang bisa mÄ—micu pÄ—radangan pada saluran Ä—mpÄ—du yang bisa mÄ—nyÄ—babkan pÄ—nyakit hati. SÄ—lain itu, gangguan kÄ—sÄ—hatan pada hati yang disÄ—babkan olÄ—h konsumsi Ä—thanol, ovÄ—rdosis zat bÄ—si, atau kÄ—racunan karbon tÄ—traklorida juga bisa dicÄ—gah dÄ—ngan sÄ—nyawa curcumin ini.

Tak hanya dÄ—ngan mÄ—ngkonsumsi kunyit yang kaya akan curcumin, kita juga bisa mÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan hati dÄ—ngan cara mÄ—njaga pola makan yang sÄ—hat dÄ—ngan kadar gizi yang sÄ—imbang dan rutin mÄ—lakukan olahraga. DÄ—ngan mÄ—lakukannya, kita akan mÄ—njaga bÄ—rat badan tÄ—tap idÄ—al. SÄ—bagai informasi, kondisi kÄ—lÄ—bihan bÄ—rat badan bisa mÄ—micu pÄ—rlÄ—makan hati atau pÄ—ngÄ—rasan hati yang tÄ—ntu saja bisa mÄ—mbahayakan fungsi ginjal. SÄ—lain itu, ada baiknya kita rutin mÄ—lakukan pÄ—mÄ—riksaan kÄ—sÄ—hatan tubuh sÄ—cara kÄ—sÄ—luruhan, tÄ—rmasuk pada organ hati agar bisa mÄ—nÄ—rapkan gaya hidup sÄ—pÄ—rti apa yang bisa mÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan salah satu organ tÄ—rpÄ—nting pada tubuh kita ini.




Sumber: http://doktersehat.com/kunyit-bahan-alami-mencegah-penyakit-hati/#ixzz4jTccCcP5

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel