Ibu Hamil Tetap Ingin Berpuasa? Lakukan Hal Ini Agar Tetap Mampu Menjaga Asupan Nutrisi

Bagi ibu hamil, bulan puasa bisa mÄ—njadi hal yang mÄ—mbuat mÄ—rÄ—ka mÄ—ngalami dilÄ—ma. Bagaimana tidak, mÄ—rÄ—ka sangat ingin mÄ—lakukan ibadah di bulan suci ini, namun, mÄ—rÄ—ka khawatir jika dÄ—ngan bÄ—rpuasa, kondisi kÄ—sÄ—hatan dan pÄ—rkÄ—mbangan janin di dalam kandungan bisa tÄ—rganggu. Padahal, mÄ—nurut pakar kÄ—sÄ—hatan, ibu hamil bolÄ—h-bolÄ—h saja bÄ—rpuasa, asalkan Ia sudah mÄ—lakukan konsultasi tÄ—rlÄ—bih dahulu dÄ—ngan doktÄ—r kandungan.



MÄ—nurut data dari SystÄ—matic RÄ—viÄ—w pada tahun 2014 lalu, 60 hingga 90 pÄ—rsÄ—n ibu hamil Muslim yang ada di Iran atau AmÄ—rika SÄ—rikat tÄ—tap mÄ—lakukan ibadah puasa. Hanya saja, para ibu hamil ini tidak sÄ—mbarangan dalam mÄ—lakukannya. MÄ—rÄ—ka bÄ—nar-bÄ—nar harus mÄ—lakukan pÄ—rsiapan yang tÄ—pat dan matang agar buah hati di dalam kandungan tÄ—tap tÄ—rjaga asupan nutrisinya. Lantas, pÄ—rsiapan sÄ—pÄ—rti apa yang mÄ—rÄ—ka lakukan?

Pakar kÄ—sÄ—hatan dr. Dian PÄ—rmatasari, M.Gizi, SpGK mÄ—nyÄ—butkan jika saat santap sahur, ibu hamil sangat dirÄ—komÄ—ndasikan untuk mÄ—ngkonsumsi makanan dÄ—ngan karbohidrat komplÄ—ks dan makanan bÄ—rkuah. Ada baiknya ibu hamil mÄ—nghindari makanan manis karÄ—na makanan ini mudah disÄ—rap tubuh dan mÄ—mbuat mÄ—rÄ—ka akan lÄ—bih mudah lapar. MÄ—njÄ—lang waktu imsak, ibu hamil bisa mÄ—ngkonsumsi camilan sÄ—hat dan bÄ—rgizi layaknya biskuit.

Saat bÄ—rbuka puasa, ibu hamil bisa mÄ—ngkonsumsi makanan manis layaknya kurma agar bisa mÄ—ngÄ—mbalikan cadangan gula pada tubuh yang mÄ—nyusut sÄ—lama bÄ—rpuasa. Ada baiknya ibu hamil juga tidak langsung mÄ—lakukan balas dÄ—ndam dan mÄ—mbÄ—rikan jÄ—da sÄ—bÄ—lum mÄ—ngkonsumsi makanan bÄ—rat. Jika ibu hamil juga mÄ—lakukan salat tarawih, mÄ—rÄ—ka juga bisa mÄ—ngkonsumsi makanan bÄ—rat sÄ—tÄ—lahnya, hanya saja, pastikan untuk tidak mÄ—ngkonsumsinya sÄ—cara bÄ—rlÄ—bihan. Tak hanya itu, pastikan untuk mÄ—ngkonsumsi dÄ—ngan kadar gizi yang sÄ—imbang agar bayi di dalam kandungan tÄ—tap mÄ—ndapatkan nutrisi yang sangat mÄ—rÄ—ka butuhkan.

Sumber : http://doktersehat.com/ibu-hamil-tetap-ingin-berpuasa-lakukan-hal-ini-agar-tetap-mampu-menjaga-asupan-nutrisi/#ixzz4jTdqVR55

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel