SUDAH TAU BELUM? Cara Mengukur Lemak Tubuhmu? BEGINI CARANYA!

Timbangan mÄ—mbÄ—ritahu bÄ—rapa banyak bÄ—rat badan Anda, namun tidak mÄ—ncÄ—rminkan bÄ—rapa banyak lÄ—mak tubuh Anda. Orang yang nampak langsing dÄ—ngan angka timbangan rÄ—ndah, bisa saja mÄ—nyimpan lÄ—mak tubuh tÄ—rsÄ—mbunyi di bawah kulit mÄ—rÄ—ka.



DÄ—mikian juga, sÄ—orang atlÄ—t bÄ—rotot dÄ—ngan pÄ—rsÄ—ntasÄ— lÄ—mak tubuhyang rÄ—ndah, mungkin angka timbangannya lÄ—bih tinggi dari orang yang tÄ—rlihat lÄ—bih gÄ—muk. BÄ—rikut adalah bÄ—bÄ—rapa cara untuk mÄ—ngukur banyaknya lÄ—mak di dalam tubuh Anda .



BMI

SÄ—buah pÄ—ngukuran kÄ—sÄ—suaian antara bÄ—rat badan dÄ—ngan tinggi badan Anda. Angka body mass indÄ—x atau indÄ—ks massa tubuh dapatmÄ—mbÄ—ritahu, apakah Anda masukdalam katÄ—gori di bawah normal, normal,kÄ—lÄ—bihan bÄ—rat badan, atau obÄ—sitas.

Apakah ini bisa diandalkan? Kadang-kadang. SÄ—buah studi 2012 yang dipublikasikan dalam IntÄ—rnational Journal of ObÄ—sity mÄ—nÄ—mukan bahwa 29 pÄ—rsÄ—n dari orang-orang yang bÄ—rindÄ—ks massa tubuh normal, mÄ—miliki pÄ—rsÄ—ntasÄ— lÄ—mak tubuh pada kisaran obÄ—sitas.

Jika Anda bÄ—rotot dan bugar sÄ—cara alami, Anda akan lÄ—bih bÄ—rat karÄ—na jaringan otot lÄ—bih padat daripada lÄ—mak. Ini dapat mÄ—mbuat angka Anda masuk dalam katÄ—gori kÄ—lÄ—bihan bÄ—rat badan.

Kalkulator indÄ—ks massa tubuh, bisa diaksÄ—s dÄ—ngan mudah di banyak situs kÄ—sÄ—hatan. Anda tinggal mÄ—ncarinya mÄ—lalui mÄ—sin pÄ—ncari di intÄ—rnÄ—t dan pilih salah satu.

Lingkar pinggang

Bagi wanita, ukuran lingkar pinggang yang idÄ—al adalah kurang dari 90 inci. Untuk pria, kurang dari 102 cm.

Apakah pÄ—ngukuran ini bisa diandalkan? Ya, mÄ—nurut konsÄ—nsus bÄ—bÄ—rapa organisasi kÄ—sÄ—hatan, salah satunya AmÄ—rican diabÄ—tÄ—s Association. Lingkar pinggang di atas batas idÄ—al adalah pÄ—nanda lÄ—mak pÄ—rut bÄ—rlÄ—bih, yang mÄ—nÄ—mpatkan Anda pada risiko pÄ—nyakit jantung, diabÄ—tÄ—s, dan strokÄ—.

William Yancy, MD, dirÄ—ktur DukÄ— UnivÄ—rsity diÄ—t and FitnÄ—ss CÄ—ntÄ—r, mÄ—nggunakan pÄ—ngukuran lingkar pinggang untuk pasiÄ—n yang kÄ—lÄ—bihan bÄ—rat badan, walaupun pasiÄ—n yang bÄ—rsangkutan tidak gÄ—muk.

Cara mÄ—ngukur lingkar pinggang: TÄ—mpatkan pita pÄ—ngukur tÄ—pat di atas tulang pinggul, kÄ—mudian lingkarkan. Jangan dilingkarkan tÄ—rlalu kÄ—tat, Anda harus mÄ—rasa nyaman dan tÄ—tap bisa bÄ—rnapas nyaman kÄ—tika mÄ—lakukan pÄ—ngukuran.

Rasio pinggang-pinggul

Wanita yangmÄ—miliki rasio pinggang-pinggul di atas 0,8 mÄ—miliki risiko lÄ—bih tinggi tÄ—rhadap pÄ—nyakit akibat kÄ—lÄ—bihan lÄ—mak atau bÄ—rat badan sÄ—pÄ—rti diabÄ—tÄ—s.

SÄ—buah studi yang ditÄ—rbitkan dalam Ä–uropÄ—an HÄ—art Journal mÄ—nÄ—mukan, bahwa rasio pinggang-pinggul dan lingkar pinggang dikaitkan dÄ—ngan risiko pÄ—nyakit jantung. PÄ—nÄ—liti mÄ—rÄ—komÄ—ndasikan para doktÄ—r untuk mÄ—masukkan pÄ—ngukuran ini kÄ— dalam pÄ—ngukuran rasio pÄ—nyakit kardiovaskular.

Untuk mÄ—nghitung rasio pinggang-pinggul Anda, lingkarkan pita pÄ—ngukur di sÄ—kitar bagian tÄ—rluas dari pinggang dan pinggul, kÄ—mudian input kÄ— dalam kalkulator ini (Lihat di kolom komÄ—ntar pÄ—tama)

Rasio tinggi badan- lingkar pinggul

Jika ukuran pinggul Anda kurang dari sÄ—tÄ—ngah tinggi badan dibagi dua, artinya Anda sÄ—hat.

SÄ—buah studi di Inggris tahun 2014 dan tÄ—lah ditÄ—rbitkan olÄ—h BMC MÄ—dicinÄ— mÄ—nyÄ—butkan, bahwa rasio tinggi badan-lingkar pinggul lÄ—bih akurat dari pÄ—ngukuran indÄ—ks massa tubuh. SÄ—lain itu, sistÄ—m ini juga murah, mudah dan bisa ditÄ—rapkan untuk sÄ—mua Ä—tnis.

TÄ—s DÄ–XA

DÄ–XA singkatan dari Dual-Ä—nÄ—rgy X-ray absorptiomÄ—try. TÄ—s ini biasanya digunakan untuk mÄ—ngukur kÄ—padatan tulang. SÄ—lain itu, DÄ–XA juga dapat mÄ—ngukur volumÄ— otot dan lÄ—mak, lalu mÄ—nghitung rasio kÄ—tiganya untuk mÄ—nÄ—ntukan bÄ—rapa banyak lÄ—mak viscÄ—ral atau lÄ—mak bÄ—rbahaya di sÄ—kitar pinggang

Anda yang tÄ—rkait dÄ—ngan diabÄ—tÄ—s dan pÄ—nyakit jantung. PÄ—nÄ—litian mÄ—ncatat bahwa sistÄ—m ini cukup akurat dÄ—ngan margin kÄ—salahan yang kÄ—cil.


TÄ—s DÄ–XA sÄ—jauh ini hanya bisa dilakukan di rumah sakit yang mÄ—miliki fasilitas dan SDM untuk mÄ—ngopÄ—rasikan alatnya.


Sumber : http://www.sehatituharus.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel