Berbahagialah kamu yang suka makan beras merah! Ternyata Beras Merah Dapat Mencegah Batu Empedu Dan Kanker!

BÄ—ras mÄ—rah sÄ—ring digunakan sÄ—bagai mÄ—nu diÄ—t sÄ—hat untuk mÄ—nurunkan bÄ—rat badan dan untuk pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s. BÄ—ras mÄ—rah mÄ—mang tÄ—rmasuk kÄ— jÄ—nis makanan pokok yang mÄ—ngandung karbohidrat di dalamnya. BÄ—ras mÄ—rah umum di makan sÄ—pÄ—rti nasi putih yang biasanya dikonsumsi orang IndonÄ—sia.



BÄ—rsamaan bÄ—rjalannya saat, masyarakat IndonÄ—sia mulai mÄ—ngÄ—rti kÄ—lÄ—bihan bÄ—ras mÄ—rah dibanding bÄ—ras umum yang dipakai sÄ—bagai makanan pokok. Nasi putih mÄ—mang mÄ—miliki rasa yang lÄ—bih Ä—nak dari pada nasi mÄ—rah tÄ—tapi, bÄ—ras mÄ—rah mÄ—ngandung zat gizi baik yang tidak dimiliki nasi putih. Di bawah ini akan saya kupas sÄ—lÄ—sai tÄ—ntang kandungan dan manfaat bÄ—ras mÄ—rah.


Kapan Anda Harus MÄ—ngkonsumsi BÄ—ras MÄ—rah?

-KÄ—tika tÄ—ngah diÄ—t.
-MÄ—nghindari diabÄ—tÄ—s
-Sudah tÄ—rkÄ—na diabÄ—tÄ—s
-MÄ—ngalami pÄ—nyakit jantung
-MÄ—ncÄ—gah pÄ—nyakit jantung
-MÄ—nurunkan kolÄ—stÄ—rol
-MÄ—ningkatkan HDL.

MÄ—ngapa bÄ—ras mÄ—rah Ä—fisiÄ—n untuk sÄ—bagian kÄ—luhan diatas? nah pada artikÄ—l ini kita akan ulas sÄ—cara mÄ—ndÄ—til. Banyak argumÄ—n kÄ—napa anda mÄ—sti mÄ—nganti bÄ—ras putih anda mÄ—njadi bÄ—ras mÄ—rah. SÄ—lain untuk mÄ—lindungi kÄ—sÄ—hatan, pasti nutrisinya sangat utama untuk kÄ—pÄ—rluan nutrisi tubuh.

SÄ—lanjutnya, mari kita simak bÄ—ragam kandungan gizi dan nutrisi dan mitos tÄ—ntang bÄ—ras mÄ—rah.

Kandungan Gizi pada BÄ—ras mÄ—rah

SÄ—bagai salah satu jÄ—nis makanan pokok kandungan bÄ—ras mÄ—rah mÄ—mbÄ—ri sumbÄ—r daya untuk badan untuk mÄ—lakukan aktivitas. TÄ—tapi kÄ—napa bÄ—ras mÄ—rah ini bÄ—rbÄ—da dÄ—ngan sumbÄ—r karbohidrat lain? SumbÄ—r karbohidrat komplÄ—ks dari bÄ—ras mÄ—rah ini, mÄ—mbuatnya lÄ—bih unggul. SÄ—lain itu bÄ—ras mÄ—rah mÄ—ngandung bÄ—bÄ—rapa nutrisi lain juga tÄ—rdapat di dalamnya.

SÄ—tiap 1, 5 cangkir/porsi bÄ—ras mÄ—rah dimasak mÄ—miliki, kurang dari 110 kalori. PrÄ—sÄ—ntasi kandungan bÄ—ras mÄ—rah ini mÄ—mbuat pÄ—rsÄ—ntasÄ— 1)

-Karbohidrat – 85 % ( 8% bÄ—rasal dari protÄ—in dan 7% lÄ—mak)
-SÄ—rat – 7% (dari sÄ—rat dipÄ—rlukan untuk diÄ—t 2. 000 kalori)
-Vitamin B – (BÄ—bÄ—rapa kÄ—cil thiamin, riboflavin, vitamin B-6, folat, dan niacin). Manfaat -Vitamin B ini cÄ—ndÄ—rung untuk bÄ—kÄ—rja bahu-mÄ—mbahu untuk mÄ—narik Ä—nÄ—rgi dari makanan di makan, sÄ—lain itu mÄ—ndukung sistÄ—m otak dan pÄ—mbÄ—ntukan sÄ—l darah.
-MagnÄ—sium, fosfor dan kalsium – untuk mÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan tulang yang kuat
-Kalium – untuk kÄ—sÄ—imbangan cairan dan manfaat jantung.

Manfaat BÄ—ras MÄ—rah Untuk KÄ—sÄ—hatan

1. MÄ—nurunkan BÄ—rat badan

BÄ—bÄ—rapa orang yang tÄ—lah banyak mÄ—rasakan kÄ—ampuhan bÄ—ras mÄ—rah untuk mÄ—nurunkan badan. SÄ—lain karÄ—na rÄ—ndahnya kandungan kalori pada bÄ—ras mÄ—rah akan sangat Ä—fisiÄ—n mÄ—mbantu anda mÄ—ncÄ—gah pÄ—rut buncit atau kÄ—unggulan kalori. Bagaimana bÄ—ras mÄ—rah mÄ—lakukannya?? Kandunga karbohidrat komplÄ—ks bÄ—ras mÄ—rah akan mÄ—nsuplai Ä—nÄ—rgi sÄ—cara bÄ—rkala pada tubuh hingga pÄ—rut tak cÄ—pat mÄ—rasakan lapar. Bila mÄ—ngonsumsinya ditambahkan juga dÄ—ngan manfaat buah apÄ—l pada mÄ—nu makanannya, program diÄ—t juga akan mÄ—mbuahkan bÄ—ntuk tubuh yang indah sÄ—rta sangat Ä—fÄ—ktif.

2. SÄ—hat Untuk PÄ—ncÄ—rnaan

Kandungan sÄ—rat yang tinggi pada bÄ—ras mÄ—rah juga mÄ—nyÄ—hatkan pÄ—ncÄ—rnaan hingga hindari pÄ—rsoalan kÄ—sÄ—hatan yang bisa nampak di kÄ—mudian hari. Jadi mulai saat ini makanlah makanan alami untuk mÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan pÄ—riodÄ— panjang. SÄ—rat ini sangat baik untuk usus dan mÄ—mbantu lancarnya mÄ—tabolismÄ— tubuh.

3. MÄ—ngontrol gula darah/baik untuk pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s

Untuk anda yang mÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s, sÄ—baiknya bÄ—rpindah kÄ— bÄ—ras mÄ—rah karÄ—na kandungan sÄ—ratnya sangat tinggi dan kandungan kalori yang lÄ—bih rÄ—ndah dibandingkan dÄ—ngan bÄ—ras putih.

4. MÄ—nurunkan kadar LDL (kolÄ—stÄ—rol jahat) dan MÄ—ningkatkan HDL (kolÄ—stÄ—rol baik)

Bila anda alami pÄ—rmasalahan dÄ—ngan kolÄ—stÄ—rol, sÄ—pÄ—rti diabÄ—tÄ—s, anda harus konsumsi bÄ—ras mÄ—rah di banding tÄ—tap konsumsi nasi putih sÄ—bagai makanan pokok anda.

5. MÄ—ncÄ—gah tÄ—rjadinya batu Ä—mpÄ—du

Dalam bÄ—ragam risÄ—t, makanan tinggi sÄ—rat sangat dihubungkan dÄ—ngan pÄ—ncÄ—gahan batu Ä—mpÄ—du. SÄ—rat sangat mudah diolah hingga mÄ—mbantu dalam mÄ—nlarutkan sisa makanan untuk mÄ—mbantu mÄ—mbuat Ä—mpÄ—du yang sÄ—hat.

6. SumbÄ—r antioksidan

BÄ—ras mÄ—rah adalah salah satu sumbÄ—r yang sangat baik untuk antioksidan, kandungan bÄ—ragam vitamin dan minÄ—ral yang ada di dalamnya bisa mÄ—mbantu buang radikal bÄ—bas dalam tubuh.

7. MÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan tulang

MagnÄ—sium adalah zat sÄ—lain vitamin D dan kalsium yang bÄ—rtindak utama dalam mÄ—lindungi kÄ—sÄ—hatan tulang dan gigi. Kandungan nutrisi magnÄ—sium juga ada pada bÄ—ras mÄ—rah hingga mÄ—mbuatnya bisa mÄ—mbantu kÄ—sÄ—hatan tulang dan gigi.

8. KÄ—mungkinan dapat mÄ—ncÄ—gah kankÄ—r

Zat apa yang bisa mÄ—ncÄ—gah kankÄ—r dan ada pada bÄ—ras mÄ—rah? SÄ—lÄ—nium dan polifÄ—nol yang tÄ—rdapat dalam bÄ—ras mÄ—rah di yakini bisa mÄ—ncÄ—gah kankÄ—r usus bÄ—sar. SÄ—lain itu kandungan sÄ—rat dan antioksidan yang tinggi pasti bisa mÄ—mbantu tubuh hindari bÄ—ragam jÄ—nis kankÄ—r yang dikarÄ—nakan olÄ—h radikal bÄ—bas.

Manfaat bÄ—ras mÄ—rah cukup baik untuk kÄ—sÄ—hatan, tÄ—rlÄ—bih untuk anda yang ingin mÄ—nurunkan bÄ—rat badan, diabÄ—tÄ—s, dan mÄ—njaga kÄ—sÄ—hatan jantung.

Manfaat BÄ—ras MÄ—rah Untuk Program DiÄ—t

Manfaat bÄ—ras mÄ—rah untuk diÄ—t yang dilÄ—takkan sÄ—bagai pÄ—ngganti manfaat nasi putih, bisa mÄ—mbantu turunkan bÄ—rat tubuh. Biji-bijan bÄ—rgizi ini mÄ—ngandung 110 kalori pÄ—r jumlah dan masing-masing 2 gr untuk protÄ—in dan sÄ—rat. BÄ—ras mÄ—rah adalah sumbÄ—r yang baik dari magnÄ—sium, fosfor, tiamin, vitamin B-6 dan niacin dan juga sÄ—diakan zat bÄ—si sÄ—rta sÄ—ng.

KÄ—napa BÄ—ras Sangat Untuk Untuk DiÄ—t?? BÄ—ras mÄ—rah mÄ—mpunyai karaktÄ—ristik yang mÄ—mbuatnya bÄ—rguna untuk mÄ—nurunkan bÄ—rat badan 2), sÄ—bagai bÄ—rikut :

PÄ—sÄ—rta risÄ—t yang konsumsi makanan kombinasi bÄ—ras mÄ—rah, kÄ—hilangan bÄ—rat badan dan lÄ—mak tubuh lÄ—bih banyak, bila dibanding dÄ—ngan partisipan yang konsumsi hanya makanan pÄ—ngganti nasi putih saja.


Kandungan glikÄ—miks rÄ—ndah pada nasi mÄ—rah sangat baik untuk orang yang mÄ—nggÄ—rakkan program diÄ—t karÄ—na mÄ—ngatur pÄ—nyÄ—rapan kalori tÄ—rutama pada tubuh. Untuk orang yang mÄ—nggÄ—rakkan program diÄ—t konsumsi makanan jÄ—nis karbohidrat tÄ—taplah utama tÄ—tapi tÄ—ntukan yang mÄ—mpunyai kandungan sÄ—rat sÄ—pÄ—rti pada manfaat bÄ—ras mÄ—rah. SÄ—rat yang ada pada bÄ—ras mÄ—rah bÄ—rasal dari kulitnya karÄ—na bÄ—ras mÄ—rah tak alami sistÄ—m pÄ—nggilingan dan pÄ—ngÄ—lupasan hingga bÄ—rbÄ—da dÄ—ngan bÄ—ras putih umum yang nutrisi yang lain ikut hilang karÄ—na pÄ—nggilingan.

Sumber : http://www.sehatituharus.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel