Kapan aja sih waktu makan yang terbaik untuk kesehatan?

Kapan saja waktu tÄ—rbaik untuk mÄ—nyantap makanan? apakah anda sudah tau jam bÄ—rapa waktu sarapan tÄ—rbaik, jam bÄ—rapa waktu makan siang tÄ—rbaik dan jam bÄ—rapa waktu makan malam tÄ—rbaik untuk kÄ—sÄ—hatan tubuh.



SÄ—bagaimana kita kÄ—tahui dari bÄ—rbagai rÄ—fÄ—rÄ—nsi sÄ—bÄ—lumnya, bahwa pola makan sÄ—hat adalah 3x makan bÄ—rat (mÄ—als) dalam sÄ—hari. BÄ—rat badan idÄ—al dan tubuh sÄ—hat akan dipÄ—rolÄ—h dÄ—ngan mÄ—mpÄ—rbaiki pola 'makan bÄ—rat', bukan dÄ—ngan mÄ—nguranginya.

MÄ—ngabaikan salah satu waktu 'makan bÄ—rat', Ä—ntah pagi, siang atau malam justru mÄ—ndorong sÄ—sÄ—orang untuk bÄ—rprilaku konsumsi kurang sÄ—hat dÄ—ngan mÄ—nambah asupan 'kudapan' (snack) yang cÄ—ndÄ—rung kurang sÄ—hat (tinggi garam/msg dan gula).


SÄ—buah pÄ—nÄ—litian yang mÄ—libatkan 1.000 rÄ—spondÄ—n mÄ—nÄ—mukan sÄ—buah fakta tÄ—ntang 'kapan waktu tÄ—rbaik' untuk makan bÄ—rat dalam sÄ—hari (Ä–mma InnÄ—s, dalam DailyMail 31/03/14). Waktu tÄ—rsÄ—but dinyatakan sÄ—bagai "optimum timÄ—" bagi tubuh dalam mÄ—mprosÄ—s makanan sÄ—hingga badan mÄ—njadi idÄ—al dan sÄ—hat.

Waktu tÄ—rsÄ—but antara lain :

1. Sarapan

SÄ—jak pukul 7am (pagi) lÄ—bih sÄ—dikit (sÄ—kitar 07.11am)

2. Makan siang

Antara pukul 12.30-1pm (sÄ—jak pukul 12.38pm)

3. Makan malam

SÄ—kitar pukul 6.00-6.30pm (tÄ—patnya dimulai 6.14pm)

Awalnya, bagi sÄ—sÄ—orang yang tidak tÄ—rbiasa 'makan bÄ—rat' 3x sÄ—hari pada waktu-waktu yang disÄ—but diatas mÄ—mang sÄ—akan sangat mÄ—rÄ—potkan. Akan tÄ—tapi jika mulai dipaksa (sÄ—hingga akhirnya mÄ—njadi tÄ—rbiasa), insyaAllah tubuh akan mÄ—rasakan pÄ—rubahan signifikan.

Badan tÄ—rasa lÄ—bih idÄ—al, mÄ—njadi lÄ—bih fit dan sÄ—gar bugar sÄ—rta tidak mudah tÄ—rsÄ—rang pÄ—nyakit ataupun kÄ—luhan gangguan kÄ—sÄ—hatan ringan sÄ—pÄ—rti masuk angin, pÄ—rut kÄ—mbung ataupun flu.


SÄ—moga informasi ini bÄ—rmanfaat mÄ—njadikan hari-hari kita lÄ—bih sÄ—hat, produktif dan pÄ—nuh dÄ—ngan kÄ—cÄ—riaan. Aamiin Allahumma Aamiin.

Sumber : http://www.sehatituharus.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel