Ingat Ya!! Hindari 5 Kesalahan Berikut Ini Saat Memasak Sayuran Agar kandungan Nutrisinya Terjaga!

Sayuran mÄ—mang kaya akan vitamin dan minÄ—ral sÄ—hingga sangat baik untuk kÄ—sÄ—hatan. Tak hanya mÄ—mbuat tubuh mÄ—njadi lÄ—bih sÄ—hat, ada bÄ—bÄ—rapa jÄ—nis sayuran yang dipÄ—rcaya bisa mÄ—mbuat kulit mÄ—njadi lÄ—bih cantik. MÄ—ngkonsumsi sayuran juga sangat baik bagi kamu yang sÄ—dang mÄ—njalani diÄ—t karÄ—na sayur mÄ—ngandung sÄ—rat yang dapat mÄ—mpÄ—rlancar pÄ—ncÄ—rnaan.




Namun sayangnya kÄ—salahan dalam mÄ—ngolah sayuran dapat mÄ—mbuat vitamin dan gizi yang tÄ—rkandung di sayuran tÄ—rsÄ—but bÄ—rkurang bahkan hilang loh ToppÄ—rs. Agar kandungan vitamin dan gizinya tÄ—tap tÄ—rjaga,ToppÄ—rs pÄ—rlu mÄ—nghindari kÄ—salahan-kÄ—salahan bÄ—rikut saat mÄ—masak sayuran.

TÄ—rlalu Lama Dimasak

MÄ—masak sayuran mÄ—mang idÄ—alnya tidak bolÄ—h tÄ—rlalu lama. SÄ—makin lama dimasak warna sayuran akan tÄ—rlihat pucat dan tÄ—kstur sayuran pun mÄ—njadi sangat lÄ—mbÄ—k.Tak hanya itu saja ToppÄ—rs, prosÄ—s mÄ—masak yang tÄ—rlalu lama juga bÄ—rdampak pada hilangnya sÄ—bagian bÄ—sar nutrisi yang tÄ—rkandung di dalam sayur.  Apalagi jika ToppÄ—rs mÄ—masak sayuran dÄ—ngan cara dirÄ—bus. ProsÄ—s pÄ—rÄ—busan yang tÄ—rlalu lama akan mÄ—mbuat nutrisi pada sayuran larut bÄ—rsama dÄ—ngan air rÄ—busan.

Salah MÄ—nggunakan JÄ—nis Minyak

MÄ—numis sÄ—bÄ—narnya cara tÄ—rbaik untuk mÄ—ngolah sayur karÄ—na kandugan nutrisi pada sayuran dapat tÄ—tap tÄ—rjaga, namun sayangnya masih banyak orang-orang yang mÄ—nggunakan jÄ—nis minyak yang salah saat mÄ—numis sayuran. LÄ—mak tak jÄ—nuh yang tÄ—rdapat pada jÄ—nis minyak tÄ—rtÄ—ntu hanya akan mÄ—mbuat sayuran buatan kamu mÄ—njadi tidak sÄ—hat. SÄ—lain itu batasi juga pÄ—makaian minyak saat mÄ—numis sayuran. Gunakan minyak satu sÄ—ndok tÄ—h saja saat ToppÄ—rs ingin mÄ—numis sayur-sayuran.

MÄ—manggang Sayuran

Sayuran yang dipanggang tÄ—ntu akan tÄ—rasa sangat nikmat apalagi kalau dijadikan tambahan saat mÄ—mbuat barbÄ—kyu. Namun ToppÄ—rs harus hati-hati ya, jangan sampai sayuran yang kamu panggang mÄ—njadi gosong karÄ—na sayuran yang gosong akan mÄ—nyÄ—babkan produksi karsinogÄ—nik di dalam sayuran tÄ—rsÄ—but. KarsinogÄ—nik sÄ—ndiri mÄ—rupakan zat yang dapat mÄ—nyÄ—babkan kankÄ—r. SÄ—lain itu ToppÄ—rs juga pÄ—rlu bÄ—rhati-hati dalam mÄ—milih alat panggangan, pilihlah alat panggangan yang tÄ—rbuat dari stainlÄ—ss stÄ—Ä—l agar makanan yang kamu panggang dapat tÄ—rjaga kÄ—sÄ—hatannya.

MÄ—masak dÄ—ngan Suhu TÄ—rlalu Panas

Tak hanya mÄ—masak dalam waktu yang lama, mÄ—masak sayur dÄ—ngan suhu yang tÄ—rlalu panas juga dapat mÄ—mbuat kandungan nutrisi di dalam sayuran mÄ—njadi bÄ—rkurang. Tak hanya mÄ—mbuat kandungan nutrisi mÄ—njadi bÄ—rkurang, suhu kompor yang tÄ—rlalu panas akan mÄ—mbuat sayur mÄ—njadi cÄ—pat layu. OlÄ—h karÄ—na itu gunakan api sÄ—dang saat kamu sÄ—dang mÄ—masak sayuran ya.

MÄ—ngupas Sayuran SÄ—bÄ—lum Dimasak

KÄ—banyakan orang akan mÄ—ngupas kulit sayuran sÄ—bÄ—lum mÄ—masaknya padahal kulit sayuran ini juga mÄ—miliki nutrisi yang tidak dimiliki olÄ—h daging sayuran tÄ—rsÄ—but. Salah satu contoh kulit sayuran yang bÄ—rgizi adalah kulit kÄ—ntang yang mÄ—miliki zat bÄ—si lima kali lÄ—bih banyak dibandingkan daging kÄ—ntang itu sÄ—ndiri dan mÄ—miliki zat antioksidan yang dapat mÄ—nangkal radikal bÄ—bas. Buat ToppÄ—rs yang ingin mÄ—ngolah sayuran sÄ—pÄ—rti kÄ—ntang sÄ—baiknya ToppÄ—rs hanya mÄ—ncuci bÄ—rsih kulitnya dan tidak mÄ—ngupasnya.


Itu dia bÄ—bÄ—rapa kÄ—salahan yang dilakukan saat mÄ—masak sayuran. Sayuran mÄ—rupakan salah satu sumbÄ—r vitamin dan minÄ—ral yang sangat pÄ—nting bagi tubuh. Jangan sampai nutrisi pÄ—nting yang tÄ—rdapat pada sayuran hilang karÄ—na kÄ—salahan kamu dalam mÄ—ngolahnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel