Adakah Pohon Yang Mampu Hidup Di Tengah Gurun Pasir? Ternyata Ada, Pohon Kehidupan Namanya


Biasanya, pohon tumbuh berdampingan dengan pohon-pohon lain. Tapi, ada sebatang pohon yang tumbuh sendirian di tengah padang gurun. Bagaimana bisa, ya?

Pohon Lebat di Tengah Gurun Pasir

Biasanya, pohon berdaun lebat tidak bisa hidup di tengah padang gurun. Tanaman yang seringkali ditemukan di gurun adalah kaktus. Namun, ada yang berbeda di gurun pasir Bahrain.

Di gurun pasir Bahrain terdapat sebatang pohon shami (Prosopis cineraria). Pohon ini hidup sendirian di tengah gurun yang tandus.

Pohon ini diberi nama The Tree of Life atau Pohon Kehidupan. O iya, karena hidup sendirian, pohon kehidupan juga seringkali dijuluki sebagai pohon paling kesepian di muka Bumi.

Meski berada di tengah gurun, pohon setinggi hampir 10 meter ini memiliki daun yang cukup lebat, lo!

Selain itu, pohon ini juga sudah hidup selama 400 tahun walaupun tidak terlihat sumber air di sekitar padang gurun.

Menyesuaikan Diri dengan padang Gurun

Para ahli percaya Pohon Kehidupan bisa bertahan karena kemampuannya menyesuaikan diri dengan iklim dan lingkungan padang gurun yang mengandung kadar garam tinggi.

Pohon ini diperkirakan memiliki akar sepanjang 50 meter yang bisa menjangkau sumber air. Lalu, daun pohon ini mengandung senyawa yang mampu melindungi daun dari panas.

Para ahli juga memperkirakan jamur-jamur di sekitar Pohon Kehidupan membantu pohon ini menyerap banyak air dan mengolah nutrisi dari pasir gurun.

Karena keunikannya ini, Pohon Kehidupan menjadi salah satu lokasi yang paling sering didatangi wisatawan saat berkunjung ke Bahrain, lo. Apa teman-teman tertarik untuk melihat juga?

Sumber

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel