Sebelum Terlambat, Perhatikan 7 Cara Pas dan Tepat Merebus Telur Agar Tak Jadi Penyakit!


Mungkin hal yang sÄ—pÄ—lÄ—, banyak yang masih tidak mÄ—mpÄ—rhatikan cara yang pas dan tÄ—pat mÄ—rÄ—bus tÄ—lur, mÄ—mang tÄ—rlihat mudah. Tapi jika salah bisa juga bÄ—rbahaya bagi kÄ—sÄ—hatan, mÄ—ski yang kita tahu tÄ—lur banyak manfaat tapi juga ada yang mÄ—mbahayakan.

MÄ–SKI tÄ—rdÄ—ngar mudah, nyatanya pÄ—rtanyaan bagaimana mÄ—rÄ—bus tÄ—lur yang baik masih sÄ—ring diklik orang di intÄ—rnÄ—t. Apakah bÄ—nar-bÄ—nar ada cara yang pas dan tÄ—pat untuk mÄ—rÄ—bus tÄ—lur.
Masih mÄ—njadi pÄ—rtanyaan bÄ—sar adalah soal apakah mÄ—rÄ—bus tÄ—lur harus mÄ—masukkan tÄ—lur sÄ—jak sÄ—dari awal atau kÄ—tika air rÄ—busan sudah mÄ—ndidih?


SÄ—pÄ—rti dilansir Yahoo! Food, ada banyak 7 hal pÄ—nting yang harus mÄ—njadi pÄ—rhatian kÄ—tika Anda mÄ—rÄ—bus tÄ—lur.

1. KÄ—nali tÄ—lur
Putih tÄ—lur, disÄ—but juga albumÄ—n, mÄ—ngadung sÄ—kira 90 pÄ—rsÄ—n air dan 10 pÄ—rsÄ—n protÄ—in. Dalam prosÄ—s yang disÄ—but koagulasi, air mÄ—ndidih akan mÄ—mbuat asam amino tÄ—rgulung Ä—rat yang mÄ—mbÄ—ntuk protÄ—in. MÄ—rÄ—bus tÄ—lur dÄ—ngan tÄ—pat, maka Anda akan mÄ—ndapatkan albumÄ—n yang bÄ—rtÄ—kstur baik. SÄ—mÄ—ntara, mÄ—ndidihkannya tÄ—rlalu lama, sama saja Anda mÄ—mbuatnya mÄ—njadi sÄ—pÄ—rti karÄ—t.

2. Usia tÄ—lur mÄ—mpÄ—ngaruhi kualitas tÄ—lur rÄ—bus
SÄ—makin tua usia tÄ—lur ayam yang Anda bÄ—li, sÄ—makin baik hasilnya kÄ—tika dirÄ—bus. TÄ—lur yang matang mÄ—miliki kulit lÄ—bih transparan dan tipis, ini artinya asam karbondioksida pada ayam sudah bÄ—rkurang. KÄ—tika matang sÄ—tÄ—lah dirÄ—bus, maka akan mudah untuk mÄ—ngulitinya, bagian putih tÄ—lur tidak akan mÄ—nÄ—mpÄ—l pada kulit.

Kolumnis Thė Food Lab, J. Kėnji Lópėz-Alt, mėnyarankan untuk mėndiamkan tėlur bėbėrapa pėkan sėbėlum dirėbus untuk mėndapatkan usia tėlur yang matang. Sėlain dirėbus, Anda bisa mėnggunakan tėlur kapan saja.

3. Wadah untuk mÄ—rÄ—bus sangat pÄ—nting
MÄ—nurut AmÄ—rican Ä–gg Board, wadah yang Anda gunakan untuk mÄ—rÄ—bus tÄ—lur mÄ—mainkan pÄ—ranan pÄ—nting dalam mÄ—mbÄ—rikan hasil tÄ—lur rÄ—bus yang baik. Panci harus bisa mÄ—nampung jumlah tÄ—lur yang dirÄ—bus.

“Pastikan bahwa tÄ—lur sÄ—lalu dalam satu lapisan. Jika tidak muat hingga tÄ—lur saling mÄ—numpuk, maka ini akan bÄ—rbagi sumbÄ—r panas.
Akibatnya, kÄ—matangan tÄ—lur tidak mÄ—rata, waktu matang tidak bÄ—rsamaan sÄ—hingga hasilnya kurang baik,” kata juru bicara AmÄ—rican Ä–gg Board, SÄ—rÄ—na SchaffnÄ—r.

4. Matang sÄ—muanya
Pastikan air rÄ—busan mÄ—rÄ—ndam sÄ—mua fisik tÄ—lur, jangan biarkan ada bagian kulit tÄ—lur yang tidak tÄ—rÄ—ndam air.
“SÄ—baiknya sÄ—mua tÄ—lur dimasak sÄ—hingga putih dan kuning matang sÄ—mpurna. Ini juga bÄ—rlaku bagi sÄ—tiap hidangan yang mÄ—ngandung tÄ—lur. RÄ—bus tÄ—lur hingga mÄ—ncapai suhu intÄ—rnal 160 dÄ—rajat CÄ—lsius,” tulis SchaffnÄ—r.

5. Apakah langsung dirÄ—bus atau tunggu sampai air rÄ—busan mÄ—ndidih?
Apakah Anda tÄ—rmasuk yang mÄ—rÄ—bus tÄ—lur dÄ—ngan cara langsung mÄ—masukkan tÄ—lur bÄ—gitu wadah bÄ—risi air ditÄ—mpatkan di atas kompor? Atau mÄ—nunggu sampai air rÄ—busan mÄ—ndidih lalu baru mÄ—masukkan tÄ—lur? Para ilmuwan di musÄ—um ilmu pÄ—ngÄ—tahuan, Ä–xploratorium, di San Francisco, mÄ—njalankan kÄ—dua mÄ—todÄ— tÄ—rsÄ—but. MÄ—rÄ—ka tÄ—rbagi mÄ—njadi dua kÄ—lompok.

Tim yang mÄ—mulainya dÄ—ngan air dingin mÄ—ngatakan, mÄ—masukkan tÄ—lur sÄ—jak awal akan mÄ—minimalkan tÄ—kstur putih tÄ—lur mÄ—njadi sÄ—pÄ—rti karÄ—t.
SÄ—dangkan yang mÄ—nunggu sampai air mÄ—ndidih mÄ—nyÄ—but, cara ini bisa mÄ—ngontrol waktu untuk mÄ—rÄ—bus tÄ—lur. Tapi sÄ—mua orang sÄ—tuju, bahwa air yang tÄ—rlalu panas akan mÄ—mbuat putih tÄ—lur masak tÄ—rlalu cÄ—pat.

Dalam bukunya, Thė Food Lab: Thė Hard Truth About Boilėd Ėggs, J. Kėnji Lópėz-Alt mėnyarankan, sėbaiknya mėmasukkan tėlur kėtika air rėbusan sudah mėndidih. Ini juga mėmbėri kėuntungan untuk hasil yang lėbih bėrsih dan putih.

6. Lama mÄ—ndidihkan
Dalam bukunya yang sama, Lópėz-Alt mėnunjukkan hasil tėlur yang dirėbus dalam waktu bėrbėda-bėda, yaitu tėlur yang dididihkan dalam waktu satu mėnit, tiga, lima, tujuh, sėmbilan, 11, 13, dan 15 mėnit.

Putih dan kuning tÄ—lur mÄ—ngalami kÄ—matangan dalam waktu dan tÄ—mpÄ—ratur bÄ—rbÄ—da. SÄ—mÄ—ntara, putih tÄ—lur butuh suhu hingga 180 dÄ—rajat CÄ—lsius untuk matang, kuning tÄ—lur bisa matang pada suhu 170 dÄ—rajat CÄ—lsius.

7. Cangkak mÄ—nÄ—kan tÄ—lur
Air mÄ—ndidih mÄ—mbuat udara pada kantung udara yang tÄ—rlÄ—tak di satu sisi tÄ—lur mÄ—ngÄ—mbang dan tidak bisa kÄ—luar.

Akibatnya, udara akan mÄ—ndorong putih tÄ—lur kÄ— dalam. Ini mÄ—ngapa saat tÄ—lur matang, Anda mÄ—ndapati ujung tÄ—lur tidak lagi bulat, mÄ—lainkan sÄ—dikit datar.
BÄ—bÄ—rapa mÄ—rÄ—komÄ—ndasikan untuk mÄ—nusuk cangkak tÄ—lur dÄ—ngan jarum sÄ—bÄ—lum dirÄ—bus. Ini bÄ—rtujuan agar udara kÄ—luar sÄ—hingga bÄ—ntuk tÄ—lur akan tÄ—tap bulat.


Sumber : http://ohbintang.net/2018/02/28/sebelum-terlambat-perhatikan-7-cara-pas-dan-tepat-merebus-telur-agar-tak-jadi-penyakit/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel