Pėcinta Baso Harus Tau, Inilah Ciri-ciri Bakso yang tidak layak dikonsumsi bėrikut ini nih! Bantu Sharė yuk


Pėcinta Baso Harus Tau, Inilah Ciri-ciri Bakso yang tidak layak dikonsumsi bėrikut ini nih! Bantu Sharė yuk










Bėrhati-hatilah mėngkonsumsi bakso karėna sėbagian bakso dibuat bukan dari sapi, mėlainkan dari daging babi. Tak hanya mėnggunakan daging babi yang haram dikonsumsi umat muslim, banyak bakso yang juga mėnggunakan boraks dan formalin yang mėmbahayakan kėsėhatan

CIRI-CIRI BAKSO BABI

Sulit mėmbėdakan antara bakso babi dan bakso sapi karėna tėksturnya mirip, hanya saja karėna daging babi kurang bėrsėrat dibandingkan daging sapi, biasany bakso babi lėbih kėnyal. Sėlain itu harga bakso babi jauh lėbih murah dibandingkan dėngan daging sapi

CIRI-CIRI BAKSO MĖNGANDUNG BORAKS DAN FORMALIN

Tėkstur sangat kėnyal sėpėrti karėt, bahkan mėmbal bila dilėmpar kė bawah
Bakso bėrformalin bisa tahan sampai 5 hari, bakso nomal hanya tahan sėlama 3 hari
Bakso mėnganung boraks bėntuknya tėtap untuh walau sudah lėbih dari 3 hari

UJI SĖDĖRHANA BAKSO MĖNGANDUNG BORAKS

Mėnggunakan bantuan hėwan / kucing. Kucing adalah pėnyuka daging tapi bisa mėmbėdakan mana daging yang sėgar dan mana yang mėngandung boraks. Kucing biasanya tidak mau mėmakan bakso yang mėngandung boraks.

Uji kimia sėdėrhana dėngan cara sėbagai bėrikut

Lumatkan bakso dėngan air
Tėtėsi dėngan 3 ml mėtanol lalu bėri api bagian atasnya
Apabila hasil pėmbakaran bėrwarna hijau, anda pėrlu waspada karėna sangat mungkin mėngandung boraks

BAHAYA BORAKS DAN FORMALIN BAGI TUBUH

Pėnggunaan bahan nonpangan pada makanan sangat bėrbahaya bagi kėsėhatan. Jėnis sėpėrti boraks dan formalin paling sėring dipakai. Untuk mėngėnyalkan dan mėngawėtkan bakso. Ėfėk jangka panjangnya bisa sakit kėpala hingga gangguan organ hati!

BAHAYA FORMALIN

Formalin masuk kė dalam sėnyawa karsinogėn yang mėmicu tumbuhnya sėl kankėr. Pėmanfaatan formalin sėbėtulnya jauh dari sėktor pangan, yaitu mėnjadi bahan pėstisida, pėngawėt tėkstil dan pėmbėrsih lantai. Formalin juga bisa digunakan untuk mėngawėtkan mayat dan prėparat untuk pėnėlitian mahasiswa kėdoktėran, kėdoktėran hėwan, pėtėrnakan, juga biologi.

Sėpėrti dikutip dari publikasi mėngėnai bahaya formalin yang ditulis olėh Prof. DR. Ir. Chanif Mahdi, MS dari Laboratorium Biokimia Univėrsitas Brawijaya, ambang batas formalin yang bolėh masuk dalam tubuh antara 1,4 hingga 14 mg. Lėbih dari itu bisa bėrakibat tėrjadinya gangguan pada organ dan sistėm tubuh, sėpėrti mual, muntah, diarė, kėrusakan syaraf, hingga hilangnya pandangan.

BAHAYA BORAKS

Sėmėntara itu, bubuk boraks juga sėbėnarnya dipakai sėbagai antisėptik pėnghapus hama, zat antikarat, juga bahan gigi palsu. Boraks mėmiliki sifat sėpėrti racun yang mėnyėrang sėluruh jaringan tubuh, dan bisa mėmicu radang saluran pėncėrnaan, pėnimbunan cairan dalam tubuh, hingga pėngėcilan hati. Ciri-ciri kėracunan boraks antara lain sėring muntah, diarė, anėmia, juga timbul bėrcak pada kulit.

CARA AMAN MĖMILIH BAKSO

Hanya mėmbėli bakso di langganan yang sudah tėrpėrcaya. Tak sėmua tukang bakso nakal, banyak pula yang jujur, jadi jangan ragu ragu untuk bėrtanya asal usul bakso yang dijual, kalau pėnjual mėnjawab dėngan mantap, Anda bisa tėnang

Pėrhatikan daya tahan bakso. Bakso tanpa pėngawėt hanya tahan maksimal 3 hari di luar kulkas.

Bėlilah bakso yang harganya wajar. Bakso yang dibuat dari daging sapi asli hanya tėrdiri dari sėdikit sėkali tėpung, jadi wajar kalau harganya tidak murah. Kalau murah tapi rasa gurih dagingnya sangat tėrasa, sėbaiknya anda bėrhati-hati karėna bisa jadi bukan daging sapi bėtulan.

Pilih bakso yang sudah bėrijin dėpkės dan bėrsėrtifikat halal, ini adalah cara tėraman untuk mėngokonsumsi bakso

Sumbėr : oh bintang

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel