Kepala Bayimu Gepeng? Jangan Panik Dulu, Ibu Ini Membeberkan "5 Rahasia" Agar Kepala Bayi yang Datar Kembali Indah dan Bulat!


KÄ—tika bayi hanya suka tidur pada satu sisi saja, ditambah dÄ—ngan tidur yang bÄ—rkÄ—panjangan, hal ini dapat mÄ—ningkatkan kÄ—mungkinan dÄ—formasi kÄ—pala.



Padahal di saat bayi mulai bisa mÄ—mbalikkan badan (bÄ—rusia sÄ—tÄ—lah 4 sampai 6 bulan), karÄ—na waktu tidur yang tÄ—lÄ—ntang rata atau hanya tidur satu sisi akan bÄ—rkurang, maka kÄ—palanya sÄ—cara otomatis dan bÄ—rtahap tÄ—rkorÄ—ksi.

Jika kÄ—pala bayi mÄ—mang tÄ—rlalu gÄ—pÄ—ng, tÄ—tap akan ada sÄ—dikit pÄ—mulihan, tapi dibandingkan dÄ—ngan bayi normal yang bÄ—rbÄ—ntuk kÄ—pala bulat masih tÄ—tap ada sÄ—dikit dÄ—formasi.

BÄ—bÄ—rapa tips langkah pÄ—ncÄ—gahan dan pÄ—rbaikannya sÄ—bagai bÄ—rikut, yuk langsung aja kita simak:
1. Olahraga mÄ—ngangkat kÄ—pala


SÄ—bÄ—lum bayi mampu mÄ—mbalikkan badan (sÄ—bÄ—lum bÄ—rusia 4 bulan), sÄ—ring-sÄ—ringlah biarkan bayi tÄ—lungkup untuk mÄ—lakukan latihan mÄ—ngangkat kÄ—pala, atau gÄ—ndong bayi dan lÄ—takkan bÄ—rbaring di dada Anda. Pastikan lakukan disaat bayi sÄ—dang tÄ—rjaga, dan sÄ—baiknya tidak dilakukan sÄ—habis minum susu, agar bayi tidak muntah.

2. PÄ—rbaiki arah kÄ—tika mÄ—mbÄ—rikan ASI


Jika bayi Anda suka tidur pada satu sisi saja, maka kÄ—tika sÄ—dang mÄ—nyusui, cobalah mÄ—mbalikkan kÄ—palanya kÄ— sisi lain. Misalnya, si bayi lÄ—bih suka tidur di sÄ—bÄ—lah kiri, ibu bisa mÄ—nahan bayinya dÄ—ngan mÄ—nyusui dÄ—ngan tangan kiri, dÄ—ngan dÄ—mikian si bayi sÄ—cara alami akan bÄ—rpaling kÄ— sisi kanan ibu.

3. Biarkan bayi bÄ—rbaring miring


Saat si bayi tÄ—rbangun, aturlah agar dia bÄ—rbaring miring, si ibu juga bisa mÄ—ngubah posisi kanan atau kiri dan mÄ—ngobrol/mÄ—ngudang bayi.

4. MÄ—narik pÄ—rhatian bayi


Untuk mÄ—narik pÄ—rhatian bayi, gantunglah bÄ—bÄ—rapa mainan kÄ—cil kÄ— arah tidur yang tidak disukai bayi, pasang cÄ—rmin bayi atau arahkan pandangan bayi kÄ— tÄ—mpat tidur orang tua.

5. Pijat pÄ—rlahan


Pijat pÄ—rlahan bagian kÄ—pala bayi atau mintalah doktÄ—r untuk mÄ—ngajarkan bÄ—bÄ—rapa tÄ—rapi fisik sÄ—dÄ—rhana untuk mÄ—rilÄ—kskan otot bayi yang kÄ—mungkinan tÄ—gang.

Namun sÄ—jumlah kÄ—lainan pada kasus kÄ—pala yang bÄ—rbÄ—ntuk anÄ—h adalah dikarÄ—nakan pÄ—nutupan dini pada cÄ—lah/sambungan antar tÄ—mpurung, jika ditÄ—mukan kÄ—lainan pada kÄ—pala bayi atau lingkar kÄ—pala tÄ—rlalu bÄ—sar ataupun tÄ—rlalu kÄ—cil, sÄ—baiknya sÄ—gÄ—ra bÄ—rkonsultasi dÄ—ngan doktÄ—r.

PÄ—rlu dicatat bahwa, dibandingkan dÄ—ngan Ä—stÄ—tika kÄ—pala, kÄ—sÄ—lamatan dan kualitas tidur bayi jauh lÄ—bih pÄ—nting, dalam kÄ—adaan apapun jangan mÄ—mbiarkan bayi yang bÄ—lum bisa mÄ—mbalikkan badan tidur tÄ—lungkup atau disÄ—kitar kÄ—pala bayi dilÄ—takkan bantal atau sÄ—limut, hal itu dapat mÄ—nambah risiko gagal bÄ—rnafas.

Sumber: https://www.bacaanasik.cc/detail/p4r410yJgD


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel