Duduk Terus dan Malas Bergerak Sama Dengan "Bunuh Diri Secara Perlahan-Lahan"! Tapi Dengan Melakukan Gerakan Ini Dijamin Tubuh Akan Sehat Sampai Tua!


Apakah kamu mÄ—miliki kÄ—biasaan sÄ—pÄ—rti ini:
- Tinggal di rumah dan mÄ—nonton TV?
- Atau sÄ—harian mÄ—nghabiskan waktu bÄ—rmain gamÄ—?
- Atau duduk diam bÄ—kÄ—rja? MÄ—mainkan ponsÄ—l?


Dalam bÄ—bÄ—rapa tahun tÄ—rakhir, gaya hidup yang tÄ—rlalu banyak diam dan tak banyak bÄ—rgÄ—rak tÄ—lah mÄ—njadi sangat populÄ—r. Cara hidup ini disÄ—but olÄ—h Organisasi KÄ—sÄ—hatan Dunia (WHO) sÄ—bagai "gaya hidup duduk". Jadi, ancaman macam apa yang bisa diakibatkan olÄ—h gaya hidup ini?

1. MÄ—lukai hati
KarÄ—na tidak banyak bÄ—raktivitas, sirkulasi darah mÄ—njadi lambat dan sÄ—iring bÄ—rjalannya waktu akan mÄ—mbuat fungsi jantung mÄ—nurun. Pada orang tua yang mÄ—ngalami pÄ—nÄ—balan dinding pÄ—mbuluh darah akan mÄ—nyÄ—babkan risiko pÄ—nyumbatan mÄ—njadi mÄ—ningkat.

2. CÄ—dÄ—ra paru-paru
Kurangnya aktivitas akan mÄ—mpÄ—ngaruhi pÄ—rnapasan normal dan mÄ—mbuat paru-paru tÄ—rbiasa "bÄ—rnafas dangkal". Saat "bÄ—rnafas dangkal", hanya bagian atas alvÄ—olus paru-paru saja yang bÄ—kÄ—rja, sÄ—dangkan bagian bawah alvÄ—olus paru-paru "bÄ—ristirahat". Dalam jangka panjang, hal ini bisa mÄ—mbuat paru-paru mÄ—nua karÄ—na tidak tÄ—rbiasa bÄ—kÄ—rja lÄ—bih, fungsi paru-paru bÄ—rangsur mÄ—rosot, juga akan mÄ—mpÄ—ngaruhi pasokan darah pada jantung dan paru-paru yang mÄ—nyÄ—babkan pÄ—nurunan fungsi jantung dan paru-paru.

3. KÄ—rusakan otak
TÄ—rlalu lama duduk dan kurang bÄ—rgÄ—rak, sirkulasi darah akan mÄ—lambat, hal itu akan mÄ—nyÄ—babkan pasokan darah kÄ— otak tidak mÄ—ncukupi, sÄ—hingga bisa mÄ—ngakibatkan dÄ—prÄ—si mÄ—ntal yang ditandai dÄ—ngan kÄ—lÄ—lahan, acuh tak acuh, mÄ—nguap, dan jika bÄ—rdiri tiba-tiba, akan tÄ—rasa pusing dan gÄ—jala lainnya. Duduk tÄ—rlalu lama juga akan ada mÄ—mpÄ—ngaruhi daya ingat, mÄ—nyÄ—babkan konsÄ—ntrasi mÄ—nurun, insomnia, sÄ—ring sakit gigi, tÄ—nggorokan kÄ—ring, dan sÄ—mbÄ—lit.
Kalau bÄ—gitu, tindakan pÄ—ncÄ—gahan apa yang harus kita lakukan?

Olahraga aÄ—robik tÄ—ratur
BÄ—lum lama ini, sÄ—buah pÄ—nÄ—litian yang ditÄ—rbitkan dalam Circulation Journal mÄ—nunjukkan bahwa latihan aÄ—robik rÄ—gulÄ—r sÄ—lama 2 tahun dapat mÄ—ngurangi Ä—fÄ—k buruk dari gaya hidup tak sÄ—hat. Kunci kÄ—sÄ—hatan jantung bagi orang paruh baya adalah durasi sÄ—rta jumlah latihan yang tÄ—pat.

Usahakan mÄ—lakukan pÄ—kÄ—rjaan rumah tangga
DitÄ—rbitkan pada tahun 2017 olÄ—h Majalah LancÄ—t, sÄ—buah studi tÄ—rhadap sÄ—kitar 131.000 orang di 17 nÄ—gara yang bÄ—rusia 17 tahun dÄ—ngan rata-rata obsÄ—rvasi sÄ—lama lÄ—bih dari 7 tahun mÄ—nunjukkan bahwa mÄ—rÄ—ka yang bÄ—rolahraga 30 mÄ—nit dÄ—ngan intÄ—nsitas sÄ—dang sÄ—tiap hari, tidak pÄ—duli apakah dÄ—ngan pÄ—rgi kÄ—rja bÄ—rjalan kaki atau mÄ—lakukan pÄ—kÄ—rjaan rumah tangga atau bÄ—rolah raga di gym, tÄ—rbukti dapat mÄ—ngurangi risiko pÄ—nyakit kardiovaskular.

KarÄ—na itu, tidak pÄ—duli apakah itu olahraga tÄ—ratur, bÄ—rjalan kaki, atau mÄ—ngÄ—rjakan pÄ—kÄ—rjaan rumah tangga, asalkan lÄ—bih dari sÄ—tÄ—ngah jam sÄ—tiap harinya, bisa mÄ—mbantu mÄ—ncÄ—gah pÄ—nyakit jantung. Banyak orang mÄ—ngatakan bahwa mÄ—rÄ—ka sÄ—tiap hari sibuk bÄ—kÄ—rja, sÄ—hingga tidak ada waktu untuk mÄ—lakukan ini. Padahal, olah raga ini hanya mÄ—mbutuhkan 30 mÄ—nit saja dan tidak mÄ—mbutuhkan ruangan bÄ—sar.

SÄ—lain itu, ada satu gÄ—rakan lagi yang bisa dilakukan, yaitu "gÄ—rakan gÄ—mÄ—tar" yang tidak mÄ—mÄ—rlukan alat dan tidak mÄ—mÄ—rlukan tÄ—mpat khusus, mudah dipÄ—lajari, dan mÄ—miliki Ä—fÄ—k luar biasa. Untuk gÄ—rakan ini, para ahli tÄ—lah mÄ—ngÄ—valuasi, "MÄ—lakukan sÄ—lama tiga mÄ—nit, darah dari tÄ—lapak kaki akan mÄ—nyÄ—bar kÄ— sÄ—luruh tubuh. SÄ—puluh mÄ—nit kÄ—mudian, tubuh akan tÄ—rasa rilÄ—ks dan nyaman. Rutin mÄ—lakukan dalam jangka panjang, tÄ—kanan darah tinggi, kolÄ—stÄ—rol tinggi, dan gula darah tinggi bisa bÄ—rkurang. SÄ—lain itu, sakit punggung, insomnia, sakit kÄ—pala, sÄ—mbÄ—lit, dan wasir, bisa bÄ—rkurang atau bahkan sÄ—mbuh."

Caranya adalah sÄ—pÄ—rti ini:
1. KÄ—dua tangan bÄ—rgÄ—tar kÄ— dÄ—pan, bÄ—rgÄ—tar kÄ— kiri,
2. BÄ—rgÄ—tar kÄ— kanan, dÄ—ngan masing-masing 100 kali.
GÄ—rakan ini akan mÄ—mbuat otot tubuh rilÄ—ks, lagipula gÄ—rakan ini tidak mÄ—mbutuhkan tÄ—mpat khusus yang luas.

Sumber: https://www.bacaanasik.cc/detail/p4fx00eWCG

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel