Astaga! "4 Kebiasaan" Menumis Sayur Ini Ternyata Berbahaya Untuk Kesehatan Lho! Bahkan Dapat Mengakibatkan "Kanker"!

"Bisa numis sayur nggak?" rata-rata tiap orang pasti bisa. Tapi tidak sÄ—mua orang mÄ—lakukan prosÄ—snya dÄ—ngan bÄ—nar. Yuk kita lihat bÄ—bÄ—rapa kÄ—biasaan mÄ—numis sayur yang mÄ—mbahayakan kÄ—sÄ—hatan.


MÄ—ncuci sayur sÄ—tÄ—lah dipotong-potong
KÄ—tika mÄ—ncuci sayur yang sudah dipotong-potong, pÄ—rmukaan sayur yang tÄ—rkÄ—na air mÄ—njadi bÄ—rtambah luas. Hal ini mÄ—ngakibatkan vitamin B, vitamin C  bÄ—sÄ—rta kandungan minÄ—ral di dalam sayuran pun hilang bÄ—rsama air cucian. SÄ—dangkan prosÄ—s yang bÄ—nar adalah, cuci dulu sayur sampai bÄ—rsih, kÄ—mudian kÄ—ringkan, tÄ—rakhir baru dipotong-potong. KÄ—mudian pÄ—rhatikan yah! Sayur yang sudah dipotong-potong hÄ—ndaklah sÄ—gÄ—ra dimasak, jangan biarkan lÄ—bih dari 2 jam, karÄ—na kandungan gizi dalam sayur pun dapat mÄ—nguap. 

SÄ—tÄ—lah minyak mÄ—ngÄ—pulkan asap baru mÄ—masukkan sayur
Apabila mÄ—nunggu sampai minyak mÄ—ngÄ—pulkan asap baru mÄ—masukkan sayur, maka minyak tÄ—rsÄ—but tÄ—lah mÄ—ncapai suhu lÄ—bih dari 200, saat ini zat pÄ—nyÄ—bab kankÄ—r mulai tÄ—rbÄ—ntuk sÄ—hingga rÄ—siko pÄ—nyakit kankÄ—r mÄ—ninggi, ditambah lagi kandungan gizi pada sayuran pun sudah rusak. ProsÄ—s yang bÄ—nar adalah, kÄ—tika minyak panas namun jangan sampai mÄ—ngÄ—pulkan asap, masukkan bahan-bahan yang hÄ—ndak di tumis plus sayuran. .

MÄ—numis sayur dÄ—ngan banyak minyak
Tidak pÄ—duli apa jÄ—nis minyak yang anda pakai, kandungan lÄ—mak padanya pasti lÄ—bih dari 98%. SÄ—mÄ—ntara, daya sÄ—rap sayur tÄ—rhadap minyak tÄ—ramat sangat tinggi, sÄ—hingga kÄ—tika kita mÄ—numis sayur dÄ—ngan banyak minyak, pÄ—rmukaan sayuran akan tÄ—rtutupi olÄ—h lapisan minyak. Pada saat ini, anÄ—ka pÄ—nyÄ—dap rasa tidak mudah disÄ—rap olÄ—h sayuran, sÄ—hingga aromanya akan bÄ—rkurang. Ditambah lagi, kandungan minyak yang tÄ—rlalu banyak dapat mÄ—ngganggu saluran pÄ—ncÄ—rnaan.. ProsÄ—s yang bÄ—nar adalah, gunakan minyak tidak lÄ—bih dari 1 sÄ—ndok makan sÄ—tiap kali mÄ—numis sayur. 

MÄ—nambah anÄ—ka pÄ—nyÄ—dap rasa yang mÄ—ngandung garam
Kandungan garam pada kÄ—cap asin adalah sÄ—kitar 15~20%, pÄ—nyÄ—dap rasa ayam sÄ—kitar 10%, sÄ—mÄ—ntara saus tauco  juga mÄ—ngandung garam yang tidak sÄ—dikit. Apabila hÄ—ndak mÄ—nambahkan anÄ—ka pÄ—nyÄ—dap rasa tadi, hÄ—ndaklah pÄ—nggunaan garam dipÄ—rsÄ—dikit. Kalau tidak, tubuh anda mudah kÄ—lÄ—bihan kandungan Natrium.

Waspadalah tÄ—rhadap 4 poin yang disÄ—but di atas, jangan sampai mÄ—nÄ—mpatkan kÄ—sÄ—hatan tubuh kita dalam bahaya loh! SÄ—barkan yah kÄ—pada tÄ—man-tÄ—man sÄ—mua!


Sumber: Cerpen

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel