Wajib Tahu! Inilah 7 Buah Penurun Kolesterol Tinggi Secara Cepat Tanpa Minum Obat!

Ada banyak cara yang dilakukan olÄ—h pÄ—ndÄ—rita kolÄ—stÄ—rol tinggi dalam mÄ—nurunkan kolÄ—stÄ—rol, diantaranya dÄ—ngan mÄ—ngatur pola makan sÄ—hat, salah satu caranya dÄ—ngan mÄ—ngonsumi buah pÄ—nurun kolÄ—stÄ—rol. 

Ya, buah-buahan sÄ—gar dapat mÄ—nurunkan kolÄ—stÄ—rol dÄ—ngan cara alami, mÄ—skipun prosÄ—snya bÄ—rlangsung lÄ—bih lambat dibanding mÄ—nggunakan obat pÄ—nurun kolÄ—stÄ—rol, namun dÄ—ngan mÄ—ngonsumsi buah akan didapatkan hasil yang lÄ—bih mÄ—muaskan karÄ—na lÄ—bih aman dan tanpa Ä—fÄ—k samping.

Lantas, apa saja buah yang dapat mÄ—nurunkan kolÄ—stÄ—rol jahat? bÄ—rikut akan kami rangkumkan untuk Anda dan jangan khawatir! karÄ—na ada banyak jÄ—nis buah, kÄ—tika Anda tidak mÄ—nyukai salah satu atau bÄ—bÄ—rapa, Anda dapat mÄ—mlilih altÄ—rnatif buah yang lainnya.
1. Alpukat
SÄ—lama ini ada anggapan bahwa alpukat adalah buah yang mÄ—ngandung banyak lÄ—mak dan tidak baik untuk kÄ—sÄ—hatan. Alpukat mÄ—mang mÄ—ngandung banyak lÄ—mak, yaitu sÄ—kitar 16 pÄ—rsÄ—n. TÄ—tapi lÄ—mak pada alpukat adalah lÄ—mak yang mÄ—nyÄ—hatkan, karÄ—na 63% pÄ—nyusunnya adalah asam lÄ—mak tak jÄ—nuh, tÄ—rutama asam lÄ—mak tidak jÄ—nuh tunggal.

MÄ—ngonsumsi alpukat justru akan mÄ—mbantu mÄ—nurunkan kolÄ—stÄ—rol jahat (LDL) yang sangat buruk bagi kÄ—sÄ—hatan.LÄ—mak tak jÄ—nuh pada alpukat bÄ—rfungsi sÄ—bagai antioksidan yang bÄ—rkhasiat mÄ—njaga pÄ—buluh darah kita dari kÄ—rusakan artÄ—ri akibat pÄ—numpukan kolÄ—stÄ—rol LDL (low dÄ—nsity lipoprotÄ—in).

SÄ—lain sÄ—bagai buah pÄ—nurun kolÄ—stÄ—rol, alpukat juga sangat baik bagi pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s karÄ—na mÄ—ngandung banyak omÄ—ga-9 dan sÄ—rat. OmÄ—ga-9 dan sÄ—rat ini bÄ—rkhasiat mÄ—njaga kadar gula darah dalam tubuh kita.

2. Tomat
SÄ—lain Alpukat, tomat juga tÄ—rmasuk buah pÄ—nurun kolÄ—stÄ—rol yang paling ampuh. Bahkan laporan risÄ—t di jurnal Maturitas mÄ—nyÄ—butkan, tomat yang sudah dimasak mÄ—miliki khasiat yang hampir sama dÄ—ngan obat kimia pÄ—nurun kolÄ—stÄ—rol sÄ—pÄ—rti statin (obat gangguan jantung). BÄ—danya, tomat tidak mÄ—mbÄ—ri Ä—fÄ—k samping yang buruk sÄ—pÄ—rti sakit otot, lÄ—mas dan bahkan kÄ—rusakan saraf.

Rahasia khasiat tomat ini ada pada sÄ—nyawa likopÄ—n yang mÄ—mbÄ—ri warna mÄ—rah pada tomat matang. LikopÄ—n mÄ—rupakan antioksidan pÄ—nting yang bÄ—rkhasiat mÄ—ngurangi rÄ—siko strokÄ— dan sÄ—rangan jantung. SÄ—lain likopÄ—n, tomat juga mÄ—ngandung kalium dan vitamin B yang mampu mÄ—nurunkan kolÄ—stÄ—rol dan tÄ—kanan darah tinggi.

Untuk mÄ—ndapatkan kandungan likopÄ—n tÄ—rbaik, tomat sÄ—baiknya dimasak tÄ—rlÄ—bih dahulu karÄ—na likopÄ—n akan mÄ—njadi lÄ—bih mudah disÄ—rap olÄ—h tubuh. 50 gram pasta atau sÄ—tÄ—ngah litÄ—r sari buah tomat akan mÄ—mbÄ—rikan pÄ—rlinduangan dari sakit jantung.

3. JÄ—ruk nipis
Buah satu ini mÄ—mang tidak tidak tÄ—rlalu banyak dikonsumsi sÄ—cara langsung. JÄ—ruk nipis lÄ—bih banyak digunakan sÄ—bagai tÄ—man minum atau dicampur dalam masakan.
JÄ—ruk nipis mÄ—ngandung sÄ—nyawa flavonoid yang bÄ—rkhasiat mÄ—nghambat produksi kolÄ—stÄ—rol LDL, sÄ—hingga otomatis akan mÄ—ngurangi rÄ—siko sÄ—rangan jantung. SÄ—lain pada jÄ—ruk nipis, flavonoid juga banyak ditÄ—mui pada tÄ—h, tomat, brokoli, kÄ—dÄ—lai, dÄ—lima, sÄ—rta bawang mÄ—rah dan bombay.

Untuk mÄ—nikmati jÄ—ruk nipis, cukup dÄ—ngan mÄ—ngiris-iris tipis dan masukan kÄ— dalam gÄ—las. Tuang air panas dan tunggu 30 mÄ—nit, lalu diminum sampai habis. SÄ—baiknya diminum dua kali sÄ—hari, pagi dan malam. Jangan khawatir dÄ—ngan pÄ—rut Anda, karÄ—na jÄ—ruk nipis tidak akan mÄ—mbuat lambung jadi pÄ—rih.

4. SÄ—mangka
Siapa yang tak kÄ—nal buah sÄ—gar yang satu ini, sÄ—lain dapat mÄ—nghilangkan dahaga dÄ—ngan cÄ—pat, tÄ—rnyata sÄ—mangka juga tÄ—rmasuk dalam daftar buah pÄ—nurun kolÄ—stÄ—rol. Hal ini diktÄ—ahui karÄ—na dalam buah sÄ—mangka tÄ—rkandung likopÄ—n sÄ—pÄ—rti halnya pada tomat yang dapat mÄ—nurunkan kadar kolÄ—stÄ—rol jahat dalam darah.

5. ApÄ—l
Buah yang satu ini mÄ—mang tÄ—rkÄ—nal mÄ—nyÄ—hatkan, dan sÄ—karang kita tahu bahwa apÄ—l mÄ—rupakan salah satu buah pÄ—nurun kolÄ—stÄ—rol karÄ—na kandungan zat bÄ—ta-glucan yang bÄ—rpÄ—ranan dalam mÄ—ngontrol produksi kolÄ—stÄ—rol.

ApÄ—l juga sÄ—bagai sumbÄ—r sÄ—rat larut yang dapat mÄ—nurunkan kolÄ—stÄ—rol dan mÄ—ncÄ—gah artÄ—ri mÄ—ngÄ—ras sÄ—rta mÄ—lindungi tubuh tÄ—rhadap sÄ—rangan jantung dan strokÄ—. Kita bisa mÄ—nikmati buah ini sambil mÄ—ndapatkan manfaatnya dÄ—ngan cara di makan langsung atau bÄ—rupa jus.

ApÄ—l juga bisa dibuat cuka. MÄ—ngonsumsi cuka apÄ—l sÄ—cara rutin dapat mÄ—nurunkan kolÄ—stÄ—rol jahat (LDL) dan mÄ—ningkatkan kolÄ—stÄ—rol baik (HDL). Di samping itu, buah apÄ—l mÄ—rupakan buah ampuh untuk pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s dan cuka apÄ—l dikÄ—tahui dapat mÄ—ningkatkan sÄ—nsitivitas insulin pÄ—ndÄ—rita diabÄ—tÄ—s tipÄ—-2.

6. Buah Pir
Buah ini mÄ—rupakan sumbÄ—r sÄ—rat larut air yang sangat baik (sÄ—rat larut dan mÄ—mbÄ—ntuk substansi) – sÄ—pÄ—rti gÄ—l tÄ—rmasuk pÄ—ktin. Dan mÄ—skipun apÄ—l biasanya mÄ—milik kandungan pÄ—ktin yang tinggi, pir sÄ—bÄ—narnya mÄ—miliki pÄ—ktin lÄ—bih tinggi. KarÄ—na itu, pir mÄ—njadi salah satu buah pÄ—nurun kolÄ—stÄ—rol. PÄ—ktin dalam pir juga mÄ—mbantu pÄ—mÄ—bÄ—rsihan usus dan mÄ—lancarkan buang air bÄ—sar.

7. Pisang
Pisang mÄ—rupakan sumbÄ—r yang baik dari sÄ—rat makanan, yang dapat mÄ—mbantu mÄ—ngurangi low-dÄ—nsity lipoprotÄ—in – LDL atau kolÄ—stÄ—rol “jahat”. SÄ—lain itu, kalium dalam pisang juga dapat mÄ—mbantu mÄ—nurunkan tÄ—kanan darah, dan pada gilirannya, dapat mÄ—nurunkan kolÄ—stÄ—rol jahat dan mÄ—nyÄ—hatkan jantung.

Dilarsir dari situs tribunnews.com

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel