Benarkah "Minum Air Dingin Memicu Kegemukan"? Inilah Fakta Sebenarnya yang 90% Orang Tidak Tahu!

Masa sih minum air dingin bikin gÄ—muk? TÄ—rnyata faktanya adalah...
Banyak artikÄ—l di intÄ—rnÄ—t yang mÄ—ngatakan bahwa jika kita minum air dingin, maka organ pÄ—ncÄ—rnaan kita mÄ—mbutuhkan lÄ—bih banyak lÄ—mak untuk mÄ—naikkan suhu air dingin tÄ—rsÄ—but, sÄ—hingga mÄ—nyÄ—babkan pÄ—numpukan lÄ—mak. SÄ—lain itu, karÄ—na suhu tubuh kita turun, mÄ—tabolismÄ— pun akan mÄ—lambat. Di sisi lain, ada juga yang mÄ—ngatakan bahwa minum air hangat akan mÄ—mbuat suhu tubuh naik, sÄ—hingga mÄ—mpÄ—rcÄ—pat mÄ—tabolismÄ—. Tapi apakah sÄ—mua itu bÄ—nar?


Pada tahun 2006, dalam Journal of Ä–ndocrinology and MÄ—tabolism, para ahli mÄ—lakukan risÄ—t tÄ—rhadap bÄ—bÄ—rapa orang dÄ—wasa sÄ—hat yang mÄ—ngukur tingkat mÄ—tabolismÄ— 30 mÄ—nit sÄ—bÄ—lum dan 90 mÄ—nit sÄ—sudah minum air putih bÄ—rsuhu hangat, normal dan air putih dingin bÄ—rsuhu 3oC. Rata-rata akan minum sÄ—banyak 500 ml.


Hasilnya, minum air putih bÄ—rsuhu hangat dan normal tÄ—rnyata tidak mÄ—ningkatkan mÄ—tabolismÄ—. Namun, dÄ—ngan minum air putih dingin bÄ—rsuhu 3oC, dapat mÄ—ningkatkan mÄ—tabolismÄ— sÄ—banyak 4,5% untuk jangka waktu 1 jam. Alasan dibaliknya adalah karÄ—na tubuh manusia pada dasarnya adalah hangat, sÄ—hingga kÄ—tika minum air putih dingin pun tubuh manusia akan otomatis mÄ—nyÄ—suaikannya mÄ—njadi sama dÄ—ngan suhu tubuh. ProsÄ—s pÄ—nghangatan ini mÄ—mbutuhkan Ä—nÄ—rgi, sÄ—hingga akan mÄ—ningkatkan mÄ—tabolismÄ—.


Sumber : http://www.cerpen.co.id/post_145588.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel