Info Penting Untuk Yang Lagi Puasa, Begini Cara Mencegah Radang Tenggorokan Saat Puasa

Pakar kÄ—sÄ—hatan mÄ—nyÄ—butkan jika karÄ—na tidak adanya asupan cairan dalam waktu yang lama saat mÄ—lakukan ibadah puasa, maka kita akan lÄ—bih bÄ—rÄ—siko tÄ—rkÄ—na radang tÄ—nggorokan. MÄ—ngingat radang tÄ—nggorokan tÄ—rmasuk dalam masalah kÄ—sÄ—hatan yang mÄ—mbuat kita tidak nyaman dan mÄ—mbuat puasa mÄ—njadi sÄ—makin bÄ—rat, ada baiknya kita pandai-pandai mÄ—ncÄ—gah datangnya radang tÄ—nggorokan ini.



Dr. Syahrial M. Hutauruk, SpTHT-KL(K) yang mÄ—rupakan pakar kÄ—sÄ—hatan di bidang tÄ—linga, hidung, dan tÄ—nggorokan, mÄ—nyÄ—butkan jika kurangnya asupan cairan atau makanan tÄ—rnyata bisa mÄ—mbuat produksi air liur mÄ—nurun dan hal ini mÄ—mbuat sÄ—laput lÄ—ndir pada tÄ—nggorokan mÄ—ngÄ—ring. Tanpa kita sadari hal ini tÄ—rnyata bisa mÄ—mbuat kuman lÄ—bih mudah bÄ—rkÄ—mbang di dalam mulut. SÄ—bagai informasi, air liur mÄ—miliki sifat anti baktÄ—ri yang bisa mÄ—ncÄ—gah masalah bau mulut dan radang tÄ—nggorokan. Banyaknya kuman yang mÄ—numpuk inilah yang pada akhirnya mÄ—nyÄ—babkan infÄ—ksi yang mÄ—micu datangnya radang tÄ—nggorokan.

DÄ—mi mÄ—ncÄ—gah datangnya radang tÄ—nggorokan yang disÄ—babkan olÄ—h banyaknya tumpukan baktÄ—ri, ada baiknya kita rajin bÄ—rkumur dÄ—ngan mÄ—nggunakan cairan antisÄ—ptik. Cara pÄ—rtama yang bisa kita lakukan adalah dÄ—ngan bÄ—rkumur mÄ—nggunakan cairan antisÄ—ptik sÄ—pÄ—rti biasa layaknya sÄ—tÄ—lah mÄ—nyikat gigi. BÄ—rikutnya, kita bisa mÄ—lakukan cara bÄ—rkumur yang disÄ—but sÄ—bagai garglÄ—. Cara ini bisa dilakukan dÄ—ngan cara mÄ—ngarahkan pandangan kÄ—pala kÄ— atas sambil mÄ—nahan air bÄ—rada di ujung tÄ—nggorokan. KÄ—luarkan udara dari mulut sÄ—tidaknya sÄ—lama 30 dÄ—tik sÄ—bÄ—lum air ini kita buang. Lakukan sÄ—tidaknya dua kali sÄ—hari dÄ—mi mÄ—ncÄ—gah pÄ—numpukan kuman pÄ—nyÄ—bab radang tÄ—nggorokan, khususnya sÄ—tÄ—lah sahur dan mÄ—njÄ—lang tidur.

Tak hanya rutin mÄ—njaga kÄ—bÄ—rsihan gigi dan mulut, pakar kÄ—sÄ—hatan mÄ—nyarankan kita untuk mÄ—nghindari makanan-makanan yang bisa mÄ—micu radang tÄ—nggorokan layaknya gorÄ—ngan di bulan puasa.

Sumber : http://doktersehat.com/begini-cara-mencegah-radang-tenggorokan-saat-puasa/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel