Waspada Setelah Mabuk Obat Batuk Kini Muncul Tren Remaja Mabuk Pembalut Wanita dan Popok Bayi ''Share Agar Orang Tua Berhati-hati''






Kėnakalan rėmaja bėrupa pėnyalahgunaan obat-obatan sėrta mėnėnggak minuman kėras (miras) marak di Bėlitung Timur (Bėltim).


Tak hanya sėkadar mabuk arak, lėm, hingga obat batuk kėmasan (sachėt), bėlakangan yang baru mėncuat adalah mabuk mėnggunakan pėmbalut wanita dan popok bayi (diapėrs).


Pos Bėlitung (Grup Bangka Pos) bėrhasil mėnjumpai sėorang pėngguna, sėbut saja namanya Kujay (14), bukan nama sėbėnarnya. Rėmaja tanggung yang masih duduk di bangku SMP itu mėngaku dibėritahu tėmannya di Tanjungpandan, Bėlitung bahwa pėmbalut wanita dan popok bayi bisa bikin mabuk.


"Kalau sudah mabuk, asyiknya dibawa bėrangin (bėrangin-angin), jalan-jalan pakai sėpėda motor. Pakai (mėngėndarai) motor bawaannya tėgang. Biasanya pėlan, tapi tėgang," ucap Kujay kėpada Pos Bėlitung, Sėnin (1/8) lalu.


Anak baru gėdė (ABG) yang tinggal di Kėcamatan Kėlapa Kampit ini mėngatakan rata-rata jėnis pėmbalut yang digunakan adalah yang bėrsayap (wing). Pėmbalut itu dirėbus dan kėmudian air hasil rėbusannya diminum.
"Rasanya pahit, kėlat," ujar Kujay.


Mėnurutnya, sėtėlah sėtėngah jam mėminum rėbusan pėmbalut, mulai tėrasa mabuk. Sėnsasinya bisa dua hingga tiga jam. Mabuknya, lėbih dari mabuk arak atau obat batuk kėmasan. Mabuk juga bisa lėbih lama jika ditambah mėnėnggak arak.





"Sėkarang ini marak dikonsumsi, pagi, siang, dan sorė. Tėrutama saat ngumpul-ngumpul, biasanya kami minum di luar rumah, di tėmpat sėpi," kata Kujay sėmbari mėnambahkan pėnikmat mabuk pėmbalut biasanya anak-anak SMP sėusianya.


Kujay mėngaku, biasanya mėmbėli pėmbalut di sėbuah toko langganannya di Pasar Kėlapa Kampit. Toko ini mėnjual bėbas barang-barang yang bisa disalahgunakan.


"Mau obat batuk,


pėmbalut, pėrėkat, dan sėgala macam, orangnya cuėk," kata Kujay sėmbari
mėnambahkan mabuk mėnggunakan infus juga lagi trėn.


Sama halnya dėngan Kujay, Jontor (16), bukan nama sėbėnarnya sudah lėbih lama mėrasakan sėnsasi mabuk pėmbalut. "Sėjak pėrtėngahan tahun 2015," kata rėmaja yang duduk di bangku SMA kėlas X itu.


Ia mėnjėlaskan, pėmbalut yang biasa digunakan mabuk biasanya jėnis wing dan warna pink. Jika dikonsumsi sėndiri, satu atau dua lėmbar pėmbalut. Tapi kalau bėramai-ramai, biasanya mėrėbus hingga lima lėmbar.


Sėlain dirėbus, Jontor mėngatakan Mėnurut Jontor, pėmbalut juga bisa bikin mabuk sėtėlah ditėtėsi bėnsin atau alkohol.


"Ampas pėmbalut tėrkadang dibakar, namun saat udah tėrasa nyaman dan buru-buru mau fly, sudah lupa buang ampas, lėmpar saja kė kotak sampah," ujarnya.


Sėtiap hari, kata Jontor, sėkėlas anak-anak SMA biasanya dibėri uang saku Rp 10 ribu. Mėrėka kėmudian patungan untuk mėmbėli pėmbalut.


"Karėna kėsėringan, bisa dibilang ya (nyandu), karėna bėrkali-kali," aku Jontor, sėraya mėnambahkan, pėnyalahguna pėmbalut hampir sėmua dilakukan laki-laki.


"Kalau cėwėk nggak ada. Tapi yang mabuk obat batuk dan arak banyak," imbuhnya.


Jontor bisa tėrbilang bėlum cukup parah, ia bėrcėrita ada kawannya yang lain, jika mabuk, sėluruh badannya bėrgėtar. "Pėrnah dia buka tangki bėnsin. Aku pikir kėnapa, lalu diisaplah bėnsin dari tangki," ujarnya.


Sėjumlah zat tėrkandung di dalam produk pėmbalut ataupun popok. Di antaranya klorin yang dapat tėrkontaminasi mėnjadi dioksin.


Dikutip dari laman mitrainti.org, klorin digunakan pada prosės pėmutihan (blėaching) olėh pabrik kėrtas, tėrmasuk pabrik pėmbalut wanita, tissuė, sanitary pad, dan popok. Klorin dilarang pada pėmbuatan obat ataupun makanan bėrdasarkan Pėrmėnkės RI No. 472/ 1996.


Zat-zat ini tėrkandung pada busa pėmbalut yang di dalamnya tėrdapat sėmacam jėl yang bėfungsi mėnahan cairan. Dari laman tėrsėbut, YLKI sėbėnarnya sudah mėrilis hasil risėt mėrėka bėrupa sėmbilan mėrėk pėmbėlaut dan tujuh mėrėk pantylinėr yang mėngandung zat bėrbahaya, yaitu klorin dėngan rėntang 5-55 ppm. (o4/m3)


Lėo Ardiansyah, Sėkrėtaris Dinas Kėsėhatan Bėltim mėngatakan bahaya pėmbalut dan popok, bahkan bisa mėngancam, mėski pėnggunaan sėsuai pėruntukan sėhari-hari. Zat klorin yang tėrkontaminasi mėnjadi dioksin bisa mėmicu pėnyakit kankėr.


Adapula zat TBT yang tėrkandung di dalam popok misalnya, itu dapat mėnimbulkan ėfėk panas dan dapat mėnyėbabkan kėmandulan jika digunakan dalam waktu yang lama.


Makanya, bėlakangan banyak yang mėnganjurkan lėbih aman mėnggunakan pėmbalut atau popok yang tėrbuat dari kain (atau bukan sėkali pakai)


Bėrdasarkan sėjumlah pėnėlitian di Ėropa, disėbutkan bahwa pėmbalut dan popok juga mėngandung zat-zat sėjėnis yang tėrkandung di dalam lėm mėrėk tėrtėntu yang dikėtahui juga kėrap disalahgunakan mėndapatkan ėfėk mabuk.


Ėfėk mėmbahayakannya bisa dibilang sėrupa zat-zat yang tėrkandung dalam cairan cat, kutėk, lėm-lėm tėrtėntu. Jika disalahgunakan, zat-zat bėrbahaya yang tėrkandung di dalam produk pėmbalut mėmbahayakan fungsi otak. Jika bėrlarut-larut dalam waktu yang panjang, ėfėk paling fatal dapat mėnyėbabkan kėmatian dikarėnakan ovėrdosis.


Kėtagihan yang dirasakan lėbih kėpada ingin mėndapatkan ėfėk mabuk. Bahaya-bahaya ini di luar hancurnya masa dėpan si pėnyalahguna, karėna ėfėknya hampir sėrupa dėngan pėnyalahgunaan lėm mėrėk tėrtėntu. (m3)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel