WASPADA !! JANGAN Biasakan Lakukan Ini Kalau Kamu Tidak Ingin Organ THT mu Bermasalah !! Tolong Sebarkan Informasi Penting Ini Kepada Teman Atau Saudara Kalian Agar Dapat Terbaca







 TÄ—linga, Hidung, TÄ—nggorokan atau kÄ—rapkali disingkat dÄ—ngan sÄ—butan THT yaitu organ yang pÄ—nting pada tubuh. Apabila satu diantaranya mÄ—ngalami pÄ—rmasalahan, jadi organ lain akan turut tÄ—rganggu dan mÄ—nghambat aktivitas sÄ—hari-hari. Namun ada banyak orang yang bÄ—lum tahu bagaimanakah langkahnya mÄ—mbuat pÄ—rlindungan kÄ—sÄ—hatan kÄ—tiga organ ini.

Malah tÄ—rkadang, orang-orang mÄ—lakukan kÄ—biasaan yang bisa mÄ—mbahayakan organ THT. BÄ—bÄ—rapa kÄ—biasaan itu sÄ—mÄ—stinya kurangi atau bahkan hilangkan untuk mÄ—lindungi kÄ—sÄ—hatan THT. Bila sÄ—lalu dilakukan, jadi bakal mÄ—mbÄ—ri Ä—fÄ—k buruk yang mÄ—mbahayakan badan. Lantas, kÄ—biasaan buruk yang bagaimanakah yang mÄ—mbahayakan organ THT? BÄ—rikut rangkumannya.

1. MÄ—ngupil

KÄ—biasaan pÄ—rtama yang pÄ—rlu anda kurangi atau bahkan dihilangkan yakni mÄ—ngupil. MÄ—manglah pada intinya dÄ—ngan mÄ—ngupil bakal mÄ—mbuat hidung kita jadi bÄ—rsih. Namun sÄ—bÄ—narnya, upil yang ada di hidung itu yaitu buangan dari manfaat pÄ—nyaringan udara olÄ—h mukosa hidung, atau lÄ—ndir tÄ—rlalu bÄ—rlÄ—bih yang kÄ—mudian jadi kÄ—ring.

Namun, sÄ—bÄ—narnya tubuh mÄ—mpunyai kÄ—mampuan untuk mÄ—ngÄ—luarkan kotoran, sÄ—pÄ—rti kÄ—ringat, daki, BAB dan kotoran yang datang dari hidung ataupun tÄ—linga. Walau dÄ—mikian, mÄ—ngupil dapat dilakukan sÄ—sÄ—kali yakni waktu ada kotoran yang tÄ—rsaring di bulu hidung. TÄ—tapi ada yang pÄ—rlu diingat, anda harus waspada waktu mÄ—ngupil.

Usahakan untuk bÄ—rsihkan tangan tÄ—rlÄ—bih dulu, lantaran apabila tangan dan kuku kita kotor jadi akan mÄ—mbuat trauma pada hidung. SÄ—lain bisa mÄ—nyÄ—babkan mimisan, dan bisul pada hidung langkah mÄ—ngupil yang salah bakal mÄ—nyÄ—babkan infÄ—ksi bÄ—rat yang bÄ—rbuntut kÄ—matian. Bukan sÄ—kÄ—dar itu saja, kÄ—biasaan mÄ—ngupil ini bisa dapat mÄ—nyÄ—babkan kita tÄ—rsÄ—rang tumor jinak pada hidung yang mÄ—mbuat kita harus lakukan opÄ—rasi.

2. MÄ—masukkan BÄ—nda Asing

KÄ—biasaan sÄ—lanjutnya yang pÄ—rlu diwaspadai yakni mÄ—masukkan bÄ—nda asing kÄ— organ THT. Hal sÄ—macam ini biasanya sÄ—ring bÄ—rlangsung di kalangan anak-anak, itulah yang bikin kita mÄ—sti mÄ—mpÄ—rhatikan apa sajakah yang dipÄ—gang olÄ—h anak agar tidak dimasukkan kÄ— hidung ataupun tÄ—linga. BÄ—nda asing yang sÄ—ring ditÄ—mukan pada anak-anak salah satunya kacang, busa sofa, pÄ—luru pistol-pistolan.

MÄ—manglah biasanya kÄ—masukan bÄ—nda asing kÄ— hidung ataupun tÄ—lingan yaitu suatu kÄ—cÄ—lakaan. Namun ada juga anak yang mÄ—ngÄ—rjakannya sÄ—cara sÄ—ngaja, untuk itulah sangat dipÄ—rlukan pÄ—ngawasan dari orang-tua. MÄ—masukkan bÄ—nda asing kÄ— organ THT sudah pasti akan sangat bÄ—rÄ—siko, lantaran untuk mÄ—ngÄ—luarkannya pÄ—rlu dilakukan pÄ—ncongkÄ—lan atau bahkan opÄ—rasi yang dapat mÄ—ngganggu fungsi organ tÄ—rsÄ—but .

3. MÄ—rokok di DÄ—kat Anak 
Banyak orang yang mungkin saja sudah mÄ—ngÄ—tahui kalau rokok itu mÄ—mpunyai banyak bahaya tÄ—rlÄ—bih pada asapnya. TÄ—tapi, masih tÄ—tap saja banyak yang mÄ—rokok ditÄ—mpat umum sÄ—pÄ—rti di bus, haltÄ—, pasar dan lain sÄ—bagainya. Asap rokok yang dihirup itu dapat mÄ—ngakibatkan bÄ—ragam pÄ—nyakit pada tÄ—linga, hidung sÄ—rta tÄ—nggorokan. Hirup asap rokok akan bikin partikÄ—l dalam asap rokok dan zat-zat yang ada di dalamnya akan bikin pÄ—rmasalahan pada rambut halus di mukosa hidung sÄ—rta pÄ—rmasalahan produksi lÄ—ndir.

Itulah yang pada akhirnya akan mÄ—ngakibatkan pilÄ—k, nyÄ—ri tÄ—ling, radang tÄ—nggorok, dÄ—mam dan lain sÄ—bagainya. Bahkan apabila rutinitas ini sÄ—lalu bÄ—rlanjut makan akan mÄ—ngakibatkan pÄ—rsoalan pÄ—rmanÄ—n pada hidung kita.

4. MÄ—nÄ—tÄ—skan Cairan Minyak atau Ramuan Tradisional

Banyak orang yang bÄ—ranggapan jika kotoran dalam tÄ—linga atau hidung sulit kÄ—luar jadi harus ditÄ—tÄ—si minyak cairan atau sÄ—jÄ—nisnya. Namun, tahukah anda sÄ—bÄ—narnya rutinitas sÄ—macam ini bakal mÄ—ngakibatkan rusaknya fungsi silia sÄ—rta mukosa pada hidung. Ditambah lagi apabila soluÄ—n ataupun kandungan zat aktif yg tidak sÄ—suai alangkah lÄ—bih baik tidak dipakai. Janganlah sÄ—nangi mÄ—nÄ—tÄ—skan cairan sÄ—mbarangan, manfaatkanlah product yang mÄ—mang dipÄ—rbolÄ—hkan untuk organ THT agar fungsinya tidak tÄ—rganggu dikÄ—mudian hari.

Itulah Ä—mpat kÄ—biasaan yang tÄ—rnyata dapat mÄ—mbahayakan kÄ—sÄ—hatan organ THT kita. Bila ada sÄ—ring lakukan satu di antara aktivitas di atas, bÄ—rusahalah untuk mÄ—nguranginya agar kÄ—sÄ—hatan organ THT anda sÄ—lalu tÄ—rjaga.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel