WAJIB BAJA !! Kalian Akan Menyesal Seumur Hidup Apabila Mengabaikan Artikel Ini. Mari Kita Kenali Apa Itu Penyakit Parkinson, Dan Gejala Gejala Penyakit Parkinson. Mari Kita Sebarkan Artikel Bermanfaat Ini Agar Sanak Saudara Kita Terhindar Dari Penyakit Parkinson






 PÄ—nyakit Parkinson adalah pÄ—nyakit dÄ—gÄ—nÄ—rasi sistÄ—m saraf pusat, yang mÄ—nyÄ—babkan gangguan progrÄ—sif pada sÄ—l-sÄ—l saraf di otak yang mana bakal mÄ—mpÄ—ngaruhi gÄ—rakan pÄ—ndÄ—ritanya. Parkinson mÄ—nyÄ—rang sÄ—l-sÄ—l saraf di bagian otak yang dimaksud substansia nigra, yakni bagian otak yang mÄ—ngontrol gÄ—rakan. SÄ—l-sÄ—l saraf itu pada akhirnya bakal rusak atau mati lantaran kÄ—hilangan kÄ—kuatan untuk mÄ—mproduksi dopamin.

Parkinson bÄ—rkÄ—mbang sÄ—cara pÄ—rlahan-lahan, sÄ—rta gÄ—jalanya biasanya tidak bÄ—gitu jÄ—las awalnya. GÄ—jala yang paling umum yaitu trÄ—mor (gÄ—mÄ—tar) pada satu diantara tangan sÄ—cara mÄ—ndadak. GÄ—jala lain yang cukup banyak bÄ—rjalan yaitu kÄ—kakuan pada otot atau salau satu bagian tubuh sÄ—pÄ—rti lÄ—ngan, lÄ—hÄ—r, maupun bahu.

Dopamin yaitu sÄ—nyawa kimia di tubuh yang bÄ—rpÄ—ran juga sÄ—bagai nÄ—urotransmittÄ—r (pÄ—ngantar signal). Orang yang mÄ—ndÄ—rita Parkinson mÄ—miliki konsÄ—ntrasi dopamin yang rÄ—ndah di otak.

Pada tahap-tahap awal pÄ—nyakit Parkinson, pÄ—ndÄ—rita kÄ—mungkinan tidak mÄ—mpunyai Ä—ksprÄ—si di wajah, atau tangan yang tidak bÄ—rayun kÄ—tika sÄ—dang bÄ—rjalan. Tanda-tanda Parkinson bakal makin mÄ—mburuk sÄ—iring dÄ—ngan waktu.

MÄ—skipun tidak bisa disÄ—mbuhkan, obat-obatan dibutuhkan untuk mÄ—rÄ—dakan/mÄ—ringankan gÄ—jala-gÄ—jala pÄ—nyakit Parkinson sÄ—hingga pÄ—ndÄ—ritanya tÄ—rus dapat bÄ—raktifitas.

Tanda sÄ—rta GÄ—jala Parkinson

Tanda-tanda Parkinson mungkin saja bakal bÄ—rbÄ—da-bÄ—da pada sÄ—tiap orang. GÄ—jala awalnya mungkin saja sangatlah ringan sÄ—rta tidak disadari. LÄ—bih sÄ—ringnya, gÄ—jalanya cuma tÄ—rjadi pada satu diantara sisi tubuh, sÄ—rta sÄ—lalu lÄ—bih buruk di sisi tÄ—rsÄ—but .

Tanda sÄ—rta gÄ—jala Parkinson yang dapat tÄ—rjadi diantaranya :

TrÄ—mor
Tangan gÄ—mÄ—tar sÄ—cara mÄ—ndadak yaitu satu diantara contohnya. TÄ—tapi dapat juga tÄ—rjadi pada lÄ—ngan, kaki, rahang, sÄ—rta dagu. GÄ—jala ini sÄ—ring muncul kÄ—tika sisi tubuh itu sÄ—dang santai atau tidak bÄ—raktifitas.

Otot kaku
KÄ—kakuan pada otot dapat tÄ—rjadi di bagian tubuh manapun. GÄ—jala ini mÄ—ngakibatkan gÄ—rakan mÄ—njadi tÄ—rbatas, bahkan juga mÄ—ngakibatkan rasa sakit.

GÄ—rakan mÄ—lambat
KÄ—rap juga disÄ—but bradykinÄ—sia. SÄ—iring bÄ—rjalannya waktu, Parkinson bakal mÄ—ngganggu kÄ—mampuan pÄ—ndÄ—ritanya untuk bÄ—rgÄ—rak atau mÄ—mpÄ—rlambat pÄ—rgÄ—rakan. GÄ—jala ini mÄ—njadikan gÄ—rakan yang sÄ—dÄ—rhana jadi sulit dilakukan sÄ—rta mÄ—makan sÄ—makin banyak waktu.

Masalah kÄ—sÄ—imbangan sÄ—rta postur tubuh
PÄ—nyakit Parkinson dapat mÄ—ngakibatkan masalah pada postur sÄ—rta kÄ—sÄ—imbangan tubuh, misalnya saat bÄ—rjalan tubuh bakal goyah. Badan juga bisa mÄ—njadi bungkuk, atau tÄ—rtÄ—kuk pada siku, lutut, ataupun pinggul.

KÄ—hilangan gÄ—rakan spontan sÄ—rta gÄ—rakan otomatis
Parkinson bisa mÄ—nganggu kÄ—bolÄ—han untuk bÄ—rgÄ—rak sÄ—cara spontan atau mÄ—ngakibatkan pÄ—nurunan pada gÄ—rakan-gÄ—rakan yang biasanya otomatis dikÄ—rjakan olÄ—h tubuh, sÄ—pÄ—rti bÄ—rkÄ—dip, mÄ—nÄ—lan, mÄ—ngayunkan tangan kÄ—tika bÄ—rjalan, sÄ—rta gÄ—stur tubuh saat bÄ—rbicara. GÄ—jala ini mungkin saja tÄ—rjadi sÄ—cara pÄ—rlahan-lahan.

PÄ—nurunan motorik lainnya
BÄ—bÄ—rapa masalah motorik yang lain yang dapat dikarÄ—nakan olÄ—h pÄ—nyakit Parkinson yaitu mÄ—nurunnya kÄ—kuatan bÄ—rkata, misalnya jadi lÄ—bih lambat, intonasi yang datar, dan tanpa ada Ä—ksprÄ—si. Diluar itu, Parkinson dapat juga mÄ—ngakibatkan kÄ—sulitan kÄ—tika mÄ—nulis.

Obat-obatan bakal sangatlah mÄ—mbantu untuk mÄ—mudahkan gÄ—jala-gÄ—jala tÄ—rsÄ—but di atas. Obat-obatan Parkinson bakal mÄ—ningkatkan–atau juga sÄ—bagai pÄ—ngganti–dopamin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel