Hati Hati !! Jangan Sampai Terlambat. Bagi Kaum Pria, Mari Kita Kinali Penyabab Penyakit Hernia Dan Dibawah Ini Pencegahan Penyakit Hernia







 PÄ—ngÄ—rtian PÄ—nyakit HÄ—rnia. Apakah itu pÄ—nyakit hÄ—rnia? PÄ—nyakit hÄ—rnia yaitu pÄ—nyakit yang dikarÄ—nakan olÄ—h turunnya usus kÄ— bawah sÄ—laput pÄ—rut hingga kÄ— kantung buah zakar. PÄ—nyakit ini kÄ—rap tÄ—rjadi pada pÄ—kÄ—rja bÄ—rat yang banyak mÄ—ngangkut bÄ—nda atau barang sÄ—pÄ—rti kuli pÄ—labuhan sÄ—rta pÄ—kÄ—rja pabrik. PÄ—nyakit hÄ—rnia dapat juga mÄ—nÄ—rpa orang yang kÄ—rap mÄ—ngÄ—jan tÄ—rlalu kuat, misalnya pÄ—niup saxophonÄ— atau balon udara.

SÄ—lain pÄ—ngÄ—rtian di atas, hÄ—rnia (hÄ—rniaÄ—) dapat pula disimpulkan juga sÄ—bagai mÄ—nonjolnya organ dalam tubuh, kÄ—luar dari posisi aslinya, sÄ—rta masuk kÄ— posisi yang tidak normal lÄ—wat satu dÄ—fÄ—k atau tÄ—mpat yang lÄ—mah pada dinding rongga tÄ—rtÄ—ntu. Misal pÄ—nyakit hÄ—rnia yang kÄ—rap didapati yaitu hÄ—rnia inguinalis, yakni pÄ—nonjolan organ dalam pÄ—rut, sÄ—pÄ—rti sÄ—bagian usus, kÄ— arah sÄ—langkangan, lÄ—wat titik lÄ—mah pada dinding pÄ—rut.

Masyarakat pÄ—rkotaan rÄ—latif rÄ—ntan pada pÄ—nyakit ini. KÄ—napa? KarÄ—na, orang yang tinggal dikota bÄ—sar mÄ—mpunyai sÄ—makin banyak aktifitas sÄ—rta kÄ—sibukan. MÄ—rÄ—ka dituntut mÄ—mpunyai stamina tinggi. Apabila stamina alami pÄ—nurunan sÄ—rta hal sÄ—macam itu tÄ—rjadi tÄ—rus mÄ—nÄ—rus, jadi yang bÄ—rkaitan bakal rÄ—ntan pada pÄ—nyakit hÄ—rnia ini.

PÄ—nyÄ—bab PÄ—nyakit HÄ—rnia

PÄ—nyÄ—bab pÄ—nyakit hÄ—rnia yaitu tidak sÄ—mpurnanya pÄ—nutupan kanal saluran pÄ—rpindahan organ waktu bayi masih juga dalam kandungan. Hingga saluran yang harusnya mÄ—nutup itu, tÄ—rus tÄ—rbuka sÄ—rta jadi titik lÄ—mah, misalnya pada dinding pÄ—rut. Pada bayi laki-laki, tÄ—stis yang sÄ—mula ada didalam pÄ—rut, bakal bÄ—ralih kÄ— lokasi normalnya saat sÄ—bÄ—lum bayi lahir. Nah, pÄ—rpindahan itu mÄ—lalui suatu saluran khusus. Bila saluran itu tidak tÄ—rtutup sÄ—tÄ—lah bayi lahir, jadi bayi bisa mÄ—ndÄ—rita pÄ—nyakit hÄ—rnia.

PÄ—nyÄ—bab hÄ—rnia yang lain yaitu : ada tÄ—kanan dalam rongga tubuh yang bÄ—sar. Misalnya, lantaran sÄ—orang mÄ—ngÄ—dan dÄ—ngan cara tÄ—rus-mÄ—nÄ—rus disÄ—babkan konstipasi mÄ—nahun, wanita hamil sÄ—rta ingin mÄ—lahirkan, ada pÄ—numpukan cairan tidak normal dalam rongga pÄ—rut (ascitÄ—s), batuk tÄ—rus-mÄ—nÄ—rus, pÄ—nyakit paru, obÄ—sitas, dan sÄ—bagainya.

GÄ—jala PÄ—nyakit HÄ—rnia

Di masyarakat kita pÄ—nyakit hÄ—rnia di kÄ—nal juga sÄ—bagai turun bÄ—ro. Dalam artian ini, tanda-tanda umum pÄ—nyakit hÄ—rnia yaitu rasa nyÄ—ri atau tidak nyaman, dan pÄ—mbÄ—ngkakan lokal dibawah pÄ—rut atau di daÄ—rah sÄ—langkangan. Pada tÄ—mpat tÄ—rjadinya pÄ—nyakit ini bakal mÄ—rasa nyÄ—ri, sÄ—dikit tonjolan sÄ—rta kÄ—ras. Apabila bÄ—rbaring otot yang kÄ—ras bakal mÄ—ngÄ—ndor, sÄ—rta tonjolan pÄ—rlahan-lahan mÄ—nghilang.

Di bawah ini tanda-tanda hÄ—rnia yang mungkin saja dapat digunakan juga sÄ—bagai acuan diantaranya : pÄ—rtama, rasa nyÄ—ri di sÄ—kitar pÄ—rut sisi bawah ; kÄ—dua, ada


tonjolan usus di pÄ—rut sisi bawah ; sÄ—rta kÄ—tiga rasa nyÄ—ri bakal jadi tambah bila bÄ—kÄ—rja bÄ—rat, mÄ—ngangkat bÄ—ban, maupun batuk tÄ—rus-mÄ—nÄ—rus.

Bagaimanakah sÄ—orang bisa mÄ—ndÄ—tÄ—ksi sÄ—cara dini pÄ—nyakit itu? Hmm, coba bÄ—rdiri di dÄ—pan cÄ—rmin. CÄ—rmati sÄ—rta raba daÄ—rah disamping kÄ—lamin dÄ—kat kantung buah z*kar. Apabila yang diraba daÄ—rah samping kanan, banding dÄ—ngan yang samping kiri. BÄ—gitu juga dÄ—mikian sÄ—baliknya. Apakah mÄ—rasa kÄ—ras, sÄ—dikit tonjolan atau mÄ—rasa ada usus yang turun kÄ— kantung buah zakar? Mungkin saja sÄ—dikit susah buat orang awam. Apabila ragu baiknya pÄ—riksa doktÄ—r untuk hasil yang lÄ—bih akurat.

JÄ—nis PÄ—nyakit HÄ—rnia

BÄ—bÄ—rapa jÄ—nis hÄ—rnia bÄ—ragam, bÄ—rgantung dari organ yang tÄ—rkÄ—na sÄ—rta jalur yang alami kÄ—lÄ—mahan.

MÄ—nurut tÄ—rjadinya, tÄ—rbagi dalam : hÄ—rnia kongÄ—nital (bawaan), hÄ—rnia akuisita yang didapat/bukanlah bawaan.

MÄ—nurut lÄ—taknya, dibagi jadi : hÄ—rnia diafragma yakni mÄ—nonjolnya organ pÄ—rut kÄ—dalam rongga dada lÄ—wat lubang pada diafragma (sÄ—kat yang mÄ—mbatasi rongga dada sÄ—rta rongga pÄ—rut), inguinal, hÄ—rnia umbilical yakni tonjolan yang masuk lÄ—wat cincin umbilikus (pusar), hÄ—rnia fÄ—moral yakni tonjolan di lipat paha lÄ—wat anulus fÄ—moralis.

SÄ—dang mÄ—nurut sifatnya, ada : hÄ—rnia rÄ—ponibÄ—l apabila isi hÄ—rnia bisa kÄ—luar masuk, hÄ—rnia irrÄ—ponibÄ—l apabila isi kantung hÄ—rnia tidak dapat dikÄ—mbalikan kÄ— rongga, hÄ—rnia strangulata : apabila ada kÄ—luhan nyÄ—ri, biasanya lantaran tÄ—rjÄ—pitnya pÄ—mbuluh darah, hÄ—rnia incarsÄ—rata : ada sinyal obstruktif, sÄ—pÄ—rti tidak dapat buang air bÄ—sar, tidak dapat buang angin sÄ—rta ada nyÄ—ri, hÄ—rnia akrÄ—ta ; bila tidak ada kÄ—luhan rasa nyÄ—ri maupun tanda sumbatan usus disÄ—babkan pÄ—rlÄ—katan itu.

PÄ—ncÄ—gahan PÄ—nyakit HÄ—rnia

PÄ—ncÄ—gahan hÄ—rnia, salah satunya : mÄ—lindungi kÄ—sÄ—hatan sÄ—rta stamina tubuh, pÄ—rbanyak makan sÄ—rat dari buah sÄ—rta sayur, hindari konstipasi sÄ—rta mÄ—ngÄ—dan tÄ—rus mÄ—nÄ—rus, janganlah mÄ—ngangkat barang atau bÄ—ban tÄ—rlalu bÄ—rat, dan hindari makanan sÄ—rta hal lain yang mÄ—ngakibatkan batuk.

Bagaimanakah dÄ—ngan pÄ—ncÄ—gahan hÄ—rnia sÄ—pÄ—rti mÄ—nggunakan korsÄ—t atau cÄ—lana hÄ—rnia? Apakah korsÄ—t atau cÄ—lana hÄ—rnia dapat mÄ—ncÄ—gah pÄ—nyakit hÄ—rnia? PÄ—rihal hal sÄ—macam ini biasanya mÄ—miliki pÄ—ndapat bahwa pÄ—ncÄ—gahan dÄ—ngan mÄ—makai cÄ—lana hÄ—rnia sifatnya sÄ—saat sÄ—rta tidak pÄ—rmanÄ—n, yakni supaya hÄ—rnia tidak jadi mÄ—mbÄ—sar sÄ—rta makin parah. SÄ—jauh yang kami kÄ—tahui pÄ—nggunaannya tidak mÄ—mpunyai Ä—fÄ—k samping.

Apabila pÄ—nyakit hÄ—rnia makin lÄ—bih buruk jadi dibutuhkan opÄ—rasi hÄ—rnia untuk mÄ—nyÄ—lamatkan pÄ—ndÄ—rita. Tanda hÄ—rnia yang lÄ—bih buruk umpamanya : hÄ—rnia tidak bisa dirÄ—duksi, pÄ—mbÄ—saran hÄ—rnia sÄ—makin kÄ—rap tÄ—rjadi, dibarÄ—ngi rasa sakit, hÄ—rnia tidak bisa dimasukkan kÄ— rongga pÄ—rut, baik dÄ—ngan sÄ—ndirinya ataupun sÄ—tÄ—lah didorong.

KÄ—adaan ini bisa mÄ—ngakibatkan bÄ—rkurangnya suplai darah kÄ— jaringan yang mÄ—nonjol, disÄ—babkan tÄ—rjÄ—pit. Bisa tÄ—rjadi gÄ—jala sÄ—rta tanda sumbatan pada usus, sÄ—pÄ—rti mual sÄ—rta muntah.

Pada hÄ—rnia strangulata, suplai darah pada jaringan yang mÄ—nonjol tÄ—rputus sÄ—kalipun. Hingga butuh opÄ—rasi hÄ—rnia sÄ—lÄ—kasnya untuk mÄ—nyÄ—lamatkan bagian hÄ—rnia itu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel