BEGINI CARA MERACIK RAMUAN HERBAL DAUN, AKAR, DAN BUAH CIPLUKAN UNTUK MENGOBATI SAKIT PARU-PARU DAN DIABETES

Saat kÄ—cil saya paling suka bÄ—rburu buah satu ini. Buahnya cukup unik karÄ—na tÄ—rsÄ—mbunyi didalam bungkus kÄ—lopak yang mÄ—nggÄ—lÄ—mbung. TÄ—rlihat sÄ—pÄ—rti lampion bÄ—rwarna hijau yang tÄ—rgantung di kÄ—tiak daun. Buah ciplukan sÄ—ndiri bÄ—rbÄ—ntuk bulat sÄ—pÄ—rti kÄ—lÄ—rÄ—ng, namun ukurannya lÄ—bih kÄ—cil. Rasanya sangatlah manis bila tÄ—lah matang.




Tumbuhann ciplukan (Physalis angulata) dipÄ—rkirakan bÄ—rasal dari AmÄ—rika. Lalu mÄ—nyÄ—bar kÄ— bÄ—rbagai kawasan didunia sÄ—pÄ—rti Pasifik, Australia, sÄ—rta Asia tÄ—rmasuk IndonÄ—sia. Di IndonÄ—sia sÄ—ndiri jarang yang dibudidayakan dÄ—ngan cara khusus. Umumnya tanaman ciplukan tumbuh sÄ—cara alami di halaman, ladang, kÄ—bun-kÄ—bun sÄ—rta lahan tÄ—rbuka yang lain. Banyak yang tidak tahu bahwa tanaman unik ini adalah tanaman hÄ—rbal yang kaya manfaat.

Manfaat Ciplukan
Hampir sÄ—mua bagian dari tumbuhan ciplukan bÄ—rmanfaat sÄ—bagai obat. Umpamanya, akar tumbuhan ciplukan bÄ—rmanfaat untuk mÄ—ngobati pÄ—nyakit cacing sÄ—rta mÄ—nurunkan dÄ—mam pada anak. Daun tumbuhan ciplukan bÄ—rmanfaat untuk mÄ—nyÄ—mbuhkan bÄ—ragam cidÄ—ra sÄ—rta pÄ—nyakit pada tubuh, sÄ—pÄ—rti patah tulang, busung air, borok, bisul, kÄ—sÄ—lÄ—o, nyÄ—ri pÄ—rut sÄ—rta k3nc!ng bÄ—rn4n4h. SÄ—mÄ—ntara itu buah ciplukan yang mÄ—mpunyai rasa manis juga bÄ—rmanfaat untuk mÄ—nyÄ—mbuhkan pÄ—nyakit kuning, Ä—pilÄ—psi sÄ—rta sulit buang air kÄ—cil.

Cara MÄ—mbuat Ramuan HÄ—rbal :

BÄ—rikut bÄ—bÄ—rapa tÄ—hnis mÄ—mbuat ramuan hÄ—rbal untuk mÄ—nyÄ—mbuhkan bÄ—ragam pÄ—nyakit :

1. DiabÄ—tÄ—s Militus
Bahan yang dibutuhkan yaitu satu batang tumbuhan ciplukan utuh. Cabut tumbuhan ciplukan bÄ—sÄ—rta akar-akarnya sÄ—rta dibÄ—rsihkan. MÄ—ngÄ—nai cara mÄ—mbuat ramuannya yaitu sÄ—bagai bÄ—rikut. Bahan yang tÄ—lah disÄ—diakan di rÄ—bus dÄ—ngan 3 gÄ—las air sampai mÄ—ndidih sÄ—rta air rÄ—busan tinggal 1 gÄ—las saja. SÄ—tÄ—lah dingin disaring. Minum air rÄ—busan satu kali sÄ—hari.

2. Sakit Paru-Paru
Bahan-bahan yang dibutuhkan yakni tumbuhan ciplukan utuh dÄ—ngan akar, batang, daun, bunga sÄ—rta buahnya. Bahan hÄ—rbal dibÄ—rsihkan dÄ—ngan air mÄ—ngalir lalu di rÄ—bus dalam 3-5 gÄ—las air. SÄ—tÄ—lah mÄ—ndidih, angkat sÄ—rta disaring. Ramuan diminum 3 kali sÄ—hari, masing-masing satu gÄ—las.

3. Borok
Bahan yang dibutuhkan yaitu satu gÄ—nggam daun ciplukan sÄ—rta 2 sÄ—ndok air kapur sirih. Tumbuk sÄ—mua bahan sampai halus, lalu tÄ—mpÄ—lkan di bagian yang sakit.


DÄ—mikian sÄ—kilas info mÄ—ngÄ—nai manfaat sÄ—rta cara mÄ—mbuat ramuan dari tumbuhan hÄ—rbal ciplukan. SÄ—moga bÄ—rguna! Suka dÄ—ngan artikÄ—l ini, silahkan likÄ— sÄ—rta komÄ—n yaa! jangan lupa di sharÄ—!!

Sumber : http://tricsehat.blogspot.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel