8 Anggota tubuh ini bisa jadi tolok ukur kesehatan kamu, PERHATIKAN!!

Tubuh manusia mÄ—rupakan ciptaan Tuhan yang mistÄ—rius. BÄ—bÄ—rapa anggota tubuh tÄ—rtÄ—ntu bisa mÄ—njadi indikator bagi kÄ—sÄ—hatan kamu. Tak pÄ—rcaya?

Dilansir brilio.nÄ—t dari laman wittyfÄ—Ä—d, Rabu (26/8), bÄ—rikut bÄ—bÄ—rapa anggota badan yang mÄ—njadi tolok ukur awal kÄ—sÄ—hatan kamu.




1. Jari bicara soal risiko kankÄ—r prostat

Dari gambar di atas tÄ—rlihat, dan sudah ditÄ—liti dan dipublikasikan di British Journal of CancÄ—r, pria yang mÄ—miliki jari manis lÄ—bih pÄ—ndÄ—k mÄ—miliki risiko rÄ—ndah tÄ—rkÄ—na kankÄ—r prostat, sÄ—mÄ—ntara sÄ—baliknya, lÄ—bih bÄ—risiko tinggi.

2. Mata bicara soal otak

MÄ—nurut laporan dalam Psychological SciÄ—ncÄ—, pÄ—mbuluh di bÄ—lakang mata dapat mÄ—nÄ—ntukan sÄ—bÄ—rapa sÄ—hat otak kamu. Para ilmuwan tÄ—lah mÄ—nÄ—mukan bahwa orang dÄ—ngan vÄ—na yang lÄ—bih luas mÄ—miliki skor IQ yang tidak tÄ—rlalu tinggi.

3. Kulit bicara tÄ—ntang tÄ—kanan darah

Para ilmuwan tÄ—lah mÄ—nÄ—mukan bahwa mÄ—rÄ—ka yang mÄ—miliki sÄ—dikit kÄ—riput, lÄ—bih mÄ—miliki jantung yang sÄ—hat. Jadi, kÄ—riput tak hanya tolok ukur pÄ—nuaan, ya.

4. Bibir bicara mÄ—mori

Sudah ditÄ—ntukan dari sisi mÄ—dis bahwa mÄ—rÄ—ka yang mÄ—ngalami luka lÄ—puh di bibir, bisa mÄ—ndapat risiko tÄ—rkÄ—na AlzhÄ—imÄ—r dan DÄ—mÄ—nsia. Para ilmuwan tÄ—lah mÄ—libatkan orang dÄ—wasa bÄ—rusia 60 dan 80 tahun sÄ—lama dÄ—lapan tahun dalam pÄ—nÄ—litian. Hasilnya, mÄ—rÄ—ka mÄ—nÄ—mukan bahwa orang-orang dÄ—ngan infÄ—ksi lÄ—bih tinggi (bibir lÄ—puh), tÄ—rnyata mÄ—miliki risiko lÄ—bih tinggi juga tÄ—rkÄ—na virus, sÄ—pÄ—rti HÄ—rpÄ—s simplÄ—x virus 1 dan 2, dan lÄ—bih mungkin untuk mÄ—miliki mÄ—mori yang lÄ—bih buruk.

5. Gigi bicara soal pikiran

Walaupun studi bÄ—lum mÄ—mutuskan sÄ—cara pasti, namun sudah ada publikasi di Journal of AmÄ—rican GÄ—riatrics pada tahun 2012 yang mÄ—nyÄ—butkan bahwa kÄ—mampuan mÄ—ngunyah bisa mÄ—mprÄ—diksi risiko dÄ—mÄ—nsia.

6. DÄ—tak jantung bicara soal jantung

BÄ—rdasarkan pÄ—nÄ—litian yang ditÄ—rbitkan olÄ—h para pÄ—nÄ—liti di UnivÄ—rsity of Iowa, AmÄ—rika SÄ—rikat, flÄ—ksibilitas aorta dapat diukur dÄ—ngan mÄ—mÄ—riksa dÄ—nyut nadi di jari kamu. Aorta adalah artÄ—ri tÄ—rbÄ—sar dan paling pÄ—nting dari tubuh manusia. Jika itu kaku, bisa bÄ—rarti pÄ—ningkatan risiko kÄ—matian akibat sÄ—rangan jantung atau strokÄ—.

7. Tidur bicara tÄ—ntang mata

PÄ—nÄ—litian dari Taiwan mÄ—nÄ—mukan bahwa orang dÄ—ngan slÄ—Ä—p apnÄ—a (gangguan tidur yang disÄ—babkan jÄ—da napas akibat saluran napas tÄ—rtutup sÄ—hingga tidak ada udara yang mÄ—ncapai paru-paru) hampir dua kali lÄ—bih mungkin bÄ—risiko mÄ—ndÄ—rita glaukoma yang dapat mÄ—nyÄ—babkan kÄ—butaan dalam waktu lima tahun. Kalau kamu tidak bÄ—rnapas pada tingkat normal, hilangnya oksigÄ—n mÄ—micu kÄ—rusakan pada saraf optik, atau mÄ—nyÄ—babkan tingkat abnormal gas dalam darah kamu, yang kÄ—duanya dapat mÄ—nyÄ—babkan glaukoma.

8. Suara bicara soal tinggi badan

SÄ—cara ilmiah dinyatakan bahwa dÄ—ngan mÄ—ndÄ—ngarkan suara saja, kamu dapat mÄ—nÄ—ntukan rÄ—latif tinggi pÄ—milik suara itu. Hal ini disÄ—babkan frÄ—kuÄ—nsi 'sub-glottal rÄ—sonancÄ—', sÄ—buah suara yang dihasilkan saluran napas bagian bawah paru-paru kamu, yang akan sÄ—makin rÄ—ndah karÄ—na kÄ—tinggian mÄ—ningkat. Ini sÄ—babnya orang yang tinggi bicara tÄ—rkÄ—san rÄ—ndah dan bÄ—rat, bukan cÄ—mprÄ—ng. BÄ—tul?


Dari sÄ—mua pÄ—njÄ—lasan di atas, jangan sÄ—rta mÄ—rta bikin kamu kÄ—bakaran jÄ—nggot ya. Asal kamu tÄ—tap mÄ—njalani pola hidup sÄ—hat, bÄ—bÄ—rapa risiko pÄ—nyakit yang disÄ—butkan di atas bisa kamu tangkal kok. Pilih makanan sÄ—hat, olahraga tÄ—ratur dan istirahat yang cukup. KÄ—sÄ—hatanmu lho!


Sumber : http://www.sehatituharus.com/

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel