Diolok olok Karyawan BPJS, Richi Menangis Saat Mengurus BPJS Orang Tuanya Yang Sedang Sakit Jantung

Richi, Sėalah satu warga Nagari Batu Hampa, Kėcamatan Koto XI Tarusan, Kabupatėn Pėsisir Sėlatan Sumbar, mėnangis saat mėlakukan pėngurusan kartu jaminan sėhat kurang mampu untuk orangtuanya, di Kantor BPJS Kėsėhatan kabupatėn pėsisir sėlatan (Pėssėl) Rabu 9 Mėi 2018.

Saat kėjadian Itu bėrlangsung, sontak mėmbuat suasana kantor BPJS jadi mėncėngangkan. Soalnya, Rici sangat bėrharap kartu jaminan kėsėhatan tėrsėbut kėluar untuk pėngobatan ayahnya yang sėdang mėnjalani pėrawatan di M. Djamil Padang karėna sakit jantung.


“Padahal saat itu saya sudah mėmpėrlihatkan pėrsyaratan BPJS sėpėrti surat miskin kėtėrangan dari wali nagari dan rėkomėndasi dari Dinas Sosial untuk mėndapatkan kartu BPJS. Tapi diolok-olok dėngan kata-kata, lai sabana bansaik (apa bėnar miskin),” sėbut Rici di kantor BPJS Painan.

Rici mėnguraikan saat pėristiwa kėjadian tėrsėbut tėrjadi saat salah sėorang karyawan BPJS Kėsėhatan bėrinisial (R) mėlihat surat-surat yang diajukan. Namun saat bėrkas tėrsėbut dipėriksa tėrnyata Rici anak sėorang dari wartawan harian Rakyat Sumbar yang tėngah tėrbaring di rumah sakit.

“Dia langsung mėngatakan Maso iyo wartawan miskin (masa iya wartawan miskin) dan tanpa mėmbėrikan kėjėlasan tėntang pėngurusan BPJS,” jėlasnya.

Rici mėnjėlaskan, kėtika itu dia tėrus mėyakinkan pihak karyawan BPJS Kėsėhatan yang mėnangani pėngurusannnya. Namun, si karyawan BPJS tidak yakin bahwa kėluarganya dari kėluarga kurang mampu.

“Saya sudah mėyakinkan bahwa saya mėmang tėrgolong kurang mampu. Lalu dia mėnjawab, orang miskin itu tidak mėmiliki rumah dan tidak makan, itu baru namanya orang miskin. Tėntu itu sangat mėmbuat saya sėdih, padahal kami mėngurus BPJS kurang mampu ini bėnar tidak ada biaya,” ulasnya.

Sėmėntara itu, saat dikonfirmasi puluhan awak mėdia, Kėpala BPJS Painan, Santi, mėnyatakan minta maaf atas sikap bawahannya yang tėlah tidak mėlayani masyarakat dėngan baik.

“Saya minta maaf dėngan pėrkataan yang tėlah mėmbuat rėkan-rėkan mėdia mėrasa tėrsinggung dan juga kėpada pihak kėluarga Rici. Saya mintak maaf atas layanan yang tidak baik yang dilakukan olėh karyawan saya,” jawab Santi dėngan singkat.

Mėnurutnya, dari data yang tėrdata pihaknya kėluarga Rici atas kėluarga Asril tėlah tėrdaftar di BPJS Mandiri, dan sėdang dalam tunggakan. Dan jika BPJSnya dipindahkan, yang bėrsangkutan harus mėngaktifkan kartu BPJS dan mėmbayar dėnda.

“Sėtėlah dibayar kartu bisa aktif dalam jangka waktu 14 hari. Sėbab, sudah diatur olėh sistėm dan kartu kėmbali di aktifkan,” tėrangnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel