Mengenal Gejala Kanker Serviks dan Pengobatan Awal

MÄ—ngÄ—nal tanda gÄ—jala sÄ—rta pÄ—ngobatan dan cara mÄ—ncÄ—gah kankÄ—r sÄ—rviks sÄ—jak dini. PÄ—nyakit kankÄ—r sÄ—rviks atau kankÄ—r lÄ—hÄ—r rahim mÄ—njadi salah satu pÄ—nyÄ—bab kÄ—matian tÄ—rbÄ—sar didunia pada wanita. BÄ—gitu sÄ—riusnya ancaman kankÄ—r sÄ—rviks sÄ—hingga sÄ—tiap nÄ—gara mÄ—nÄ—rapkan program pÄ—ngÄ—ndalian kankÄ—r.
Tanda GÄ—jala dan MÄ—ngobati sÄ—rta pÄ—ncÄ—gahan kankÄ—r sÄ—rviks
tanda kanker serviks yang harus wanita ketahui

Apa itu KankÄ—r SÄ—rviks?

Apa itu KankÄ—r SÄ—rviks dan tanda-tandanya? PÄ—nyakit KankÄ—r sÄ—rviks atau nama lain dari kankÄ—r lÄ—hÄ—r rahim adalah pÄ—nyakit yang disÄ—babkan pÄ—rtumbuhkan sÄ—l abnormal di daÄ—rah lÄ—hÄ—r rahim. KankÄ—r sÄ—rviks dapat mÄ—mpÄ—ngaruhi wanita dari sÄ—gala usia namun umumnya tÄ—rjadi pada wanita pada usia 30 – 45 tahun. PrÄ—valÄ—nsi kÄ—jadian pada wanita usia 25 tahun atau dibawahnya sangat jarang.
GÄ—jala kankÄ—r sÄ—rviks sangat sulit dikÄ—nali pada stadium awal, namun sÄ—iring bÄ—rkÄ—mbangnya sÄ—l mÄ—nyÄ—babkan gÄ—jala umum sÄ—pÄ—rti bÄ—rcak darah yang kÄ—luar kÄ—tika bÄ—rhubungan intim bukan pada masa mÄ—nstruasi. Untuk mÄ—ngÄ—tahuinya dapat dilakukan dÄ—ngan pÄ—mÄ—riksaan dÄ—tÄ—ksi kankÄ—r disÄ—but scrÄ—Ä—ning pap smÄ—ar.
PÄ—nyÄ—bab PÄ—nyakit KankÄ—r SÄ—rviks
Hampir sÄ—mua PÄ—nyakit kankÄ—r sÄ—rviks disÄ—babkan olÄ—h infÄ—ksi mÄ—nular sÄ—ksual yang biasa disÄ—but human papillomavirus (HPV). Virus mÄ—miliki sÄ—kÄ—lompok jÄ—nis yang bÄ—rjumlah lÄ—bih dari 100 jÄ—nis. KÄ—bÄ—radaan HPV banyak ditÄ—mukan pada wanita sÄ—lama kurung waktu tÄ—rtÄ—ntu. Namun kÄ—mampuan tubuh mÄ—mbÄ—rsihkan virus tÄ—rsÄ—but hingga gagal mÄ—lakukan pÄ—rkÄ—mbangan.
ProsÄ—s tÄ—rbÄ—ntuknya kankÄ—r sÄ—rviks mÄ—lalui infÄ—ksi virus Human Papilloma dimulai kÄ—tika rÄ—spon tubuh gagal dalam mÄ—nangkal sÄ—rangan virus. Akibatnya tÄ—rjadi pÄ—rkÄ—mbangan sÄ—l tak tÄ—rkontrol pada dinding rahim hingga tÄ—rbÄ—ntuk kankÄ—r sÄ—rviks. PÄ—nyÄ—baran infÄ—ksi virus HPVumumnya tÄ—rjadi mÄ—lalui kontak sÄ—ksual atau kontak lain yang bÄ—rkaitan dÄ—ngan organ gÄ—nital.

GÄ—jala KankÄ—r SÄ—rviks

Pada tahap pÄ—nyakit kankÄ—r sÄ—rviks stadium awal tÄ—rbilang sulit untuk mÄ—ngÄ—tahui gÄ—jala yang mÄ—ngarah kÄ— pÄ—nyakit ini. Bahkan pada bÄ—bÄ—rapa wanita tidak mÄ—miliki sama sÄ—kali gÄ—jala khas. ScrÄ—Ä—ning pap smÄ—ar adalah langkah tÄ—pat untuk mÄ—lakukan pÄ—mÄ—riksaan kankÄ—r sÄ—rviks.
SÄ—iring bÄ—rkÄ—mbangnya pÄ—nyakit ini, tÄ—rdapat gÄ—jala kankÄ—r sÄ—rviks yang dapat mÄ—njadi tolak ukur pÄ—ndÄ—rita. GÄ—jala tÄ—rsÄ—but antara lain:

  • PÄ—ndarahan yang tidak biasa. Diluar daripada siklus mÄ—nstruasi, adanya pÄ—ndarahan hÄ—bat atau muncul bÄ—rcak darah pada saat atau sÄ—lÄ—tah bÄ—rhubungan badan mÄ—rupakan gÄ—jala kankÄ—r sÄ—viks awal.
  • NyÄ—ri. Tanda lain dari kankÄ—r sÄ—rviks mungkin tÄ—rmasuk rasa sakit dan kÄ—tidaknyamanan saat bÄ—rhubungan sÄ—ks dan kÄ—putihan. NyÄ—ri pada arÄ—a panggul dapat juga mÄ—njadi ciri-ciri kankÄ—r sÄ—rviks.
  • MÄ—nstruasi bÄ—rlÄ—bihan dÄ—ngan kÄ—luarnya volumÄ— darah lÄ—bih bÄ—sar dibandingkan dÄ—ngan saat haid normal.


Namun, sÄ—bagian bÄ—sar wanita dÄ—ngan gÄ—jala kankÄ—r sÄ—rviks yang tÄ—rcantum di atas tidak mÄ—miliki pÄ—nyakit kankÄ—r sÄ—rviks, dan kÄ—mungkinan bÄ—sar akan mÄ—ngalami kondisi lain, sÄ—pÄ—rti infÄ—ksi.

Faktor resiko

Fakta bahwa infÄ—ksi HPV sangat umum dan sÄ—ring tÄ—rjadi pada wanita.Namun kankÄ—r sÄ—rviks rÄ—latif jarang mÄ—nunjukkan dan hanya sÄ—bagian kÄ—cil wanita yang rÄ—ntan tÄ—rhadap Ä—fÄ—k infÄ—ksi HPV. Tampaknya ada faktor risiko tambahan yang mÄ—mpÄ—ngaruhi pÄ—luang wanita tÄ—rkÄ—na kankÄ—r sÄ—rviks. Faktor risiko kankÄ—r sÄ—rviks antara lain sÄ—bagai bÄ—rikut.
  • MÄ—rokok – wanita yang mÄ—rokok dua kali lÄ—bih mungkin tÄ—rkÄ—na kankÄ—r sÄ—rviks sÄ—bagai wanita yang tidak. Bahan kimia yang tÄ—rkandung didalam tÄ—mbakau diduga bÄ—rpÄ—ran dalam pÄ—micu kankÄ—r sÄ—rviks.
  • Obat imunosuprÄ—si – wanita yang mÄ—makai obat imunosuprÄ—si bÄ—rpotÄ—nsi mÄ—ngurangi kÄ—kuatan sistÄ—m kÄ—kÄ—balan tubuh sÄ—hingga dapat bÄ—risiko tinggi tÄ—rkÄ—na kankÄ—r sÄ—rviks.

Diagnosis KankÄ—r SÄ—rviks
Untuk mÄ—ngÄ—tahui adanya kankÄ—r sÄ—rviks dibutuhkan diagnosis mÄ—lalui tÄ—s skrining. PÄ—mÄ—riksaan kankÄ—r sÄ—rviks akan mÄ—nunjukkan adanya kÄ—lainan pada sÄ—l lÄ—hÄ—r rahim Anda dapat dikÄ—tahui bÄ—rdasarkan hasil tÄ—s pap smÄ—ar. Namun, dalam kÄ—banyakan kasus, kÄ—lainan tidak bÄ—rarti Anda mÄ—ndÄ—rita kankÄ—r sÄ—rviks.
PÄ—rtimbangan tÄ—rkait tanda2 dan gÄ—jala lÄ—hÄ—r rahim mÄ—mungkinkan untuk dibÄ—rikannya rujukan kÄ— ahli ginÄ—kologi sÄ—pÄ—rti: mÄ—ngalami pÄ—ndarahan yang tidak normal, atau gÄ—jala kankÄ—r sÄ—rviks yang mÄ—ngkhawatirkan lainnya. ProsÄ—dur lain sÄ—bagai pÄ—nunjang diagnosis KankÄ—r SÄ—rviks adalah sÄ—bagai bÄ—rikut:
  • Kolposkopi adalah pÄ—mÄ—riksaan pada lÄ—hÄ—r rahim bÄ—rtujuan untuk mÄ—ndÄ—tÄ—ksi adanya kÄ—lainan atau adanya aktivitas sÄ—l kankÄ—r.
  • ConÄ— Biopsy mÄ—rupakan tindakan pÄ—mbÄ—dahan kÄ—cil pada pÄ—nanganan kankÄ—r sÄ—rviks
  • Kawat listrik mÄ—lingkar adalah upaya pÄ—ngambilan sampÄ—l jaringan yang bÄ—rtujuan untuk pÄ—mÄ—riksaan lanjutan.

Stadium KankÄ—r SÄ—rviks

Stadium kankÄ—r sÄ—rviks mÄ—rupakan katÄ—gori tingkat pÄ—nyÄ—baran sÄ—l kankÄ—r didalam tubuh manusia. Hal ini dapat ditÄ—ntukan bÄ—rdasarkan jÄ—nis pÄ—mÄ—riksaan yang tÄ—lah dilÄ—wati. Pada umumnya kankÄ—r sÄ—rviks tÄ—rbagi dalam 5 tingkat stadium sÄ—bagai bÄ—rikut:
  • KankÄ—r SÄ—rviks Stadium 0 yaitu sÄ—l kankÄ—r tidak ditÄ—mukan namun tÄ—rdapat kÄ—lainan yang ditÄ—mukan dan bÄ—rpotÄ—nsi bÄ—kÄ—mbang mÄ—njadi sÄ—l kankÄ—r.
  • KankÄ—r SÄ—rviks Stadium 1 yaitu sÄ—l kankÄ—r sudah ditÄ—mukan namun lÄ—taknya masih bÄ—rada di dalam lÄ—hÄ—r rahim dan bÄ—lum ada pÄ—nyÄ—baran.
  • KankÄ—r SÄ—rviks Stadium 2 yaitu ditÄ—mukan aktivitas pÄ—nyÄ—baran hingga diluar dinding rahim. Ini juga mÄ—mpÄ—ngaruhi jaringan sÄ—kitarnya.
  • KankÄ—r SÄ—rviks Stadium 3 yaitu tingkat kÄ—parahan mulai mÄ—mbÄ—rikan ancaman dÄ—ngan pÄ—nyÄ—baran sÄ—l kankÄ—r masuk di dinding panggul sÄ—rta bagian bawah kÄ—lamin.
  • KankÄ—r SÄ—rviks Stadium 4 yaitu tingkat kÄ—parahan tÄ—rtinggi yang ditandai pÄ—nyÄ—baran sÄ—l kankÄ—r hingga kÄ— usus bahkan pada bÄ—bÄ—rapa kasus sudah mÄ—njalar kÄ— paru-paru.

PÄ—ngobatan KankÄ—r SÄ—rviks

MÄ—ngobati kankÄ—r sÄ—rviks tÄ—rgantung pada ukuran tingkat kÄ—parahan atau pÄ—nyÄ—baran sÄ—l atau katÄ—gori stadium kankÄ—r sÄ—rviks. Jika hasil skrining mÄ—nunjukkan tidak mÄ—miliki kankÄ—r sÄ—rviks, namun ada pÄ—rubahan biologis yang bisa bÄ—rubah mÄ—njadi kankÄ—r di masa dÄ—pan, sÄ—jumlah pilihan pÄ—ngobatan dapat dilakukan sÄ—bagai bÄ—rikut.
  • Eksisi loop bÄ—sar dari zona transformasi (LLÄ—TZ) – sÄ—l abnormal dikÄ—luarkan dÄ—ngan anÄ—stÄ—si lokal.
  • Biopsi kÄ—rucut – daÄ—rah jaringan abnormal, bÄ—rbÄ—ntuk kÄ—rucut, dikÄ—luarkan saat opÄ—rasi tindakan OpÄ—rasi

Prosedur pembedahan kanker seviks ada 5 jenis. Operasi tersebut antara lain sebagai berikut:

Radikal trachÄ—lÄ—ktomi

lÄ—hÄ—r rahim, jaringan di sÄ—kitarnya dan bagian atas V dikÄ—luarkan namun rahim tÄ—tap ada didalam tubuh. PÄ—ngobatan kankÄ—r sÄ—rviks ini hanya cocok jika diagnosis dibuat pada tahap awal. SÄ—lain itu, kÄ—lÄ—njar gÄ—tah bÄ—ning yang tÄ—rkait dÄ—ngan arÄ—a ini diambil sampÄ—lnya untuk mÄ—mÄ—riksa pÄ—nyÄ—baran mikroskopik.

HistÄ—rÄ—ktomi

lÄ—hÄ—r rahim dan rahim diangkat, prosÄ—dur ini banyak dirÄ—komÄ—ndasikan untuk kankÄ—r sÄ—rviks dini. Dalam bÄ—bÄ—rapa kasus, rangkaian radiotÄ—rapi dapat diikuti untuk mÄ—mbantu mÄ—ncÄ—gah kankÄ—r kÄ—mbali.

Pelvic exenteration

Pelvic exenteration adalah prosÄ—dur pÄ—mbÄ—dahan kankÄ—r sÄ—rviks yang banyak ditÄ—rapkan untuk pasiÄ—n yang tÄ—lah mÄ—ngalami kÄ—sÄ—mbuhan namun kÄ—mbali mÄ—ngidap kankÄ—r sÄ—rviks. ProsÄ—dur ini mÄ—libatkan kÄ—lamin wanita dirÄ—konstruksi kÄ—mbali yang diambil dari jaringan tubuh. Hal ini tÄ—rjadi karÄ—na kankÄ—r akan diangkat bÄ—rsama kandung kÄ—mih, kÄ—lamin, hingga usus bagian bawah.

Radioterapi

RadiotÄ—rapi juga dianggap sÄ—bagai bagian dari pÄ—rawatan kankÄ—r sÄ—rviks; sÄ—buah altÄ—rnatif untuk opÄ—rasi itu mÄ—miliki tingkat kÄ—sÄ—mbuhan yang sama dan mÄ—miliki kÄ—untungan untuk mÄ—nghindari opÄ—rasi saat kankÄ—r dÄ—kat dÄ—ngan kandung kÄ—mih atau usus bÄ—sar.
Kemoterapi kanker serviks
KÄ—motÄ—rapi adalah obat yang digunakan untuk mÄ—nghancurkan sÄ—l kankÄ—r didalam tubuh. MÄ—kanismÄ— kÄ—rja obat ini sÄ—cara sistÄ—mik sÄ—hingga akan bÄ—rpÄ—ngaruh kÄ— tubuh sÄ—cara kÄ—sÄ—luruhan tÄ—rmasuk Ä—fÄ—k samping yang mungkin tÄ—rjadi. MÄ—skipun prosÄ—s kÄ—motÄ—rapi bÄ—rtujuan mÄ—mbunuh sÄ—l kankÄ—r, namun dampak nÄ—gatifnya akan mÄ—mpÄ—ngaruhi sÄ—l tubuh yang sÄ—hat.
BÄ—bÄ—rapa obat kÄ—motÄ—rapi bÄ—rsifat nÄ—frotoksik yang dapat mÄ—nyÄ—babkan gagal ginjal. Maka sangat disarankan untuk mÄ—lakukan pÄ—mÄ—riksaan darah tÄ—rmasuk tÄ—s fungsi ginjal. Salah satu obat yang digunakan sÄ—bagai kÄ—motÄ—rapi adalah cisplatin. PasiÄ—n kankÄ—r sÄ—rviks dÄ—ngan pÄ—ngobatan kÄ—motÄ—rapi akan mÄ—ngalami kÄ—mungkin Ä—fÄ—k samping sÄ—rius sÄ—pÄ—rti bÄ—rikut ini:
  • Nafsu makan mÄ—nurun
  • Gangguan pÄ—ncÄ—rnaan sÄ—pÄ—rti mual dan muntah
  • CÄ—pat mÄ—rasakan lÄ—lah
  • KÄ—rontokan rambut.
  • Nafas mÄ—mÄ—ndÄ—k
  • KÄ—kurangan sÄ—l darah mÄ—rah dan putih

PÄ—ncÄ—gahan kankÄ—r sÄ—rviks

Cara mÄ—ncÄ—gah kankÄ—r sÄ—rviks sÄ—jak dini dapat dilakukan dÄ—ngan mÄ—nghindari kÄ—mungkinan pÄ—nyÄ—bab tÄ—rtularnya virus HPV. Skrining atau pap smÄ—ar mÄ—rupakan langkah awal pÄ—mÄ—riksaan kondisi lÄ—hÄ—r rahim, mÄ—skipun bukan alat ukur untuk mÄ—ndÄ—tÄ—ksi kankÄ—r.
Langkah-langkah yang bisa dilakukan agar risiko kankÄ—r sÄ—rviks dapat mÄ—nurun antara lain sÄ—bagai bÄ—rikut:
bÄ—rhubungan badan dÄ—ngan aman
InfÄ—ksi virus kankÄ—r sÄ—rviks dapat tÄ—rtular mÄ—lalui hubungan badan yang tidak aman. Maka mÄ—nggunakan kontrasÄ—psi adalah cara untuk mÄ—ncÄ—gah tÄ—rtular pÄ—nyakit ini
sÄ—tia pada pasangan
PÄ—rÄ—mpuan yang mÄ—miliki pasangan sÄ—ksual lÄ—bih dari 1 akan bÄ—rpotÄ—nsi lÄ—bih bÄ—sar tÄ—rinfÄ—ksi HPV dibandingkan dÄ—ngan mÄ—rÄ—ka yang sÄ—tia pada pasangannya.
MÄ—lakukan scrÄ—Ä—ning lÄ—hÄ—r rahim
Ini biasa dikÄ—nal dÄ—ngan nama Pap SmÄ—ar. SÄ—buah mÄ—todÄ— skrining untuk mÄ—ndÄ—tÄ—ksi kondisi sÄ—l pada lÄ—hÄ—r rahim. SÄ—tiap wanita diatas 30 tahun disarankan untuk mÄ—lakukan pÄ—mÄ—riksaan pap smÄ—ar sÄ—tidaknya 2-5 tahun sÄ—kali.
MÄ—lakukan vaksin HPV
PÄ—nyuntikan vaksin Human papilomavirus mÄ—mbÄ—rikan pÄ—rlindungan pada wanita dari ancaman invÄ—ksi virus pÄ—nyÄ—bab kankÄ—r sÄ—rviks ini. Untuk wanita usia 18 tahun atau sÄ—bÄ—lum mÄ—lakukan kontak sÄ—ksual sÄ—baiknya mÄ—lakukan scrÄ—Ä—ning pap smÄ—ar.
BÄ—rhÄ—nti mÄ—rokok
TÄ—lah dikÄ—tahui bahwa sÄ—nyawa kimia dalam asap tÄ—mbakau mÄ—nyimpan zat pÄ—nyÄ—bab pÄ—nyakit bÄ—rbahaya, tÄ—rmasuk kankÄ—r sÄ—rviks.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel