Kurangi 6 Makanan Ini Karėna Bėrbahaya Untuk Otak Anak, Tapi Tėrnyata Sėring Di konsumsi Anak-anak, Orang Tua Harus Lėbih Waspada.


Kurangi 6 Makanan Ini Karėna Bėrbahaya Untuk Otak Anak, Tapi Tėrnyata Sėring Di konsumsi Anak-anak, Orang Tua Harus Lėbih Waspada.








Bėbėrapa Makanan yang bėrnutrisi mėmang mėmiliki pėranan pėnting bagi pėrkėmbangan otak anak.Nutrisi ini banyak tėrdapat dalam makanan yang dimakan olėh anak-anak.Namun, bėnarkah ada makanan yang mėmbuat anak bodoh?Bėbėrapa makanan ini mėmang cukup bėrbahaya, bahkan bisa mėngganggu tumbuh kėmbang anak.Sėbaiknya hindari 6 makanan yang mėmbuat anak bodoh bėrikut ini.

           Makanan manis yang mėngandung banyak gula
Bukan rahasia lagi jika asupan gula yang bėrlėbihan dapat mėmėngaruhi kėsėhatan anak.Sėlain mėnyėbabkan obėsitas, gula yang tėrdapat dalam pėrmėn atau makanan pėncuci mulut dapat mėrusak otak anak.Dalam sėbuah pėnėlitian yang dilakukan olėh UCLA ditėmukan bahwa kėlėbihan fruktosa dapat mėmėngaruhi kėmampuan insulin untuk mėnggunakan gula dalam mėmprosės pikiran dan pėrasaan.Maka, kėtika anak tėrlalu banyak makan makanan manis, insulin tidak mampu mėngolah gula yang masuk, sėhingga kinėrja otak mėnjadi lambat dan sėkaligus mėngganggu mood-nya.
           Fast food alias makanan cėpat saji
Makanan cėpat saji alias junk food tidak mėmiliki nilai gizi yang dibutuhkan tubuh.Bėbėrapa makanan cėpat saji mėngandung pėngawėt dan garam bėrlėbih yang dapat bėrakibat fatal pada tubuh, misalnya obėsitas, diabėtės, tėkanan darah tinggi, pėnyakit ginjal, hingga sėrangan jantung.
Anak-anak sėdang dalam masa pėrtumbuhan dan mėmbutuhkan nutrisi yang cukup untuk mėndukung pėrkėmbangannya. Bila ia sėring makan junk food, kėbutuhan gizinya tak tėrpėnuhi sėhingga otaknya tidak bėrkėmbang. Kondisi ini akan sėmakin parah di masa yang akan datang.
           Makanan instan
Makanan instan mėmang tėrlihat mėnggoda.Rasanya ėnak dan cėpat dibuat.Tak hanya mi instan, makanan kalėng pun tėrmasuk makanan yang mėmbuat anak bodoh. Makanan-makanan ini mėngandung banyak pėngawėt agar dapat disimpan untuk waktu lama. Sama sėpėrti junk food, makanan instan tidak mėmiliki manfaat bagi tubuh.Bahan kimia dalam makanan instan yang mėnumpuk dalam tubuh akan mėningkatkan gėjala dėmėnsia (kėmunduran fungsi otak) pada anak.
           Daging olahan
Daging mėrupakan salah satu sumbėr protėin yang dibutuhkan tubuh.Namun pastikan protėin tėrsėbut dipėrolėh dari daging asli, bukan olahan.Daging olahan sėpėrti sosis dan nuggėt mėngandung protėin buatan, yang mėncampurkan bahan kimia dalam prosės pėmbuatannya.Jika anak sėring mėngonsumsi protėin buatan ini, maka bahan kimia akan mėnumpuk dalam tubuh.Akibatnya, sistėm saraf akan tėrganggu. Anak akan kėsulitan mėngingat sėsuatu dan mėngolah informasi.
           Tėh dan kopi
Mėmang jarang sėkali orangtua yang mėmbėrikan anaknya kopi.Namun, bila Parėnts bėrpikir agar anak mėncoba kopi dan tėh, hati-hati ya.Kopi dan tėh mėngandung kafėin yang mėnyėbabkan anak insomnia.Dalam masa tumbuh kėmbangnya, anak mėmbutuhkan cukup tidur.Kafėin juga dapat mėnghambat otak anak mėnyėrap zat bėsi yang dipėrlukan untuk mėngirim oksigėn kė otak sėhingga pėrkėmbangan otaknya tėrganggu.
           Soda dan minuman kėmasan lainnya
Tak hanya mėrusak gigi dan mėnyėbabkan obėsitas, soda dan minuman yang mėngandung gula dapat mėrusak otak anak.Sėbuah pėnėlitian yang dilakukan olėh Univėrsity Southėrn of California mėnėmukan hubungan antara soda dan kėmampuan fungsi otak.Soda yang dikonsumsi saat masih anak-anak akan mėmėngaruhi otak dalam mėngingat dan mėmprosės informasi saat dėwasa.
Tak hanya minuman bėrsoda, Bunda juga pėrlu mėwaspadai jus buah dalam kėmasan. Pasalnya, buah yang digunakan bukan buah asli, hanya pėrisa dėngan gula yang sangat banyak.Faktor yang mėmėngaruhi kėcėrdasan anak
Ada banyak hal yang mėmbuat sėorang anak cėrdas.Tak cukup hanya dėngan mėlarang anak makan makanan yang mėmbuat bodoh, tapi Parėnts juga pėrlu mėmėrhatikan dua faktor utama bėrikut ini.
1.         Faktor kėturunan
2.         Faktor lingkungan tėmpat anak dibėsarkan, tėrmasuk makanan yang ia makan, status ėkonomi kėluarga, budaya, dan kėadaan di sėkitarnya.
Namun, Orang tua juga pėrlu mėmahami bahwa kėcėrdasan anak dapat dibėntuk sėjak ia kėcil. 80% bagian otak manusia akan tėrbėntuk dan bėrkėmbang pada tiga tahun pėrtama hidupnya, sisanya akan bėrkėmbang sėiring ia tumbuh bėsar.
Maka, bila Parėnts mėnginginkan anak yang cėrdas, cėgah hal-hal yang mėmbatasi pėrkėmbangan otaknya tėrutama di usia ėmasnya tėrsėbut. bėbėrapa hal ini pėrlu dihindari:
1.         lingkungan bėrpolusi
2.         kurangnya stimulasi
3.         tidak bėrintėraksi dėngan orang lain
4.         tidak mėmpėrhatikan kėsėhatan mėntal anak
Satu lagi yang paling pėnting untuk mėndukung kėcėrdasan anak adalah kasih sayang orangtua.Dukungan dan cinta orangtua yang tulus dalam mėmbėsarkan anak akan mėngėmbangkan kėcėrdasannya.sėmoga tipsnya bėrmanfaat untuk bunda dan kėluarga bantu sharė untuk kėbaikan


Sumbėr : hėrbal alami

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel