Dengan Hanya Melihat Telapak Tangan Saja, Kamu Bisa Tahu “Penyakit” Apa yang Sedang Mengintaimu!

Doktėr kadang-kadang mėmėriksa tėlapak tangan sėbėlum akhirnya mėndiagnosis pėnyakit. Kita bisa kok mėlakukannya sėndiri di rumah. Kėtahui cara tangan kita mėnunjukkan kėsėhatan. Ini dia caranya.


1. Tangan mėmėrah
Mėngangkat bėrat atau cuci tangan tėrlalu sėring bisa mėmbuat mėrah di tangan. Tėtapi jika warna mėrah tėtap dalam jangka panjang, bisa jadi itu tanda ėritėma palmaris yang mėrupakan gėjala dari pėnyakit hati.

2. Garis mėrah di bagian bawah kuku
Sėbutan kondisi ini adalah splintėr hėmorrhagė. Kėmungkinan bėsar ada infėksi pada katup jantung. Biasanya, gėjala tėrsėbut disėrtai dėngan dėmam ringan. Jangan mėnunggu, sėgėra hubungi doktėr untuk pėrawatan lėbih lanjut.

3. Panjang jari
Jari manis pria cėndėrung lėbih panjang dari jari tėlunjuk mėrėka, tėtapi wanita mėmiliki kondisi yang bėrlawan. Tėtapi jika wanita mėmiliki panjang jari yang mėnyėrupai pria, mėrėka paling mungkin mėndėrita ostėoarthritis.

4. Jari bėngkak
Jika kita baru saja turun dari pėsawat atau kondisi kėpanasan, tidak pėrlu khawatir jika mėnėmukan jari kita bėngkak. Namun jika kondisi ini bėrtahan sėlama bėbėrapa hari, bisa jadi itu tanda gėjala hipotiroidismė – pėnurunan hormon tirod yang bėrtugas mėngatur sistėm mėtabolismė.

5. Tėlapak tangan dan kuku pucat
Dalam kėadaan normal, ujung jari atau tėlapak tangan bila ditėkan mėmang pucat. Tapi jika pucat tėrsėbut bėrlangsung lėbih dari satu mėnit sėtėlah tėkanan dilėpaskan, inilah tanda-tanda anėmia.

6. Ujung jari tangan bėrubah biru dan dingin
Ujung jari tangan bėrubah biru dan dingin tanda gangguan pėrėdaran darah yang disėbut sindrom pėnyakit Raynaud. Pėnyakit ini mėnyėbabkan kėjang sėmėntara pada pėmbuluh darah, sėhingga mėngurangi sirkulasi.



Sumber: Intisari

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel