Astagfirullah, Ngėri.. Ada “Kabar dari Nėraka!” Naudzubillah, Sėmoga Kita Sėmua Tėrhindar Dari Siksa Nėraka, Aamiin

Astagfirullah, Ngėri.. Ada “Kabar dari Nėraka!” Naudzubillah, Sėmoga Kita Sėmua Tėrhindar Dari Siksa Nėraka, Aamiin

Assalamualaikum sahabat, dibaca & di sharė ya..

RĖNUNGAN… KABAR DARI NĖRAKA..

ﺑِﺴْــــــــــــــــــﻢِﺍﷲِﺍﻝﺭَّﺣْﻤَﻦِﺍﺍﺭَّﺣِﻴﻢ.

Dari Hadits Qudsi:

Bagaimana kamu masih bolėh mėlakukan maksiat sėdangkan kamu tak dapat bėrtahan dėngan panasnya tėrik matahari-Ku.


Tahukah kamu bahawa nėraka jahanam-Ku itu:

1. Nėraka Jahanam itu mėmpunyai 7 tingkat

2. Sėtiap tingkat mėmpunyai 70,000 daėrah

3. Sėtiap daėrah mėmpunyai 70,000 kampung

4. Sėtiap kampung mėmpunyai 70,000 rumah

5. Sėtiap rumah mėmpunyai 70,000 bilik

6. Sėtiap bilik mėmpunyai 70,000 kotak

7. Sėtiap kotak mėmpunyai 70,000 batang pokok zarqum

8. Di bawah sėtiap pokok zarqum mėmpunyai 70,000 ėkor ular

9. Di dalam mulut sėtiap ular yang panjang 70 hasta mėngandungi lautan racun yang hitam pėkat.

10. Juga di bawah sėtiap pokok zarqum mėmpunyai 70,000 rantai

11. Sėtiap rantai disėrėt olėh 70,000 malaikat

PĖMANDANGAN LAIN DI JAHANNAM

A. Di Jahannam tėrdapat sėbuah gunung api Shu’uda yang Allah mėmėrintahkan orang kafir (Al-Walid bin Mughirah) untuk mėndakinya. (Lihat QS. Al-Muddatstsir: 17). Mėnurut riwayat Imam Ahmad, sėtiap kali dia mėlėtakkan tangannya di atas gunung tėrsėbut, maka tangannya langsung mėlėlėh. Dan kėtika diangkat kėmbali sėpėrti sėmula. Dia akan mėnghabiskan waktu sėlama 70 tahun untuk mėndakinya, dan mėnuruninya sėlama 70 tahun juga.

B. Di Jahannam juga tėrdapat lėmbah Al-Ghayy, yaitu lėmbah di dasar Jahannam yang dialiri nanah bėrcampur darah dari para pėnghuni nėraka. Lėmbah ini disėdiakan Allah kėpada mėrėka yang mėrėmėhkan shalat dan mėngikuti syahwatnya. (Lihat QS. Maryam: 59).

C. Juga lėmbah Atsam yang bėrisi ular dan kalajėngking, adzab di dalamnya bėrlipat-lipat. Lėmbah ini dipėruntukkan bagi mėrėka yang bėrbuat syirik, bėrzina dan mėmbunuh jiwa tanpa hak. (Lihat QS. Al-Furqan: 68).

D. Ada juga lėmbah Maubiqa yang bėrisi nanah di dalam nėraka Jahannam. Allah mėnyiapkannya untuk para pėnyėmbah bėrhala. (Lihat QS. Al-Kahfi: 51-52).

Ė. Ada juga sėbuah rumah bėrnama Al-Falaq, Ibnu Rajab mėngatakan jika pintunya dibuka, maka sėluruh pėnduduk nėraka akan mėnjėrit karėna tidak mampu mėnahan panasnya. Wallahu a’lam.

F. Di Jahannam juga tėrdapat pėnjara Bulas dimana orang-orang yang mėnyombongkan diri akan digiring sėpėrti sėmut-sėmut kėcil bėrbėntuk manusia, mėrėka disėlimuti dėngan kobaran api dan tėrbėnam dalam kėringat dan nanah yang bėrcampur darah pėnduduk nėraka. (HR. Ahmad, hasan)

G. Bėlėnggu Jahannam. Di dalam Jahannam ada tiga bėlėnggu; Al-Aghlal, yaitu bėlėnggu dari bėsi mėmbara yang dipasang dilėhėr pėnduduk nėraka. (QS.Saba : 33), Al-Ashfad, yaitu tali api yang sangat kuat sėhingga mėmbuat sėsėorang tak bėrdaya. (QS.Ibrahim : 49) dan As-Salasil, yaitu rantai bėsi yang panjangnya 70 hasta. (QS. Al-Haqqah: 32)

H. Cambuk Jahannam. Allah bėrfirman: “Dan untuk mėrėka cambuk-cambuk dari bėsi.” (QS. Al-Hajj: 21)

PARA PĖNJAGA NĖRAKA

Allah mėnggambarkan tėntang karaktėr malaikat pėnjaga nėraka, mėrėka adalah makhluk yang sangat kėras dan kasar.

Allah bėrfirman: “Hai orang-orang yang bėriman, pėliharalah dirimu dan kėluargamu dari api nėraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu; pėnjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang kėras, yang tidak mėndurhakai Allah tėrhadap apa yang dipėrintahkan-Nya kėpada mėrėka dan sėlalu mėngėrjakan apa yang dipėrintahkan.” (QS. At-Tahrim: 6).

MAKANAN DAN MINUMAN DI NĖRAKA

A. Pohon Zaqqum, mayangnya sėpėrti kėpala syėtan, tumbuh di bawah dasar nėraka Jahim, sėtiap yang mėmakannya, maka ususnya akan tėrburai. (QS. Ash-Shaffat: 62-68).

B. Pohon Dhari, yaitu pohon duri yang sangat kėras, tidak dapat mėnggėmukkan dan tidak mėnghilangkan lapar, karėna ia mėnyumbat tėnggorokan, tidak kėluar dan tidak juga masuk kė dalam pėrut, dėmikian mėnurut Ibnu Abbas. (QS. Al-Ghasiyah: 6).

C. Ghislin, yaitu nanah bėrcampur darah yang kėluar dari tubuh pėnduduk nėraka. (QS. Al-Haqqah: 35-37).

D. Al-Hamim, yaitu air yang sangat panas yang akan disuguhkan dėngan bėsi panas yang ujungnya dibėngkokkan. (QS. An-Naba’: 24-25).

Ė. Al-Ghassaq, air yang sangat dingin. Mėnurut Ibnu Umar ia adalah nanah kėntal yang jika sėtėtėsnya ditumpahkan di barat bumi, niscaya pėnduduk timur akan mėncium baunya yang sangat busuk.

F. Ash-Shadid, (QS. Ibrahim: 16), yaitu air nanah bėrcampur darah. Ibnu Rajab bėrkata, air shadid akan mėmbuat wajah mėrėka hangus, sėkaligus mėmbuat sėluruh kulit kėpala dan rambutnya mėngėlupas.

PINTU-PINTU NĖRAKA

Jahannam mėmiliki 7 pintu yang tiap-tiap pintu tėlah ditėtapkan golongan yang akan mėmasukinya.
Allah bėrfirman: “Dan sėsungguhnya Jahannam itu bėnar-bėnar tėmpat yang tėlah diancamkan kėpada mėrėka (pėngikut-pėngikut syaitan) sėmuanya. Jahannam itu mėmpunyai tujuh pintu. Tiap-tiap pintu (tėlah ditėtapkan) untuk golongan yang tėrtėntu dari mėrėka.” (QS. Al-Hijr: 43-44).

Ibnu Juraij bėrkata tėntang ayat tėrsėbut: “Yang pėrtama adalah Jahannam, kėmudian nėraka Ladza, nėraka Huthamah, nėraka Sa’ir, nėraka Saqar, Jahim dan Hawiyah”.

Pintu-pintu nėraka tėrtutup rapat, sėbagaimana firman Allah:

Sėsungguhnya api itu ditutup rapat atas mėrėka.” (QS. Al-Humazah: 8).

Mėrėka bėrada di dalam nėraka yang ditutup rapat.” (QS. Al-Balad: 20).

Ibnu Rajab bėrkata: “Pintu-pintu nėraka akan sėlalu tėrtutup sėbėlum dimasuki olėh pėnghuninya nanti pada hari kiamat. Hal ini sėbagaimana yang disėbutkan dalam Al-Qur’an: “Orang-orang kafir dibawa kė nėraka Jahannam bėrombong-rombongan. Sėhingga apabila mėrėka sampai kė nėraka itu dibukakanlah pintu-pintunya.” (QS. Az-Zumar: 71).

GAUNG KĖGĖRAMAN SUARA NĖRAKA

Orang-orang kafir dapat mėndėngar raungan suara nėraka yang pėnuh dėngan kėgėraman dari jarak yang jauh.
Allah bėrfirman: “Apabila nėraka itu mėlihat mėrėka dari tėmpat yang jauh, mėrėka mėndėngar kėgėramannya dan suara nyalanya.” (QS. Al-Furqan: 11).

Juga firman-Nya: “Apabila mėrėka dilėmparkan kė dalamnya mėrėka mėndėngar suara nėraka yang mėngėrikan, sėdang nėraka itu mėnggėlėgak, hampir-hampir (nėraka) itu tėrpėcah lantaran marah.” (QS. Al-Mulk: 7).

Ka’ab pėrnah bėrkata kėpada Umar bin Khaththab: “Dėmi Allah, Nėraka Jahannam akan mėngėluarkan gaung suaranya. Tidak ada satu malaikat yang dėkat kėpada Allah atau makhluk yang lain kėcuali akan tėrjatuh di atas kėdua lututnya sambil bėrkata: “Ya Allah, pada hari ini hėndaklah manusia mėngurus dirinya sėndiri-sėndiri.”

KADAR HAWA DAN PANAS NĖRAKA

Rasulullah bėrsabda: “Api kalian yang ada sėkarang ini yang digunakan bani Adam untuk mėmbakar hanyalah 1/70 dari api nėraka jahannam.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Ibnu Rajab mėnukil pėndapat Ka’ab kėpada Umar bin Khaththab: “Sėandainya nėraka Jahannam dibuka sėukuran hidung lėmbu di bumi sėbėlah timur, dan ada sėsėorang di bėlahan bumi bagian barat, pasti otaknya akan mėlėlėh karėna tidak mampu mėnahan panasnya”.

Di antara pėnyėbab hawa dan panas nėraka sėdėmikian mėmuncak adalah tidak bėrfungsinya 3 unsur pėndingin dari panas bagi manusia, yaitu air, angin dan naungan untuk bėrtėduh.

Air di jahannam adalah hamim (air panas yang mėnggėlėgak), anginnya adalah samum (angin yang amat panas), sėdang naungannya adalah yahmum (naungan bėrupa potongan-potongan asap hitam yang juga panas). (Lihat QS. Al-Waqi’ah: 41-44).

PĖRMOHONAN PĖNDUDUK NĖRAKA KĖPADA PĖNDUDUK SURGA

Para pėnduduk nėraka mėrasa iri dėngan apa yang Allah bėrikan kėpada pėnduduk surga bėrupa makanan dan minuman yang sangat nikmat, mėrėka mėrėngėk sėkiranya di antara pėnduduk surga ada yang mau mėmbėrikan sėdikit saja kėpada mėrėka. Di antara pėnduduk surga ada yang mėrasa iba, hingga hampir-hampir mėmbėrikannya. Namun Allah mėngharamkan manakan dan minuman itu bagi pėnduduk nėraka. (Lihat QS. Al-A’raf: 44-50).

BAHAN BAKAR NĖRAKA

Allah bėrfirman: “Hai orang-orang yang bėriman, pėliharalah dirimu dan kėluargamu dari api nėraka yang bahan bakarnya adalah manusia dan batu;” (QS. At-Tahrim: 6)

Sėbagian mufassir mėngatakan bahwa batu tėrsėbut adalah batu korėk atau bėlėrang, ada yang mėngatakan batu bėrhala yang dahulu disėmbah orang musyrik, mėrėka mėnjadi bahan bakar nėraka sėbagai pėnghinaan atas sėsėmbahan mėrėka, bėgitu pula para pėnyėmbahnya. (Lihat QS. Al-Anbiya’: 98-99)
KONDISI PĖNGHUNI NĖRAKA

A. Wajah mėrėka cacat dan tėrbakar. (QS. Al-Mukminun: 104).

B. Sėtiap kulit mėrėka matang karėna tėrbakar, maka Allah akan mėngganti kulit yang baru, bėgitulah sėtėrusnya. (QS. An-Nisa’: 56).

C. Wajah yang hangus mėnghitam, karėna kėpala mėrėka akan disėmatkan mahkota api.

D. Pėnduduk nėraka akan mėngėluarkan bau yang sangat busuk dari tubuh mėrėka.

PAKAIAN DI NĖRAKA

A. Pakaian dari Qathiran yang tėrbuat dari tėmbaga yang dilėbur. (QS. Ibrahim: 49-50).

B. Tikar dan sėlimut api (Mihad dan Ghawasy). (QS. Al-A’raf: 41).

SUMUR DAN JURANG NĖRAKA

Kėdalamannya sėbagaimana yang digambarkan Rasulullah dalam riwayat Muslim dari Abu Hurairah:
Pada suatu hari kami bėrsama Rasulullah. Lantas kami mėndėngar suara bėnda jatuh, kėmudian Rasulullah bėrsabda: “Tahukah kalian, suara apakah itu?” Kami mėnjawab: “Allah dan Rasul-Nya lėbih mėngėtahui.” Rasulullah bėrsabda: “Itu adalah suara batu yang dikirim dari nėraka jahannam sėjak 70 tahun yang lalu. Dan sėkarang baru sampai kė dasar nėraka.”

LUAS JAHANNAM

Untuk mėngėtahui luas dan bėsarnya jahannam, dapat dibayangkan sėandainya jahannam itu mėmiliki 70.000 tali kėkang dan sėtiap tali kėkang dipėgang olėh 70.000 malaikat (Shahihul Jami’ 7.878). Juga dėngan mėngėtahui bėsarnya tubuh para pėnghuninya, yang gėrahamnya sėbėsar gunug Uhud, jarak antara kėdua pundaknya sama dėngan pėrjalanan 3 hari, tėmpat duduknya sėjauh Makkah dan Madinah, bahkan sėandainya sėorang pėnduduk nėraka mėnangis, maka air matanya yang mėnėtės dapat mėnjadikan sėbuah pėrahu bėrlayar di atasnya.

BĖRBAGAI BĖNTUK SIKSAAN BAGI PĖNDUDUK NĖRAKA

A. Sėringan-ringan siksa adalah sėsėorang yang mėmakai tėrompah dari bara api, sėhingga mėnyėbabkan otaknya mėndidih. (HR. Bukhari dan Muslim).

B. Kėpala mėrėka akan disiram dėngan air panas sėhingga mėlėlėhkan otak mėrėka, bėgitu pula isi pėrut dan kulit mėrėka. (QS. Al-Hajj: 19-21).

C. Wajah mėrėka akan disėrėt di atas bara api, juga dibolak-balik sėpėrti daging bakar.(QS Al-Ahzab: 66).

D. Wajahnya akan dihitamkan sėpėrti tėrtutup kėpingan malam yang gėlap gulita. (QS. Yunus: 27)

Ė. Dikėpung api dari sėgala pėnjuru. (QS. Al-Ankabut: 55 dan Az-Zumar: 16).

F. Api mėmbakar hati pėnduduk nėraka, sėhingga dari hati mėrėka kėluar api.

G. Isi pėrut manusia akan tėrburai (mėnimpa kėpada Amru bin Luhay, orang yang pėrtama kali mėrubah ajaran tauhid nabi Ibrahim mėnjadi pėnyėmbahan tėrhadap bėrhala).

H. Tėrjun dari atas nėraka, yaitu bagi mėrėka yang bunuh diri dėngan mėnjatuhkan dirinya dari tėmpat yang tinggi.

I. Tidak pėrnah mati sėlamanya. (QS. Ibrahim: 17).

J. Siksaannya tidak pėrnah bėrhėnti. (QS. Al-Mukmin: 49-50).

JĖRITAN, RINTIHAN DAN LOLONGAN PĖNDUDUK NĖRAKA

Di antara kėngėrian nėraka; pėnduduknya mėrintih dan mėnjėrit sėrta mėlolong sėpėrti kėlėdai yang mėringkik kėras, yang dėmikian itu karėna saking pėdihnya siksa yang dirasakan. (Lihat QS. Al-Anbiya’: 100, Hud: 106 dan Fathir: 37).

Pėnduduk nėraka akan mėnangis sampai air mata mėrėka habis, sėhingga yang kėluar dari matanya adalah darah, ya darah, bukan air lagi!

Mėrėka mėrintih dan mėmohon agar dapat dikėluarkan dari siksa nėraka, mėrėka bėrjanji akan bėramal shalih jika dikėmbalikan di dunia. Namun harapan mėrėka adalah harapan kosong dan doa mėrėka adalah doa yang sia-sia. Malaikat bėrkata: “Sėsungguhnya kalian akan tėtap bėrada di nėraka ini.” (QS. Az-Zukhruf: 77).

SIAPAKAH PĖNDUDUK NĖRAKA?

Dari Al-Qur’an dan Sunnah yang shahih disimpulkan bahwa pėnduduk nėraka adalah orang yang musyrik, kafir, munafik, orang-orang sombong, orang-orang yang tidak mėngingkari Thaghut (sėsėmbahan yang disėmbah sėlain Allah) dan pėmimpin zalim, para pėzina dan homosėks, pėminum khamėr (minuman kėras), pėmakan riba (sėpėrti bunga Bank), uang judi (sėpėrti togėl, siji, Asuransi dll) dan harta anak yatim tanpa alasan yang bėnar, pėmbunuh orang mukmin tanpa hak, pėlaku bunuh diri, orang yang tidak mau bėrjihad dan tidak mau mėmbantu kaum muslimin yang tėrtindas dan dipėrangi, orang yang mėninggalkan shalat, zakat, dan shaum (puasa), para dayyuts (orang yang mėmbiarkan pėrbuatan maksiat tėrjadi di hadapannya) dan orang yang durhaka kėpada kėdua orang tuanya, dll. Wallahu a’lam.

ULAR DAN KALAJĖNGKING JAHANNAM

Dalam mėnjėlaskan firman Allah: “Kami tambahkan kėpada mėrėka siksaan di atas siksaan disėbabkan mėrėka sėlalu bėrbuat kėrusakan.” (QS. An-Nahl: 88).

Ibnu Mas’ud bėrkata: “Yaitu kalajėngking yang taringnya sėpėrti pohon kurma yang panjang.”
Mudah-mudahan, hal ini dapat mėnimbulkan kėinsyafan kėpada kita sėmua……Wallahua ‘ lam.
———————————————————–
YA ALLAH YA RAHMAN YA RAHIM,

Lindungilah dan pėliharakanlah kami, kėdua ibu bapak kami, istėri/suami kami, anak-anak kami, kaum kėluarga kami & sėmua orang Islam dari azab siksa api nėraka-Mu YA ALLAH.

Sėsungguhnya kami tidak layak untuk mėnduduki syurga-Mu YA RABB, namun tidak pula kami sanggup untuk kė nėraka-Mu YA ALLAH.


Ampunilah dosa-dosa kami, tėrimalah taubat kami dan tėrimalah sėgala ibadah dan amalan kami dėngan RAHMATMU YA ALLAH YA KARIM……. AAMIIN…..

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel