Tips Mengatasi Perut Kembung Pada Orang Dewasa dan Bayi yang Wajib di Ketahui..

Tips Mengatasi Perut Kembung Pada Orang Dewasa dan Bayi.......
Perut kembung merupakan kondisi ketika perut terasa penuh dan kencang, yang disebabkan karena adanya gas berlebih. Di samping itu, terkadang perut juga bisa terlihat membesar (buncit). Hal semacam ini tentu akan membuat siapa saja menjadi kurang nyaman.Biasanya munculnya perut kembung juga disertai dengan adanya gejala kentut yang lebih sering. Normalnya dalam sehari manusia bisa kentut minimal 6 sampai 20 kali. Namun pada penderita perut kembung intensitas kentutnya bisa lebih sering. Selain sering kentut, gejala perut kembung lainnya adalah bersendawa, perut terasa bergejolak, dan bahkan bisa masuk angin.
Perut kembung biasanya erat kaitannya dengan makanan dan cara kamu mengonsumsi makanan. Sedikit perubahan pada cara makan dan juga menu makanan/minuman mungkin bisa membantu mengatasi perut kembung. Udara yang masuk kedalam tubuh dikeluarkan melalui sendawa dan kentut. Kedua cara ini adalah reaksi normal yang disebabkan karena keberadaan udara berlebihan dalam sistem pencernaan. Kamu bisa menelan terlalu banyak udara apabila:
- Makan terlalu cepat
- Minum terlalu cepat, terutama pakai sedotan
- Bicara sambil makan
- Mengunyah permen karet
- Mengisap permen yang keras
- Minum minuman bersoda
- Merokok.
Nahh Berikut ini tips mengatasi perut kembung semoga bermanfaat diantaranya.....
Meningkatkan jumlah cairan yang diminum
Idealnya kita disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak 8-10 gelas sehari. Banyak orang yang berfikir minum terlalu banyak dapat menyebabkan kembung, padahal tidak demikian.
Untuk meringankan kembung, kamu bisa mengonsumsi air putih lebih banyak dari biasanya. Jangan mengonsumsi banyak gelas sekaligus, tapi bagilah menjadi 1 gelas secara rutin setiap 2 atau 3 jam sekali.
Makan dengan porsi yang lebih kecil dan kunyah perlahan
Ngemil bisa menjadi solusi bagi kamu yang sedang kembung. Namun pastikan jangan mengunyah terlalu cepat ya. Seperti yang telah saya sampaikan diatas, makan terlalu cepat berisiko mengakibatkan banyak angin yang masuk.
Kurangi konsumsi makanan yang banyak menghasilkan gas saat dicerna
Sebenarnya sih wajar saja tubuh menghasilkan gas, sebab itu adalah salah satu proses metabolisme energi. Meski demikian, alangkah baiknya kamu mulai sekarang membatasi konsumsi makanan yang banyak menghasilkan gas saat dicerna. Beberapa makanan ber-gas sudah saya singgung diatas, silahkan baca kembali kalau lupa.
Lakukan tips diatas secara teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Semoga Bermanfaat........!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel