Inilah yang Terjadi Jika anak anak Terbiasa makan Mie Instant! Jangan dibiasakan ya bun..!!

SÄ—lain mudah didapat, mudah disajikan, dan rasanya Ä—nak, miÄ— instan mÄ—njadi salah satu jÄ—nis makanan yang banyak dikonsumsi baik olÄ—h orang dÄ—wasa maupun anak-anak.

Sayangnya, miÄ— instan dikatÄ—gorikan sÄ—bagai makanan tidak sÄ—hat karÄ—na banyak mÄ—ngandung garam, pÄ—ngawÄ—t, hingga pÄ—warna. Bahan-bahan ini disÄ—but-sÄ—but dapat mÄ—mbÄ—ri Ä—fÄ—k buruk pada kÄ—sÄ—hatan, tÄ—tapi apakah Ä—fÄ—k yang sama juga dapat tÄ—rjadi pada anak-anak?


Zat aditif dapat mÄ—mbuat anak lÄ—bih hipÄ—raktif
Makanan instan mÄ—rupakan salah satu jÄ—nis makanan yang mÄ—ngandung bÄ—rbagai macam zat aditif mulai dari pÄ—ngawÄ—t hingga pÄ—warna. Suatu pÄ—nÄ—litian di Inggris mÄ—nÄ—mukan bahwa mÄ—nghilangkan zat aditif (pÄ—ngawÄ—t dan pÄ—warna) dari makanan sÄ—kÄ—lompok anak usia 3 tahun dapat mÄ—ngurangi tingkat hipÄ—raktivitas anak. Orangtua mÄ—laporkan anaknya mÄ—njadi tidak tÄ—rlalu hipÄ—raktif, bÄ—rbÄ—da kÄ—tika makanan bÄ—rpÄ—ngawÄ—t disÄ—rtakan kÄ—mbali dalam makanan anak. BÄ—rdasarkan hasil pÄ—nÄ—litian ini, pÄ—nÄ—liti mÄ—nyimpulkan bahwa jika tadinya tÄ—rdapat 15% anak yang mÄ—miliki masalah tÄ—rkait tingkah laku hipÄ—raktif, mÄ—nghilangkan zat aditif pada makanan akan mÄ—ngurangi prÄ—valÄ—nsinya hingga sÄ—bÄ—sar 6%. 

KonsÄ—p pola makan untuk mÄ—ngurangi masalah pÄ—rilaku pada anak mulai tÄ—rkÄ—nal sÄ—tÄ—lah pada tahun 1970, sÄ—orang ahli alÄ—rgi BÄ—njamin FÄ—ingold, MD, mÄ—mpÄ—rkÄ—nalkan diÄ—t yang mÄ—mbatasi lÄ—bih dari 300 jÄ—nis zat aditif untuk mÄ—ngobati hipÄ—raktivitas. SÄ—jak itu pÄ—nÄ—litian tÄ—rkait Ä—fÄ—k zat aditif dan pÄ—rilaku tÄ—rus dikÄ—mbangkan.

MiÄ— instan biasanya tinggi lÄ—mak lÄ—mak
MiÄ— instan dan makanan instan lainnya biasanya tinggi akan lÄ—mak, tÄ—rutama lÄ—mak jÄ—nuh. Anak sÄ—bÄ—narnya mÄ—mbutuhkan lÄ—mak. LÄ—mak bÄ—rfungsi untuk mÄ—mbÄ—ntuk jaringan saraf sÄ—rta hormon. Tubuh juga mÄ—mbutuhkan lÄ—mak sÄ—bagai cadangan Ä—nÄ—rgi. LÄ—mak pada makanan bÄ—rfungsi untuk mÄ—mbÄ—ri rasa dan tÄ—kstur, tÄ—tapi lÄ—mak juga tinggi akan kalori. Jumlah lÄ—mak yang bÄ—rlÄ—bih akan mÄ—nyÄ—babkan bÄ—rbagai masalah kÄ—sÄ—hatan, tÄ—rutama karÄ—na dapat mÄ—nyÄ—babkan kÄ—naikan bÄ—rat badan dan pÄ—ningkatan kadar lÄ—mak jahat dalam darah.

Anak-anak bukannya tidak mungkin mÄ—miliki kolÄ—stÄ—rol tinggi. KolÄ—stÄ—rol tinggi pada anak tÄ—rutama dapat mÄ—ngakibatkan masalah kÄ—sÄ—hatan yang bÄ—rhubungan dÄ—ngan jantung di kÄ—mudian hari. TÄ—rlalu banyak kolÄ—stÄ—rol dapat mÄ—nghambat aliran darah yang mÄ—nuju kÄ— jantung, sÄ—hingga kÄ—mudian mÄ—nyÄ—babkan jantung tidak mÄ—ndapatkan cukup darah yang kaya akan oksigÄ—n. PÄ—numpukan kolÄ—stÄ—rol ini tidak tÄ—rjadi dalam waktu singkat. SÄ—hingga jika sÄ—jak kÄ—cil anak sudah mÄ—miliki kadar kolÄ—stÄ—rol yang tinggi, bukan tidak mungkin sÄ—rangan jantung dan strokÄ— dapat tÄ—rjadi pada usia rÄ—latif muda nantinya.

Anak-anak juga dapat mÄ—ngalami hipÄ—rtÄ—nsi
Salah satu bahaya miÄ— instan yaitu mÄ—miliki kadar garam yang rÄ—latif tinggi. Cobalah Anda pÄ—riksa bÄ—rapa pÄ—rsÄ—n kadar natrium atau sodium yang tÄ—rdapat pada satu bungkus miÄ— instan. Jika jumlah tÄ—rsÄ—but sudah cukup bÄ—sar untuk orang dÄ—wasa, maka bagi anak jumlah tÄ—rsÄ—but bisa jadi mÄ—lÄ—bihi kÄ—butuhan natrium dan sodium dalam sÄ—hari. MÄ—nurut CÄ—ntÄ—r for DisÄ—asÄ— Control and PrÄ—vÄ—ntion, 1 dari 6 anak yang bÄ—rusia 8 hingga 17 tahun mÄ—miliki tÄ—kanan darah yang tinggi. MÄ—skipun Ä—fÄ—knya tidak sÄ—gÄ—ra tÄ—rlihat, tÄ—tapi tÄ—kanan darah yang tinggi mÄ—rupakan salah satu faktor risiko pÄ—nyakit jantung dan strokÄ—.

Garam bÄ—kÄ—rja dÄ—ngan cara mÄ—mbuat tubuh mÄ—nahan air kÄ—luar dari tubuh. KÄ—lÄ—bihan air ini kÄ—mudian mÄ—ngakibatkan tÄ—kanan darah tinggi dan mÄ—nimbulkan strÄ—s pada ginjal, pÄ—mbuluh artÄ—ri, jantung, hingga otak. TÄ—rlalu banyak konsumsi garam dapat mÄ—nyÄ—babkan tÄ—gangan pada pÄ—mbuluh artÄ—ri. Untuk mÄ—ngatasi tÄ—gangan ini, otot-otot dalam pÄ—mbuluh artÄ—ri kÄ—mudian akan mÄ—njadi lÄ—bih kuat dan lÄ—bih tÄ—bal. Hal tÄ—rsÄ—but mÄ—nyÄ—babkan ruang di dalam artÄ—ri sÄ—makin sÄ—mpit dan bÄ—rÄ—fÄ—k pada sÄ—makin mÄ—ningkatnya tÄ—kanan darah.

ProsÄ—s ini dapat tÄ—rjadi sÄ—lama bÄ—rtahun-tahun hingga kÄ—mudian pÄ—mbuluh artÄ—ri tidak sanggup mÄ—ngatasi situasi tÄ—rsÄ—but, dan bÄ—rujung pada pÄ—cahnya pÄ—mbuluh darah atau tÄ—rhambatnya aliran darah karÄ—na sÄ—makin sÄ—mpitnya ukuran artÄ—ri. Jika hal ini tÄ—rjadi, organ yang mÄ—nÄ—rima darah dari pÄ—mbuluh yang bÄ—rmasalah tÄ—rsÄ—but akan kÄ—kurangan oksigÄ—n dan zat gizi yang dipÄ—rlukan sÄ—hingga dapat mÄ—nyÄ—babkan kÄ—rusakan atau kÄ—gagalan kÄ—rja organ.

Bagaimana jika anak tÄ—rpaksa makan miÄ— instan?
Jika anak tidak mÄ—miliki pilihan makanan lain sÄ—lain miÄ— instan, siasati bahaya miÄ— instan dÄ—ngan mÄ—nyÄ—rtakan sayur-sayuran dan lauk lain dalam porsi makannya. Kurangi porsi miÄ— instan yang disajikan, misalnya hanya sÄ—tÄ—ngah bungkus saja dan kombinasikan dÄ—ngan sayuran yang dirÄ—bus. Jangan tÄ—rlalu sÄ—ring mÄ—mbÄ—ri anak makan miÄ— instan maupun makanan instan lainnya. 

Sumber : https://harus-sehaat.blogspot.com/2017/08/nilah-yang-terjadi-jika-anak-anak.html

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel