Berbagai Manfaat Buah Pepaya Yang Belum Di Ketahui

Pepaya (carica pepaya) merupakan tumbuhan yang berbatang tegak dn basah. Pepaya menyerupai palma, bunganya yang cenderung berwarna putih dan buahnya yang sudah masak berwarna kuning kemerahan.  Tinggi pohon pepaya tersebut bisa mencapai sekitar 8 sampai 10 meter dengan akar yang kuat. Kemudian Helaian daunnya itu menyerupai bentuk telapak tangan manusia. 

Tanaman ini biasanya jugasering dibudidayakan di area kebun-kebun luas karena buahnya yang segar dan bergizi memang masih menjadi incaran para penikmatnya.
Mungkin anda sudah bertanya-tanya, jadi apasih manfaat buah pepaya?
Nah, buah pepaya ini sahabat pembaca semua memang mempunyai banyak manfaat dan khasiat loh bagi kesehatan tubuh kita. 
Selain itu buah pepaya juga digunakan untuk bahan olahan makanan rujak, minuman penyegar, agar-agar, selai, kue, dan buah beku lainnya, masih banyak manfaat lain nya dah.
Di jawa, bunga pepaya juga banyak dijadikan manisan dan daunnya yang mudah dipakai untuk lauk atau jamu. Karpaina, semacam alkaloid yang terkandung didalam pepaya dapat digunakan untuk mengurangi gangguan jantung. Obat anti-amuba, dan obat peluruh kencing


Hanya sebagain kecil saja yang tahu manfaat dan khasiat buah pepaya. Buah pepaya mengandung berbagai jenis enzim, vitamin, dan mineral. Kandungan vitamin A-nya lebih banyak daripada wortel, viamin C-nya lebih tinggi daripada jeruk. Selain itu, pepaya kaya akan vitamin B kompleks dan vitamin E.

Buah pepaya juga mempunyai efek terapi yang sangat baik khususnya terapi kecantikan bagi wanita seperti melangsingkan tubuh, mengencangkan payudara, dan awet muda. Dan berikut ini beberapa manfaat buah pepaya bagi kesehatan tubuh:
  1. Sebagai Pelangsing tubuh
    Buah pepaya punya khasiat unik untuk menguruskan atau melangsingkan tubuh. Dengan rajin mengkonsumsi pepaya yang muda dapat menghasilkan enzim dua kali lipat dari pepaya matang. Nah, enzim tersebut dapat berperan sebagai pengurai lemak dalam tubuh kita. Enzim itu juga mengurai protein lebih baik serta melenyapkan lemak daging yang memang berlebihan. 
  2. Dapat Mengencangkan payudara
    Pepaya memang sudah dipercaya oleh orang-orang jaman dahulu sebagai buah yang dapat mengencangkan dan memadatkan payudara. Enzim di dalam buah pepaya dapat membantu pertumbuhan payudara sehingga lebih kencang padat dan keyal.
    Pepaya yang juga diperkaya dengan hormone pengencang serta vitamin A yang mampu meransang pengeluaran hormon wanita dan meransang indung telur untuk mengeluarkan hormon betina. Dari hormone tersebut kelenjar susu akan lancar dan bentuk payudara sudah pasti akan lebih akan ideal.
  3. Mampu Membuat Wajah Terlihat Awet muda
    Kadar vitamin C yang terkanduung di dalam buah pepaya adalah lebih banyak 48 kali lipatnya buah apel. Pepaya juga sebagai zat aktif untuk detoksifikasi sehingga dapat menyegarkan kulit dari dalam. Pepaya juga dapat mendorong proses metabolisme kulit dari dalam dan khusus dibagian Wajah. Pepaya juga baik untuk melumerkan lapisan kulit dan zat tanduk penuaan yang timbul dari pori-pori sehingga kulit lebih kencang dan cerah. Jadi, mulai sekarangsaya sebagai penulis menyarankan agar para pembaca semua rajin-rajin saja pakai masker buah pepaya atau facial pepaya.
  4. Mengatasi kekurangan ASI
    Bahan :  Buah pepaya yang masih hijau (muda) tanpa dikuliti.
    Cara membuat : Buah pepaya tersebut dicuci bersih dan kemudian di belah menjadi 2 bagian, sebagian direbus dengan air dan sebagian lain menggunakan cuka.
    Cara menggukan : Air rebusan dari pepaya tersebut di minum 2-3 sendok teh dan dilakukan secara teratur sampai hasilnya di capai dan sesuai keadaan.
  5. Sebagai Obat reumatik
    Bahan : Buah pepaya, 2 butir telur ayam kampong.
    Cara membuat : Buah pepaya di potong ujung penampangnya kemudian telur dimasukkan dalam pepaya melalui lubang yang telah dibuat dengan memotong penampang tadi, lalu ditutup kembali rapat-rapat dan dibakar hingga telur di dalamnya tersebut menjadi masak.
    Cara menggunakan : Telur yang sudah masak tersebut di makan pagi sore. Lakukan secara rutin sehingga sakit dari reumatiknya mulai berkurang atau sampai hilang.
  6. Obat hait berlebihan bagi Perempuan
    Bahan : Buah Pepaya yang masih hijau (muda).
    Cara membuat : Direbus dengan air sampai masakdan jangan sampai hancur.
    Cara menggunakan : Dimakan dagingnya. (dapat dimakan sebagai sayur )
Nah, itulah manfaat dari buah pepaya bagi kesehatan tubuh kita. Banyak sekali manfaat dan khasiat dari buah pepaya, dan masih banyak lagi manfaatyang lainnya yang harus anda ketahui, ini hanya sebagian saja.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel