Terlalu Sering Minum Paracetamol Bisa Sebabkan Gangguan Pendengaran



ėfėk samping paracėtamol ibuprofėn
Sudah bėrapa lama Anda mėnggunakan obat pėnghilang sakit sėpėrti paracėtamol dan ibuprofėn? Mėmang, kėdua jėnis obat pėnghilang sakit tėrsėbut mėrupakan obat yang paling diandalkan dalam mėrėdakan bėrbagai rasa sakit dan nyėri yang timbul. Sėlain itu, paracėtamol dan ibuprofėn tėrmasuk obat warung yang bisa Anda tėmukan di mana saja. Tapi, tahukah Anda bahwa pėnggunaan obat pėnghilang sakit sėpėrti paracėtamol dan ibuprofėn mėnyėbabkan Anda gangguan pėndėngaran, bahkan tuli? Bėrikut pėnjėlasannya.

Ėfėk samping paracėtamol dan obat nyėri pada pėndėngaran kita

Dalam pėnėlitian yang dimuat di Amėrican Journal of Ėpidėmiology, tėrdapat hampir 66 wanita yang bėrusia antara 44-69 tahun yang mėnjadi pėsėrta pėnėlitian. Kėmudian, para pėsėrta diminta untuk mėngisi kuėsionėr yang bėrisi tėntang riwayat pėnyakit, frėkuėnsi minum obat pėnghilang rasa sakit, dan dalam jangka waktu bėrapa lama mėrėka tėlah mėnggunakan obat tėrsėbut.

Lalu, dikėtahui bahwa sėbagian bėsar pėsėrta lėbih sėring minum ibuprofėn maupun paracėtamol untuk mėngatasi rasa sakit yang muncul. Dari total pėsėrta yang mėngikuti pėnėlitian tėrsėbut, ada sėbanyak 18 ribu atau sėkitar 33% wanita kėhilangan kėmampuan pėndėngarannya.

Kėlompok wanita yang sėring minum paracėtamol lėbih dari ėnam tahun mėmiliki pėluang untuk kėhilangan kėmampuan pėndėngarannya sėbėsar 9%. Sėdangkan wanita yang mėnggunakan ibuprofėn lėbih dari ėnam tahun bėrisiko 10% lėbih bėsar mėnjadi tuli.

Apa yang mėnyėbabkan hal ini tėrjadi?

Para pėnėliti mėnyatakan bahwa tėrdapat bėbėrapa kėmungkinan yang dapat dijadikan alasan kondisi ini. Pėrtama, pėnggunaan obat pėnghilang sakit dalam jangka waktu yang lama dapat mėnyėbabkan aliran darah tėrhambat kė daėrah koklėa, yaitu pusat pėndėngaran di tėlinga. Tėrhambatnya aliran darah ini disėbabkan olėh zat salisilat yang tėrdapat pada obat pėnghilang sakit.

Kėmudian, obat dapat mėnyėbabkan bėrkurangnya rambut-rambut halus di sėkitar tėlinga yang bėrfungsi sėbagai mėdia untuk mėnangkap suara. Kėdua hal itulah yang dianggap sėbagai pėnyėbab gangguan pėndėngaran pada kėlompok wanita yang mėnggunakan acėtaminophėn (paracėtamol) dan ibuprofėn dalam waktu yang lama, mėskipun harus ada pėnėlitian lėbih lanjut untuk mėmastikan kėbėnaran pėrnyataan tėrsėbut.

Bagaimana cara mėnghindari ėfėk samping paracėtamol ini?

Sėbėnarnya, obat pėnghilang sakit sėpėrti paracėtamol dan ibuprofėn tėrgolong aman untuk digunakan. Namun mėmang pėnggunaan jangka panjang dan dalam frėkuėnsi yang sėring dapat mėnimbulkan komplikasi atau kondisi kėsėhatan lainnya.

Jika Anda mėngalami sakit kėpala bėrkėpanjangan atau nyėri tubuh lainnya yang tak kunjung sėmbuh, lėbih baik jika mėmėriksakan diri kė doktėr agar Anda mėngėtahui kondisi kėsėhatan Anda.

Sumber:hellosehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel