Inilah Masalah Mental yang Kerap Dialami Para Pekerja Kantoran, Kamu Pernah?
Jumat, 15 Februari 2019
Permasalahan di kantor dapat berimbas pada kesehatan mental.See detail
Nationalgeographic.co.id - Sehat tidak hanya sebatas fisik saja, tapi juga secara mental. Nah, sayangnya banyak hal yang tak disadari bisa membuat kesehatan mental Anda terganggu. Misalnya saja tuntutan pekerjaan yang tak sudah-sudah, hal ini mungkin jadi pemicu dari berbagai masalah mental.
Lalu apa sajakah, masalah mental pada pekerja kantor yang sering terjadi? Simak pembahasan mengenai masalah mental pada pekerja kantor berikut ini.
Kenapa pekerja kantor rentan dengan masalah mental?
Terkadang, pekerjaan yang datang bertubi-tubi mengharuskan Anda lembur. Hal ini saja sudah bisa membuat Anda tertekan, karena waktu Anda habis terkuras di kantor. Belum lagi jika pekerjaan tersebut membutuhkan keahlian dan kemampuan khusus yang membuat Anda harus berpikir keras.
Kondisi seperti itu sangat mudah membuat seseorang merasa frustasi akibat kerjaan. Ditambah lagi dengan lingkungan kerja yang tidak sesuai dengan keinginan, yang semakin memicu masalah mental pada pekerja kantoran.
Meski begitu, memang ada beberapa orang yang lebih rentan terkena masalah mental karena memiliki faktor genetik tertentu. Ya, orang yang memiliki anggota keluarga dengan masalah mental, memiliki risiko lebih besar terkena masalah mental serupa.
Masalah mental pada pekerja kantor yang kerap terjadi
Ada banyak penyakit mental yang terjadi dan dapat menyerang siapa saja, baik itu anak-anak, remaja, maupun orang dewasa. Namun, hanya beberapa saja masalah mental pada pekerja kantor yang lebih mungkin terjadi, di antaranya:
Depresi
Depresi adalah gangguan suasana hati yang menyebabkan seseorang merasa sedih, kehilangan minat, dan semangat. Penyebabnya adalah perubahan hormon, contohnya saat hamil atau menopause, genetik, dan perubahan proses kimia otak yang memengaruhi kestabilan suasana hati.
Jika dikaitkan dengan lingkungan pekerjaan, kemungkinan besar stres berkepanjangan adalah penyebabnya. Orang yang mengalami depresi, biasanya akan menunjukkan gejala, seperti:
* Merasa sedih, kosong, tidak punya harapan, dan menangis tanpa sebab
* Marah tanpa kendali, sensitif, mudah cemas, dan merasa frustasi pada masalah kecil
* Hilang minat pada rutinitas, seperti seks, hobi, atau olahraga
* Insomnia atau tidur berlebihan
* Sangat mudah lelah, tidak nafsu makan dan tidak pernah cukup untuk istirahat
* Merasakan gejala fisik seperti nyeri punggung dan sakit kepala
* Sulit fokus, mengingat sesuatu, dan membuat keputusan
* Sering kali berpikir mengenai kematian dan melakukan percobaan bunuh diri.
Gangguan bipolar
Gangguan bipolar adalah gangguan suasana hati ekstrem, dari depresi menjadi mania. Penyebabnya adalah faktor genetik atau perubahan proses kimia otak yang memengaruhi kestabilan suasana hati. Namun, lingkungan kerja yang mengharuskan seseorang terus berpikir kreatif juga dapat meningkatkan risiko gangguan bipolar.
Episode depresi pada gangguan bipolar sama dengan gejala depresi pada umumnya, seperti merasa sedih, hampa, dan tidak ada minat untuk melakukan aktivitas.
Sementara episode mania akan ditunjukkan dengan perilaku impulsif yang berlebihan, sangat aktif hingga tidak merasa butuh istirahat, dan buruk dalam mengambil keputusan sehingga dapat melakukan tindakan yang berbahaya.
Gangguan kecemasan
Gangguan kecemasan adalah perasaan cemas berlebihan yang tidak terkontrol. Penyebab umum gangguan kecemasan adalah stres, genetik dan memiliki sifat yang mudah cemas, serta memiliki trauma.
Nah, masalah mental pada pekerja kantor ini biasanya menimpa mereka yang bekerja di bawah tekanan dan stres, ditambah memikirkan masalah keuangan.
Namun, bisa juga terjadi akibat adanya kondisi medis seperti penyakit jantung, diabetes, hipertiroid, masalah pernapasan, dan penyakit lainnya. Gejala gangguan kecemasan yang umumnya terjadi, meliputi:
* Mudah merasa cemas dan merasa dirinya berada pada situasi yang berbahaya
* Denyut jantung meningkat, berkeringat, tubuh gemetar, dan bernapas cepat
* Sulit untuk konsentrasi, sulit tidur, dan mengalami gangguan pencernaan
* Merasa lemah, mudah lelah, dan sesak
* Berusaha keras untuk menghindari sesuatu yang dapat memicu kecemasan.
PTSD
PTSD atau gangguan stres pascatrauma adalah masalah mental yang dipicu peristiwa traumatis. Sebenarnya, lingkungan apa pun dapat menimbulkan trauma, termasuk pada lingkungan kantor. Misalnya, mengalami kecelakaan saat dinas luar kota.
Orang dengan PTSD biasanya merasakan kilas balik peristiwa traumatis ketika melihat sesuatu yang mengingatkan dirinya pada hal tersebut. Ia jadi cemas, tidak bisa mengendalikan diri, dan sulit untuk menyesuaikan diri dengan baik karena menghindari sesuatu yang bisa mengingatkan dirinya pada trauma.
Jika mengalaminya, apakah bisa bekerja seperti biasa?
Kesehatan yang bermasalah bisa mengganggu semua aktivitas, termasuk pada pekerjaan. Hampir semua pekerja dengan masalah mental mengalami kesulitan untuk konsentrasi.
Mereka sangat mudah teralihkan konsentrasinya dengan bunyi, tampilan, atau apa pun yang mengganggu. Akibatnya, pekerjaan akan diselesaikan lebih lama. Selain itu, mereka juga sulit untuk berinteraksi dengan rekan kerja atau klien.
Bekerja atau tidak sebenarnya bergantung pada kondisi pasien. Selama gejala masih bisa dikendalikan, pasien tetap bisa bekerja. Sementara jika sudah terlalu parah, maka pasien diharuskan menjalani perawatan intensif di rumah sakit jiwa.
Lantas, apa yang harus Anda lakukan?
Masalah mental lebih sulit untuk diketahui karena tidak menimbulkan luka yang bisa dilihat oleh mata. Oleh karena itu, jika Anda merasa tertekan atau stres berkepanjangan hingga mengganggu aktivitas, sebaiknya segera periksa lebih lanjut ke dokter.
Masalah mental pada pekerja kantoran sebenarnya bisa dicegah. Jika Anda mudah tertekan, sebaiknya hindari pemicu dan tahu caranya melakukan mengelola stres. Banyak kegiatan yang bisa Anda coba untuk mengurangi stres, seperti berolahraga, memikirkan hal-hal yang positif, dan meluangkan waktu bagi diri sendiri.
Jika Anda menghadapi kesulitan dalam bekerja, cobalah untuk bertanya dengan rekan kerja Anda yang lebih paham. Kemudian, sederhanakan pekerjaan Anda menjadi beberapa bagian supaya lebih mudah untuk ditangani.
Sumber