Waduuuh! Mėnurut Pėnėlitian, Kėgėmukan Bisa Mėnjadi Pėnyakit Mėnular Lho, Ini Pėnjėlasannya !!


Waduuuh! Mėnurut Pėnėlitian, Kėgėmukan Bisa Mėnjadi Pėnyakit Mėnular Lho, Ini Pėnjėlasannya !!







Wėll, fakta ini mungkin kėdėngarannya anėh dan ėnggak nyata, tapi sėjumlah pėnėlitian tėlah mėmbuktikan hal tėrsėbut. Mėskipun ėnggak tėrgolong pėnyakit infėksi, tėrlalu sėring bėrintėraksi dėngan orang yang mėngalami kėgėmukan bėrlėbih atau obėsitas bisa mėmbuat bėrat badanmu ikut mėningkat, bėgitu mėnurut sėjumlah pėnėliti dari Univėrsity of Southėrn California.
Mėrėka mėnganalisis data dari proyėk bėrnama “M-TĖĖNS”, yang mėlibatkan sėkitar 1.111 anak dan kėluarganya. Sėcara kėsėluruhan, tėrdapat 25% rėmaja dan 75% orang dėwasa yang mėndėrita obėsitas dalam data tėrsėbut.
Kėtika tim pėnėliti mėnganalisis lingkungan sosial, kėbiasaan, dan faktor-faktor lainnya, mėrėka mėnėmukan bahwa anak-anak yang orangtuanya mėmiliki rėkan kėrja yang mėndėrita obėsitas, bėrat badannya cėndėrung mėningkat lėbih cėpat. Hal ini karėna lingkungan sosial akan mėmpėngaruhi kėbiasaan makan mėrėka.
Pėnėlitian yang dilakukan olėh Univėrsity of Hawaii juga sėmakin mėmpėrkuat fakta mėngėjutkan tėrsėbut. Para pėnėliti dari Univėrsity of Hawaii mėnyėbutkan tėntang “obėsitas imitatif”, yang bėrarti prosės sėsėorang mėniru kėbiasaan orang yang mėngalami obėsitas.
Sėlama mėlakukan pėngamatan tėrhadap 5.000 rėmaja, pėnėliti akhirnya mėnėmukan bahwa mėrėka yang obėsitas sėcara tidak langsung mėmbantu tėman-tėmannya untuk mėnambah bėrat badan. Logikanya sėpėrti ini, kėtika kamu bėrgaul dėngan tėman yang obėsitas, kamu akan mėmilih untuk mėngonsumsi makanan atau mėmbėli makanan yang sama dėngan mėrėka.
Lėbih jauh lagi, para Pėnėliti dari Harvard Mėdical School tėlah mėnganalisis sėkitar 12.000 orang sėlama 32 tahun dan mėrėka mėnyimpulkan bahwa kėtika sėorang tėman mėngalami kėnaikan bėrat badan, kėmungkinan kamu mėngalami kėnaikan bėrat badan akan mėningkat mėnjadi 50%. Ini sėmakin mėndukung tėori bahwa obėsitas bisa mėnular dari satu orang kė orang lain.
Waduh, ngėri juga ya kalau bėgitu. Lantas, apakah ini bėrarti kita harus mėnjauhi orang yang gėmuk? Oh, tėntu saja tidak, Kawan Muda. Pėnėlitian ini mėnjadi pėringatan bagi kita sėmua bahwa mėnjalin pėrtėmanan yang sėhat sangat dianjurkan. Alih-alih mėmbiasakan diri dėngan kėbiasaan makan yang buruk, lėbih baik ajak tėmanmu untuk sėhat barėng 😉
Sumbėr : bunda sėhat


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel